Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Sobattani, Bersama-Sama Pertanian Di Masa Digital

Konten [Tampil]

KABARTANI.com, Di tengah iklim tropis dan keanekaragaman hayati, pertanian merupakan salah satu potensi terbesar yang dimiliki oleh Indonesia. Selain itu, menurut penelitian Badan Pusat Statisik pada tahun 2014, jumlah jumlah tenaga kerja di bidang pertanian mencapai 40,83% atau sekitar 48 juta jiwa.


Namun sayang sekali, potensi ini masih belum optimal pemanfaatannya, salah satunya disebabkan belum terintegrasinya gosip terkait pertanian yang tersebar di penjuru Nusantara. Akibatnya, perkembangan pertanian menjadi kurang signifikan dari masa ke masa.


Berangkat dari keresahan tersebut ditambah kesadaran akan potensi tingginya tingkat penggunaan internet di Indonesia, hadirlah SobatTani, sebuah mobile application yang sanggup menjadi solusi dari permasalahan ini. Aplikasi yang berbasis android ini dibentuk dengan tujuan membantu petani Indonesia dengan cara menjembatani gosip dari setiap pihak terkait.


 Di tengah iklim tropis dan keanekaragaman hayati √ SobatTani, Gotong Royong Pertanian di Era Digital
Aplikasi Sobattani


Berbagai fitur yang dihadirkan oleh SobatTani sanggup dipakai para penggiat pertanian menyerupai petani, penyuluh pertanian lapangan, pemerintah, toko pertanian/pihak swasta lainnya, agronomis, dan masyarakat umum dalam menjalankan kegiatan terkait pertanian.


SobatTani membuka peluang terjadinya transaksi pertanian baik antara petani dengan konsumen, antarpebisnis pertanian, pebisnis pertanian dengan pemerintah, konsumen dengan pemerintah, dan antarkonsumen.


Informasi Pertanian Aktual dan Terintegrasi



Melalui fitur peta persebaran penggiat pertanian, pemetaan permasalahan budidaya tanaman, serta lembaga diskusi melalui chatting, semua pihak terkait sanggup saling bertukar gosip mengenai bidang olahannya masing-masing untuk kebutuhan pihak lain dan juga mereka sendiri.


Informasi tersebut di antaranya berisi mengenai agronomi, penggunaan pestisida, benih, pupuk, asuransi, pengolahan hasil pertanian dan sebagainya.


Sebagai contoh, pengguna sanggup membuatkan gosip perihal hama yang sedang mewabah sehingga petani lain sanggup mengantisipasi hal tersebut.


Fitur ini membuka peluang yang sangat besar untuk saling mengedukasi melalui pertukaran gosip yang diharapkan menurut pengalaman di lokasi masing-masing. Proses ini menjadi semakin genap lantaran mengintegrasikan gosip dari kalangan praktisi, akademisi, maupun birokasi.


Tak hanya itu, melalui fitur gosip cuaca, petani sanggup mengantisipasi dan mengoptimalkan budidaya flora menurut pertimbangan cuaca.


Membuka Peluang Bisnis Pertanian Aneka Jalur dengan Cepat



Melalui fitur lembaga jual beli yang sanggup diikuti oleh petani, konsumen, dan pihak swasta lainnya, sanggup membuka peluang bisnis pertanian yang melalui aneka jalur dengan sangat cepat. Selain itu, gosip yang diperoleh pun akurat dan terpercaya lantaran pengguna aplikasi sanggup berkomunikasi pribadi dengan pihak terkait mulai dari ketersediaan, kualitas, harga, dan distribusi produk.


Pengembang aplikasi yang terdiri dari Rio Reyno Elia, Yogie Setiafriawan, Daniel Fanny Judika sangat berharap SobatTani dapat menjadi ‘sahabat’ yang senantiasa membantu para penggiat pertanian Indonesia.


Melalui semangat bahu-membahu yang diusung, rasanya tak berlebihan bila dikatakan aplikasi SobatTani sanggup menjadi kontributor dalam ketersediaan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang berkelanjutan. Dan tentunya hal yang paling menarik adalah, hal ini sanggup dicapai melalui genggaman kita sehingga sanggup mengefisiensi waktu dan biaya transportasi.


Sejak peluncurannya pada Januari 2016 lalu, SobatTani telah diunduh oleh 500 penggiat pertanian yang tersebar di penjuru Nusantara. Semakin banyak yang memakai aplikasi ini, maka peluang kebermanfaatannya akan semakin besar.



SobatTani, bahu-membahu pertanian di abad digital. Dari kita, untuk kita, menuju pertanian Indonesia yang lebih baik.



Aplikasi SobatTani sanggup anda unduk di Google Play Store atau klik DISINI.


Penting: Perlu Sobat Tani ingat, aplikasi ini hanya berjalan pada ponsel berbasis Android saja. Sebelum menjalankan aplikasi ini, usahakan GPS anda sudah aktif yaaa…


Penulis:



Listia Rahmandaru G. Penggiat komunitas berkebun Indonesia, serta pemerhati dan pengguna aktif aplikasi mobile.


Telp: 08562004308


Email: listia.rahmandaru@yahoo.co.id


Website: listiarahmandaru.wordpress.com




Sumber https://kabartani.com