Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 7 Gunung Terindah Di Jawa Timur Dengan Jalur Pendakian Paling Mudah

Konten [Tampil]

Gunung Terindah di Jawa Timur – Mendaki gunung atau mount climbing barangkali sudah bukan hal yang abnormal untuk dilakukan. Kegiatan ini untuk sebagian orang telah menjadi sebuah lifestyle. Di kalangan generasi muda, aktivitas ini juga seakan mempunyai gambaran yang pribadi atau keren. Terlebih dengan kehadiran sosial media yang sanggup jadi tempat untuk membagikan jepretan selfie di atas puncak gunung dengan latar hamparan awan putih yang bergelombang.


Namun lebih dari itu memang mendaki gunung yakni sebuah hal yang sangat menyehatkan tubuh. Dengan melakukannya, kita jadi sanggup lebih erat dengan alam dan segala kebaikannya. Udara yang sejuk, jauh dari polusi sungguh sanggup menjadi sarana untuk merefresh otak dari penatnya rutinitas keseharian.


Bicara soal gunung, terang Negara kita juaranya. Indonesia punya berbagai gunung dengan pemandangan super indah dengan jalur pendakian yang juga beragam. Ada yang biasa-biasa saja (mudah), sedang dan ada juga yang sulit atau terjal. Gunung-gunung yang indah tersebut hampir di setiap provinsi di Indonesia. Salah satunya yang paling banyak adalaht terdapat di provinsi Jawa Timur.


Dan berikut ini kami sajikan daftar gunung di jawa timur dengan jalur pendakian termudah. Artinya cocok bagi pemula yang gres mendaki. Cocok juga bagi para pekerja dengan agenda padat yang hanya mempunyai waktu luang di simpulan pekan saja.


Oke langsung saja, berikut daftar lengkapnya.


1. Gunung Bromo


 barangkali sudah bukan hal yang abnormal untuk dilakukan √ 7 Gunung Terindah di Jawa Timur Dengan Jalur Pendakian Paling Mudah
travelingyuk.com

Di urutan pertama kita punya Gunung Bromo. Barangkali sudah tidak asing nama gunung ini terdengar. Pemandangan alamnya yang indah menciptakan gunung ini dikenal bukan hanya di Indonesia, tapi juga hingga ke luar negeri.


Yang menarik yakni gunung Bromo ini terletak di 4 wilayah kabupaten. Yakni mencakup Pasuruan, Lumajang, Probolinggo dan Malang. Akses menuju Bromo juga terbilang mudah, dari Surabaya atau Malang sanggup ditempuh dengan waktu 3 jam saja menuju puncak pendakian.


Oleh karenanya, tidak heran objek wisata Bromo ini sangat ramai dikunjungi, khususnya pada weekend atau hari libur lainnya. Seperti disebut di atas, wisatawan yang tiba bukan hanya dari local, melainkan juga dari mancanegara.


Panorama sunset yang indah seakan tidak sanggup dilewatkan kalau berkunjung ke sini. Kombinasi antara hamparan lautan pasir dengan kabut gunung menjadikan Bromo seakan tiada duanya.


Di pagi hari juga jangan hingga kelewatan menyaksikan pemandangan sunrise yang indah tiada tara. Setelahnya sanggup dilanjut dengan berjalan menelusuri lautan pasir untuk sanggup mencapai puncak kawah Bromo. Caranya tidak harus berjalan kaki, namun sanggup dengan aneka macam pilihan transportasi menyerupai motor, menyewa jeep, atau bahkan kuda. Saat di puncak, barulah akan terlihat Gunung Bromo dengan kepulan asapnya yang menawan.


Sekarang ini sudah ada beberapa jasa yang menyediakan paket bromo tour secara lengkap yang nantinya akan memandu Anda menyusuri setiap sudut Gunung Bromo,  tentunya dengan harga yang ramah di kantong. Makara tidak perlu khawatir.


