Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 17 Pengertian Assessment Berdasarkan Para Hebat (Pembahasan Lengkap)

17 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana pengertian Assessment. Dalam pembahasan ini akan di ulas pengertian assessment yang dikemukakan oleh beberapa jago yang sudah dirangkum dengan lengkap. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



17 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)


Mari kita bahas lengkap pengertian assessment dengan secama berdasarkan ahlinya.


Pengertian Assessment Menurut Para Ahli


Berikut ini ialah definisi dari assessment berdasarkan para ahli.


1. S. Eko Putro Widoyoko (2012:3)


Pengertian assessment berdasarkan S.Eko Putro Widoyoko ialah acara menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun aturan-aturan tertentu.


2. Djadja Rahadja


Pengertian assessment berdasarkan Djadja Rahardja ialah proses pengumpulan warta dengan mempergunakan alat dan teknik yang sesuai, untuk menciptakan keputusan pendidikan berkenaan dengan penempatan dan jadwal pendidikan bagi siswa tertentu.


3. Richard I. Arends (2008:217)


Pengertian assessment berdasarkan Richard I. Arends ialah proses pengumpulan warta wacana siswa dan kelas untuk maksud-maksud pengambilan keputusan instruksional.


4. Palomba dan Banta (1999)


Pengertian assessment berdasarkan Palomba dan Banta ialah Assessment is the systematic collection, review, and use of information about educational programs undertaken for the purpose of improving student learning and development. Dengan arti Penilaian ialah pengumpulan, reviu, dan penggunaan warta secara sistematik wacana jadwal pendidikan dengan tujuan meningkatkan mencar ilmu dan perkembangan siswa.


5. Terry Overtun (2008)


Pengertian assessment berdasarkan Terry Overtun Assessment is a process of gathering information to monitor progress and make educational decisions if necessary. As noted in my definition of test, an assessment may include a test, but also include methods such as observations, interview, behavior monitoring, etc. Dengan arti Assessment ialah suatu proses pengumpulan warta untuk memonitor kemajuan dan kalau disebutkan dalam definisi saya wacana tes, suatu evaluasi bisa saja terdiri dari tes, atau bisa juga terdiri dari aneka macam metode ibarat obsevasi, wawancara, monitoring tingkah laku, dan sebagainya.


6. Bob Kizlik (2009)


Pengertian assessment berdasarkan Bob Kizlik Assessment is a process by which information is obtained relative to some know objective or goal. Tests are assessment made under contrived circumstances especially so that they may be administered. In other words, all tests are assessments, but not all assessments are tests. Dengan arti assessment ialah suatu proses dimana warta diperoleh berkaitan dengan tujuan pembelajaran. Penilaian ialah istilah yang luas yang meliputi tes (pengujian). Tes ialah bentuk khusus dari penialain. Tes ialah salah satu bentuk penilaian. Dengan kata lain, semua tes merupakan penilaian, namun tidak semua evaluasi berupa tes.


7. Angelo T.A (1991)


Pengertian assessment berdasarkan Angelo T.A Classroom assessment is a simple method faculty can use to collect feedback, early and often, on how well their students are learning what they are being taught. Dengan arti assessment kelas ialah suatu metode yang sederhana sanggup dipakai untuk mengumpulkan umpan balik, baik di awal maupun sesudah pembelajaran wacana seberapa baik siswa mempelajari apa yang telah diajarkan kepada mereka.


8. James A.Poteet Dan Ronald C Eaves (1985)


Pengertian assessment berdasarkan James A.Poteet Dan Ronald C Eaves ialah proses pengumpulan informasi. Untuk guru, evaluasi dilakukan sebagai tujuan tetapkan keterampian mengajar.


9. Jamaris dalam Makalah Asesmen Perkembangan Anak Usia TKA Berbasis Kecerdasan Jamak (2004)


Pengertian evaluasi pendidikan anak usia dini berdasarkan Jamaris ialah suatu proses acara yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengumpulkan data atau bukti-bukti wacana perkembangan dan hasil mencar ilmu anak usia dini.


10. Hargrove dan Poteet (1984)


Pengertian assessment berdasarkan Hargrove dan Poteet, Assessment is the process of gathering information, using appropriate tools and technique. Dengan arti evaluasi ialah proses mengumpulkan informasi, dengan memakai alat dan teknik yang layak.


11. NSW Departemen of Education (Arthur 1996:324)


Pengertian assessment berdasarkan NSW Departemen of Education, Assessment is the process of gahtering evidance and making judgement about student’s needs, strenghts, abilities and eachievement. Dengan arti evaluasi ialah proses mengumpulkan fakta-fakta dan menciptakan keputusan wacana kebutuhan siswa, kekuatan, kemampuan, dan kemajuannya.


12. NAEYC dan NAESC/SDE (1991)


Pengertian assessment berdasarkan NAEYC dan NAESC/SDE ialah proses mengamati, merekam dan mengumpulkan aneka macam dokumentasi dari hasil karya yang telah dikerjakan oleh anak dan bagaimana cara mereka mengerjakannya.


13. PP No.19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan penggalan 1 pasal 1 ayat 17


Pengertian assessment/penilaian berdasarkan PP No.19 Tahun 2005 ialah proses pengumpulan dan pengolahan warta untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu penerima didik.


14. Suharsimi Arikunto (2009)


Pengertian assessment/penilaian berdasarkan Suharsimi Arikunto ialah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk. Penilaian bersifat kulitatif


15. Cangelosi (1995:21)


Pengertian assessment/penilaian berdasarkan Cangelosi ialah keputusan wacana nilai. Oleh lantaran itu, langkah selanjurnta sesudah melakukan pengukuran ialah penilaian. Penilaian dilaksanakan sesudah siswa menjawab soal-soal yang terdapat pada tes. Hasil tanggapan siswa tersebut ditafsirkan dalam bentuk nilai.


 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli  √ 17 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)


16. Mardapi (1999:8)


Pengertian assessment/penilaian berdasarkan Mardapi ialah acara menafsirkan atau mendeskripsikan hasil pengukuran.


17. Bonnie Campbell Hill dan Cynthia Ruptic (1994)


Pengertian assessment/penilaian berdasarkan Bonnie Campbell Hill dan Cynthia Ruptic Assessment is process of gahtering evidence and documenting a child’s learning and growth. Dengan arti evaluasi ialah proses mengumpulkan insiden dan mendokumentasikan pertumbuhan dan pembelajaran anak.


Demikianlah telah dijelaskan wacana 17 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id