Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Gosip Paling Lengkap Seputar Seleksi Penerimaan Cpns 2018 (Terupdate)

Konten [Tampil]
Dibawah ini ialah informasi terupdate ihwal seleksi rekrutmen penerimaan cpns 2018.

Informasi Rekrutmen Seleksi Pendaftaran CPNS 2018

informasi terupdate ihwal seleksi rekrutmen penerimaan cpns  √ Informasi Paling Lengkap Seputar Seleksi Penerimaan CPNS 2018 (Terupdate)
Seleksi Penerimaan CPNS 2018
Pendaftaran calon pegawai negeri sipil ( CPNS) akan segera dibuka pada September ini.

Pengumuman seputar seleksi CPNS 2018 secara resmi telah disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin, Kamis (6/9/2018) kemarin.

Pendaftaran CPNS 2018


Tahap registrasi dan verifikasi manajemen akan dilakukan pada ahad kedua September hingga ahad kedua Oktober 2018.

Pendaftaran akan dilakukan serentak secara online melalui portal sscn.bkn.go.id. Calon pelamar hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu deretan jabatan.

Persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh setiap calon pelamar diadaptasi dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 ihwal Manajemen PNS.

Seleksi CPNS 2018


Pelaksanaan seleksi akan dibuka pada ahad ketiga Oktober 2018.

Ada tiga tahap seleksi yang harus dilalui pelamar, yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar ( SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Pelaksanaan SKD CPNS tahun 2018 ini memakai sistem Computer Assisted Test (CAT). Untuk sanggup mengikuti seleksi lanjutan, peserta SKD harus melampaui nilai ambang batas (passing grade) menyerupai diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 ihwal Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018.

Pengumuman Kelulusan dan Pemberkasan

Pengumuman resmi terkait total deretan CPNS 2018 dari Kemenpan RB.(Kemenpan RB) Pengumuman kelulusan akan dilakukan pada ahad keempat November 2018.

Pelamar yang sudah dinyatakan lolos seleksi masih harus melalui tahap pemberkasan yang akan dimulai pada bulan Desember 2018.

Formasi Kuota Penerimaan CPNS 2018 


Ada 238.015 lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang tersedia untuk diperebutkan oleh pelamar pada tahun 2018 ini.

Rinciannya, 51.271 untuk instansi sentra dan 186.744 untuk instansi daerah. CPNS yang terpilih untuk instansi sentra nantinya akan ditempatkan di 76 kementerian/lembaga (K/L).

Sementara untuk CPNS di instansi tempat ditempatkan di 525 pemerintah daerah, baik di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota.

Jabatan inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, guru madrasah Kementerian Agama yang bertugas di kabupaten/kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Adapun peruntukan instansi pemerintah tempat terdiri dari guru kelas dan mata pelajaran sebanyak 88.000 formasi, guru agama sebanyak 8.000 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 60.315 deretan (dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dan tenaga medis/paramedis), serta tenaga teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Formasi Khusus


Selain deretan umum, juga terdapat deretan khusus dalam seleksi CPNS 2018.

Formasi khusus terdiri dari putra/putri lulusan terbaik (cum laude), penyandang disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, diaspora, olahragawan berprestasi internasional, serta tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari eks tenaga honorer kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Terkait dengan pelamar diaspora, dialokasikan untuk deretan jabatan peneliti, dosen, dan perekayasa dengan pendidikan minimal Strata 2. Khusus untuk perekayasa, sanggup dilamar dari lulusan strata 1.

Untuk atlet berprestasi internasional, pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Menpora dan merujuk pada ketentuan Permenpora No. 6/2018 ihwal Persyaratan dan Mekanisme Seleksi, dan Pengangkatan Olahragawan Berprestasi menjadi CPNS tahun 2018.

Sementara, mekanisme/sistem registrasi untuk tenaga honorer Kategori II dilakukan tersendiri di bawah koordinasi BKN. Pendaftar dari tenaga honorer kategori II yang telah diverifikasi dokumennya wajib mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Waspada penipuan !!


Pelamar diminta untuk selalu memantau isu terbaru mengenai rekrutmen CPNS ini melalui situs Kementerian PANRB yakni menpan.go.id dan situs Badan Kepegawaian Nasional, yakni sscn.bkn.go.id.

Menpan-RB Ingatkan Masyarakat Waspada Penipuan Seleksi CPNS


Masyarakat diminta supaya tidak gampang percaya terhadap seseorang yang menjanjikan sanggup masuk menjadi CPNS dengan memberi imbalan. Menpan-RB Syafruddin menegaskan bahwa satu-satunya cara menjadi PNS ialah dengan mengikuti proses seleksi.


Sumber http://www.tomatalikuang.com