2. Puncak B29


 barangkali sudah bukan hal yang abnormal untuk dilakukan √ 7 Gunung Terindah di Jawa Timur Dengan Jalur Pendakian Paling Mudah
wisataid.com

Puncak ini juga dikenal dengan julukan negeri di atas awan. Mungkin ada beberapa di antara anda yang bertanya kenapa namanya puncak B29. Sederhana saja sebenarnya, pasalnya daerah B29 ini masih masuk dalam bab Taman Nasional Bromo dan mempunyai ketinggian yakni 2.900 meter di atas permukaan bahari (mdpl). Terletak di Desa Argosari, Senduro Kabupaten Lumajang.


Dari Surabaya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk mencapai ke daerah ini. Di puncak B29 ini Anda sanggup menikmati pemandangan sunrise yang indah. Hamparan lautan awan yang bergelombanga akan menghiasi puncak dengan suguhan panorama Gunung Semeru yang gagah menjulang. Sungguh pemandangan alam yang elok tiada tara.


3. Kawah Ijen


 barangkali sudah bukan hal yang abnormal untuk dilakukan √ 7 Gunung Terindah di Jawa Timur Dengan Jalur Pendakian Paling Mudah
youtube.com

Sedikit bergeser ke arah timur, kita juga punya Gunung Ijen atau Kawah Ijen. Ketaknya ada di area perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur.


Untuk saluran ke sini juga terbilang terang serta simpel dicapat. Sebagai patokan untuk yang dari Surabaya sanggup menempuh perjalanan selama 8 – 9 jam usang untuk tiba di Pos Paltuding Kawah Ijen.


Adapun terkait waktu pendakian hingga ke puncak kawah dibutuhkan waktu sekitar satu setengah (1,5) jam.


Sama halnya dengan Gunung Bromo, kawah Ijen juga populer hingga ke luar negeri. Salah satu yang menjadi daya tarik yakni atas keberadaan api biru (blue fire) yang sangat langka. Berdasarkan data, hanya ada 2 api biru di dunia, pertama di islandia dan satunya lagi di Gunung Bromo ini. Adapun untuk melihatnya sanggup dilakukan pada waktu dini hari hingga waktu fajar yakni kisaran jam 2 hingga 4 pagi.


4. Gunung Kelud


 barangkali sudah bukan hal yang abnormal untuk dilakukan √ 7 Gunung Terindah di Jawa Timur Dengan Jalur Pendakian Paling Mudah
budayajawa.id

Setelah Gunung Bromo dan Kawah Ijen, gunung berikutnya yang juga jadi favorit yakni Gunung Kelud. Letaknya berada perbatasan kota Malang-Kediri dan Blitar, tepatnya di Kecamatan Ngancar, Kediri.


Di sana terdapat sebuah danau kawah dengan warna hijau toska yang terlihat begitu eksotis. Ada juga wisata air panas yang turut menambah pesona Gunung Kelud. Bagaimana suasana hirau taacuh di sana sanggup diobati dengan berendam di pemandian air panas.


Selain itu sebagai akhir adanya erupsi gunung pada tahun 2007, menjadikan gunung ini kemudian mempunyai “Anak Gunung Kelud”.


Untuk urusan saluran jalan, tidak perlu khawatir. Kondisi jalur pendakian menuju puncak Kelud terbilang bagus. Sajian pemandangan alamnya juga indah. Namun yang perlu diperhatikan yakni kita tidak diperbolehkan mendaki mendekati daerah kawah.


Gunung kelud ini sanggup Anda jadikan alternative untuk sekadar refreshin dan melepas penat.


