Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Mengenal Pemasaran Cabe Model Kelembagaan Pasar Lelang

Konten [Tampil]

Kabartani.comPasar lelang merupakan taktik paling sempurna untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dan forum pemasaran, sehingga sanggup menguntungkan bagi semua pihak. Untuk menekan biaya pemasaran hasil pertanian ada 3 cara yang sanggup dilakukan :



  • Mempertinggi efisiensi forum pemasaran, contohnya dengan memakai teknologi gres dalam perlakuan fisik barang dalam pemasaran.

  • Mengubah sistem pemasaran, contohnya menumbuhkan forum pemasaran yang gres (contoh pasar lelang).

  • Mengurangi pelayanan-pelayanan yang berlebihan yang dianggap menambah biaya pemasaran tanpa sanggup menaikkan output yang berarti.


Pemasaran Sebelum Ada Pasar Lelang


Cabai merah merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Kulonprogo. Komoditas tersebut mempunyai sifat yang gampang rusak, sehingga diharapkan penanganan yang baik. Sistem pemasaran cabe merah yang berlangsung di Kabupaten Kulonprogo, pada umumnya dimulai dari pengumpulan dari petani ke tengkulak, pedagang pengumpul dan pedagang besar.


 merupakan taktik paling sempurna untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dan forum pemasa √ Mengenal Pemasaran Cabai Model Kelembagaan PASAR LELANG


Sistem pemasaran menyerupai ini sering merugikan petani produsen. Dalam hal ini petani dihadapkan pada posisi tawar yang lemah, terutama dalam penentuan harga. Akibatnya petani sebagai produsen tidak lagi bernafsu untuk melaksanakan usahataninya.


Cara penanggulangannya yaitu perbaikan sistem pemasaran cabe merah melalui pengembangan kelembagaan pasar lelang. Skema pemasaran yang mayoritas terjadi sebelum adanya pasar lelang sanggup dilihat pada Gambar 1.


Simak juga :



Pemasaran Cabai Model Pasar Lelang


Kelembagaan pasar lelang cabe merah merupakan tempat transaksi jual beli cabe merah dengan cara lelang. Kelembagaan ini mengakomodasi banyak sekali kepentingan pelaku agribisnis cabe merah serta merupakan acara jasa sarana prasarana, sortasi dan grading.


Sarana dan prasarana penunjang menyerupai gudang penampung hasil pertanian disubsidi dari Pemda Kab. Kulonprogo melalui Dinas Pertanian. Segala fasilitas sarana dan prasarana dibangun bertujuan untuk membangun sekaligus menunjang kelembagaan pasar lelang. Tujuan pasar lelang yaitu untuk memangkas rantai distribusi dari petani sebagai produsen ke konsumen.


Melalui pasar lelang, petani mendapat batas harga yang lebih baik, membuat sistem perdagangan yang lebih baik dan transparan. Manfaat yang faktual yaitu petani mempunyai kapasitas harga, pedagang lebih gampang mendapat barang berkualitas, panitia lelang mendapat kas dan jasa, proses pelelangan cabe sanggup dilihat pada Gambar 2.


Prosedur Pasar Lelang Cabai


Proses pelelangan biasanya dilakukan dengan cara tertutup. Pelaku acara lelang meliputi: petani sebagai produsen, petugas lelang (panitia), dan pedagang.


 merupakan taktik paling sempurna untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dan forum pemasa √ Mengenal Pemasaran Cabai Model Kelembagaan PASAR LELANG


Petani produsen membawa hasil produksi cabe ke sempurna lelang. Petugas lelang (panitia) melaksanakan penimbangan, grading (sortir) dan menyiapkan kotak, papan tulis beserta alat tulisnya. Pedagang menyidik cabe merah yang telah terkumpul dan diklasifikasikan, kemudian sehabis dimulai program lelang, pedagang menuliskan harga (Rupiah/kg) dalam secarik kertas dan memasukannya kedalam kotak.


Setelah semua pedagang menulis dan memasukkan kertas kedalam kotak dna sudah sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Kemudian kotak dibuka satu persatu untuk mengetahui harga tertinggi yang ditetapkan pedagang. Pemenang lelang yaitu pedagang yang memasang harga cabe tertinggi.


Biaya lelang ditentukan atas dasar janji antara petani (penjual) dan pedagang (pembeli). Hasil janji biaya lelang dibagi menjadi dua, yaitu untuk panitia lelang dan kas kelompok. Misal, hasil janji pertama kali Rp 200/kg cabe dengan perincian panitia lelang sebesar Rp 100 dan kas kelompok Rp 100/kg cabai.


 merupakan taktik paling sempurna untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dan forum pemasa √ Mengenal Pemasaran Cabai Model Kelembagaan PASAR LELANG


Peserta kelompok lelang pada umumnya berasal dari tempat setempat. Sedangkan pedagang pengepul cabe berasal dari luar Kabupaten, bahkan ada yang berasal dari luar Provinsi.


Simak juga :




Sumber https://kabartani.com