Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Administrasi Kepegawaian, Tujuan, Fungsi Dan Manfaatnya

Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan ihwal manajemen kepegawaian. Pembahasan yang mencakup pengertian manajemen kepegawaian, tujuan, fungsi, manfaat, ruang lingkup manajemen kepegawaian yang dibawakan dengan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya


Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Manajemen Kepegawaian Menurut Para Ahli


Manajemen kepegawaian yakni suatu proses pengolahan pegawai atau karyawan mulai dari perekrutan atau rekruitmen hingga PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) supaya pegawai memperlihatkan andil besar dalam forum dalam mencapai tujuan individu, forum dan masyarakat.


Sedangkan pengertian Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian yaitu sebuah sistem gosip manajemen yang fungsinya mengelola data, manajemen dan manajemen kepegawaian dari suatu instansi, akademi tinggi ataupun perusahaan/organisasi.


Selain pengertian diatas, berikut kami sertakan beberapa pengertian manajemen kepegawaian berdasarkan para ahli.




  1. M. Manullang (2008:11)


    Pengertian manajemen kepegawaian berdasarkan M. Manullang yakni seni dan ilmu perencanaan, pelaksanaan dan pengontrolan tenaga kerja untuk tercapainya tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan adanya kepuasan hati pada diri para pegawai. Bisa juga manajemen kepegawaian yaitu suatu ilmu yang mempelajari ihwal cara bagaimana memperlihatkan akomodasi semoga bisa membuatkan kemampuan dan juga rasa partisipasi pegawai dalam satu kesatuan tindakan demi tercapainya tujuan tertentu.



  2. Musanef (2002:14)


    Pengertian manajemen kepegawaian berdasarkan Musanef yakni untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang secara garis besar telah ditentukan oleh direktur dengan menitik beratkan pada usaha-usaha.



  3. Handoko (2000:24)


    Pengertian manajemen kepegawaian berdasarkan Handoko yakni penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan pembinaan sumber daya insan untuk mencapai tujuan baik tujuan-tujuan individu ataupun organisasi.



  4. Drs. F.X Soedjadi, M.P.A


    Pengertian manajemen kepegawaian berdasarkan Drs.F.X.Soedjadi, M.P.A yakni proses kegiatan yang harus dikerjakan setiap pimpinan supaya sanggup tercapainya tujuan organisasi seimbang dengan sifat, hakikat, dan fungsi organisasi dan juga sifat dan hakikat dari anggotanya.



Tujuan Manajemen Kepegawaian


Tujuan dari manajemen kepegawaian yakni untuk meraih tujuan organisasi atau tubuh perjuangan yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan itu bisa berupa hasil, produk ataupun produksi. Karena itu, tujuan tersebut bisa juga disebut dengan tujuan yang berorientasi kepada hasil atau production oriented.

Aktivitas didalam manajemen kepegawaian yakni sebagai berikut:



  • Pengadaan atau penerimaan sumber daya manusia, proses rekruitmen dan seleksi, orientasi atau trainning dan penempatan pegawai.

  • Mengembangkan sumber daya manusia, kesejahteraan pegawai, konseling, training dan pendidikan, mutasi, rotasi, promosi, pemindahan, pelibatan didalam kegiatan dan lain sebagainya.

  • Pemanfaatan pegawai, motivasi, pemberhentian dan juga pemensiunan.Sistem gosip manajemen kepegawaian diterapkan bertujuan untuk mewujudkan suatu sistem gosip manajeman yang memiliki integritas didalam jaringan komputer yang sanggup menghasilkan gosip berkualitas untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian pada lingkungan instansi atau perusahaan.


Fungsi Sistem Informasi Manajamen Kepegawaian


Adapun fungsi sistem gosip manajemen kepegawaian yakni sebagai berikut:



  • Untuk meningkatkan aksessibilitas data yang disajikan dengan sempurna waktu dan akurat

  • Untuk menyediakan gosip pegawai yang cermat guna keperluan perencanaa, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian pegawai

  • Untuk menghasilkan data pegawai yang terbaru dan terintegrasi

  • Adanya jaminan kualitas dan keterampilan dari sumber daya manusia

  • Memperlancar pekerjaan di bidang kepegawaian, paling penting dalam menciptakan laporan

  • Proses perencanaan yang efektif perlu dikembangkan

  • Menjadikan lebih cantik produktivitas sumber daya insan didalam perusahaan


Manfaat Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian


Manfaat dari sistem gosip manajemen kepegawaian yakni sebagai berikut:



  • Memperoleh gosip pegawai dengan cepat dan terkini

  • Memudahkan pembuatan laporan

  • Mengetahui pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan memperoleh kenaikan honor berkala

  • Menjadikan gampang pekerjaan yang berkaitan dengan kepegawaian semisal angka kredit pegawai

  • Menjadikan gampang memantau pembagian cuti

  • Menjadikan gampang pengelolaan beban kerja untuk pegawai

  • Menjadikan gampang presensi dan santunan upah pegawai

  • Menjadikan gampang perekrutan pegawai

  • Bisa menciptakan planning penyebaran pegawai yang sesuai dengan pendidikan dan kompetensinya

  • Bisa menciptakan planning kebutuhan pegawai


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan ihwal manajemen kepegawaian √ Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya


Ruang Lingkup Manajemen Kepegawaian


Menurut Poniran (2011) memperlihatkan klarifikasi bahwa manajemen kepegawaian terdapat beberapa kegiatan atau lingkun prosesnya, yang antara lain:




  • Perencanaan


    Perencanaan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyusun dan memutuskan deretan pegawai.



  • Pengadaan


    Pengadaan ialah kegiatan untuk mengisi deretan yang kosong yang dilaksanakan dimulai dari perencanan, pengumuman, pelamaran, penyarian, pengangkatan hingga dengan pengangkatan menjadi pegawai.



  • Pengembangan Kualiatas


    Pada tahap ini dilaksanakan dengen memperlihatkan training dan pendidikan untuk pegawai. Hal ini dilaksanakan untuk menunjang dan meningkatkan dapat dipercaya para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat.



  • Penempatan


    Apabila telah mendapat bimbingan teknis dan fungsi kiprah maka akan dilakukan penempatan kepada para pegawai yang sudah dipilih dengan keahlian dan kriteria masing-masing anggota supaya kiprah dan fungsi yang lalu diberikan sanggup berjalan dengan baik.



  • Promosi


    Promosi jabatan dilakukan untuk menghargai pengorbanan dan dedikasi pegawai selama ia bekerja.



  • Penggajian


    Gaji bersifat hak pegawai dan merupakan balas jasa atas hasil kerja, maka honor pegawai ditetapkan berdasarkan atas pekerjaan dan besarnya tanggung jawab dan juga tidak melupakan aspek kelayakan untuk hidup



  • Kesejahteraan


    Kesejahteraan diukur dipengaruhi oleh kebutuhan para pegawai yang berbeda-beda. Ini akan sulit untuk mengukur tingkat kesejahteran antara pegawai satu dengan pegawai yang lain.



  • Pemberhentian


    Pemberhentian pegawai merupakan pemberhentian yang mengakibatkan yang bersangkutan tidak lagi berkedudukan sebagai pegawai.



  • Pensiun


    Pensiun yaitu hak kepegawaian yang diberikan kepada pegawai yang memenuhi syarat-syarat berdasarkan perundang-undangan yang berlaku



Demikianlah telah dijelaskan ihwal Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya, semoga sanggup menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id