5. Gunung Pundak


 barangkali sudah bukan hal yang abnormal untuk dilakukan √ 7 Gunung Terindah di Jawa Timur Dengan Jalur Pendakian Paling Mudah
cindyvia.wordpress.com

Berikutnya yakni Gunung Pundak dengan ketinggian sekitar 1.547 mdpl. Letaknya yakni di kota Mojokerto, Jawa TImur. Ketinggiannya yang masuk dalam kategori rendah juga menciptakan jalur pendakiannya tidak terlalu berat untuk ditapaki. Selai itu pemandangan alamnya juga tidak kalah indah dengan gunung-gunung lain yang disebut di atas.


Untuk mencapai puncak, sanggup ditempuh melalui 2 jalur utama, yaitu Jalur Tahura dan Puthuk Siwur. Bagi pemula juga tidak perlu khawatir ketika menyusuri jalur pendakian. Karena sudah sangat terang dan juga didukung dengan keberadaan banyak camp atau pos yang sanggup dijadikan sebagai instruksi sekaligus tempat beristirahat.


Karakteristiknya yang menyerupai itu menjadikan Gunung Pundak menjadi sangat cocok pendakian ringan atau bagi yang hanya ingin sekadar refreshing pikiran.


6. Gunung Panderman


 barangkali sudah bukan hal yang abnormal untuk dilakukan √ 7 Gunung Terindah di Jawa Timur Dengan Jalur Pendakian Paling Mudah
wisataterindah.net

Satu lagi gunung dengan jalur pendakian yang simpel dan hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk hingga ke puncak. Adalah gunung Panderman namanya. Terletak di Ds Toyomerto, Kel. Songgokerto, Pesanggrahan, Batu Malang. Gunung ini mempunyai ketinggian 2045 mdpl.


Anda yang pemula atau yang hanya punya waktu luang di simpulan pekan sanggup mencoba Gunung Panderman ini sebagai sarana melepas penat. Karena medannya yang tidak terlalu berat dan jalur pendakian yang sanggup dibawa santai.


Apalagi kalau Anda tetapkan untuk mendaki pada malam hari, maka suguhan pemandangan indah disertai kerlap-kerlip lampu di sekitaran kota Batu menjadi hiasan malam yang indah dipandang. Bisa kiranya untuk sekejap rehat dan menyeruput segelas kopi sambil menyaksikan keindahannya.


7. Gunung Penanggungan


 barangkali sudah bukan hal yang abnormal untuk dilakukan √ 7 Gunung Terindah di Jawa Timur Dengan Jalur Pendakian Paling Mudah
prokal.co

Terakhir yakni gunung Penanggungan. Gunung ini juga menjadi salah satu yang difavoritkan oleh para pendaki di wilayah Malang, Surabaya dan Probolinggo. Ketinggaiannya hanya sekitar 1.653 mdpl. Gunung yang terletak di Kab. Pasuruan dan Mojokerjto ini tidak mempunyai sumber air. Yang mana menjadikannya sedikit menantang.


Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak yakni sekitar 3 jam.


Adaa beberapa jalur daki yang sanggup diambil kalau hendak mencapai puncak. Namun kebanyakan mengambil jalur pendakian melalui Tamiajeng. Pasalnya jalur ini dirasa lebih pendek dan singkat untuk ditempuh pastinya.


Berbeda dengan jalur satunya yaitu via Jolotundo yang untuk hingga ke puncak dibutuhkan setidaknya 6 jam perjalanan, namun sepanjang perjalanannya anda akan disuguhkan berbagai peninggalan situs sejarah yang menarik untuk ditengok. Makara silakan disesuaikan, mau pilih jalur yang mana.


Sebagaimana gunung lainnya, Gunung Penanggungan juga selalu dipadati pendaki pada simpulan pekan, alasannya treknya yang terbilang ringan dan simpel dijangkau dari sentra kota Surabaya.


***


Nah itu tadi pembahasan wacana 7 gunung di jawa timur dengan jalur pendakian termudah yang sanggup dijangkau dengan waktu singkat hingga ke puncak. Namun kendati demikian, pemandangan yang ditawarkan juga sangatlah indah.


 


 


 



Sumber https://inspirilo.com