Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

Konten [Tampil]

KABARTANI.com – Kunyit yaitu tumbuhan herbal yang populer semenjak jaman nenek moyang kita dulu. Banyak manfaat kunyit diantaranya sebagai bumbunya masakan, sebagai jamu tradisinal kunir asem yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan para wanita.dan masih banyak lagi kegunaan yang lainnya. Kunyit mempunyai rasa yang pahit dan agak pedas.


Khasiat dan kandungan Kunyit

Kunyit dilengkapi dengan ratusan kandungan nutrisi, mineral, dan senyawa aktif yang sangat penting untuk tubuh. Kunyit Mengandung minyak atsiri 6 %, curcuminoid 5%,karbohidrat 3%, protein 30%, lemak 1-3%, pati 8 %, Vitamin C 45 – 55 %, dan sisanya terdiri dari banyak sekali garam mineral menyerupai kalsium , fosfor dan zat besi.


Selain kandungan nutrisi, kunyit juga mengandung berbagai  senyawa aktif menyerupai tannin, damar, ceffeic acid,L.a dan L.b curcumae, gu aknicol,protochatechuic acid, serta ukanon A, B, C, D. semua senyawa aktif  tadi merupakan antioksidan yang baik untuk badan sehingga mendukung kekebalan tubuh.


Didalam kunyit mempunyai sifat anti basil yang bekerja dengan merangsang dinding kantung empedu sehingga sanggup mengeluarkan racun yang menjadikan pencernakan lebih sempurna. selain itu kunyit membantu mempertajam daya ingat. selain itu juga kunyit juga sanggup menghentikan gastric dan kanker kolon dengan memperlambat imbas dari basil yang berbahaya disaluran pencernaan. serta sanggup melindungi lapisan mukosa di lambung.


Kunyit juga di percaya sanggup menurunkan kolesterol, mencegah penggumpalan darah, melindungi liver dari racun, meningkatkan pemberian perut dari asma, menurunkan gula darah pada diabetes, bersifat anti HIV, sampai menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar. Mampu mencegah keluarnya asam lambung yang berlebihan dan mengurangi peristaltik usus yang terluka kuat. Akan tetapi perlu diingat, bahwa mengkonsumsi kunyit secara berlebihan juga tidak baik alasannya yaitu sanggup menimbulkan sakit perut, gangguan hati dan ginjal.


Ada juga juga jenis kunyit yaitu kunyit putih dipercaya sanggup menghambat pertumbuhan sel kanker dimana kegunaan kunyit putih ini yaitu bisa mencegah penyakit kanker.


Fakta aneh perihal Kunyit


Seseorang yang mengikuti sebuah jadwal diet dengan mengkonsumsi air dan kunyit, ditemukan bisa melawan kanker tiga kali lebih berpengaruh dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kunyit.


Cara Mengolah Kunyit dengan Benar


Bagian Kunyit yang sanggup dipakai sebagai Obat yaitu rimpangnya, walaupun belahan daunnyapun sanggup dipakai sebagai obat.


kunyit diolah dengan cara direbus bersama air, kemudian dihaluskan diambil sarinya. kemudian ditempelkan pada belahan yang sakit dan masih banyak lagi cara yang lainnya. tergantung dari tujuan penggunaan kunyit.


Dibawah ini yaitu beberapa perihal racikan kunyit :


Racikan Obat Kanker Payudara


Bahan :



  1. 50 gr Kunyit putih

    2. 50 gr temu putih

    3. 50 gr keladi tikus

    4. 30 gr Picisan

    5. 800 ml air

    6. Madu secukupnya


Cara Membuat :



  • Cuci higienis semua herba kemudian rebus dalam air sampai mendidih dan tersisa 200 ml air.

  • Setelah cuek , saring air dan minum bersama madu.

  • Minum racikan 2 kali sehari.


Racikan Obat Haid Tidak Lancar


Bahan :



  1. 2 rimpang kunyit

    2. 1/2 sdt ketumbar

    3. 1/2 sdt biji pala

    4. 1/2 genggam daun srigading

    5. 1 liter air


Cara Membuat :



  • Cuci higienis semua materi kemudian tumbuk halus.

  • Rebus hasil tumbukan dengan 1 liter air sampai mendidih.

  • Setelah cuek saring dan minum 1 gelas sehari


Simak juga



Demikian sedikit citra perihal manfaat kunyit untuk kesehatan badan kita. supaya sanggup menambah manfaat dan pengetahuan untuk kita semua.



Sumber https://kabartani.com