Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pola Artikel Terkenal Dalam Bahasa Indonesia

Konten [Tampil]

Sebelumnya, kita telah mengetahui ibarat apa contoh artikel singkat. Kali ini, kita juga akan menampilkan teladan sebuah artikel, di mana teladan artikel yang ditampilkan ialah artikel populer. Artikel terkenal sendiri merupakan artikel yang membahas tema-tema yang terkenal di masyarakat dan gaya bahasa yang dipakainya cenderung ringan serta gampang dimengerti. Adapun teladan dari artikel ini sendiri ialah sebagai berikut ini!


Coworking Space, Ruang Kerja Bersama untuk Semua


Perkembangan zaman lambat laun telah mengubah sisi-sisi kehidupan kita, termasuk dalam urusan bekerja. Zaman dulu, kantor dalah sebuah daerah khusus bagi mereka yang bekerja sebagai pegawai atau karyawan. Kini, daerah bekerja bukan hanya kantor semata. Saat ini, kita dapat bekerja di mana pun dan kapan pun. Salah satu bukti terjadinya evolusi daerah bekerja ialah hadirnya sebuah daerah bernama coworking space. Secara sederhana, daerah ini merupakan sebuah ruang yang dapat digunakan untuk melaksanakan acara kerja. Berbeda dengan kantor, daerah ini biasanya didesain dengan cukup santai. Selain itu, kita juga dapat mendatangi daerah ini kapan saja, tanpa perlu takut dimarahi bos akhir terlambat dan juga tanpa harus mengisi presensi.


Pada mulanya, coworking space dipakai oleh para pegiat start up yang belum memiliki kantor atau yang ingin mencari suasana baru. Namun, kini coworking space tidak hanya digunakan oleh perusahaan start up. Pihak-piha lain ibarat wartawan, seniman, freelancer, atau bahkan mahasiswa juga dapat memakai coworking space. Selain digunakan untuk daerah bekerja, coworking space juga dapat digunakan untuk acara apa saja, mulai dari diskusi, kerja kelompok, rapat, sampai acara seminar.


Coworking space sendiri biasanya disewakan dalam jangka waktu tertentu, entah itu harian, mingguan, atau bulanan. Harga sewanya pun juga beragarm, tergantung dari jangka waktu penyewaan tersebut. Meski begitu, ada juga coworking space yang dapat disewa secara gratis oleh siapa pun.  Jam bukanya pun juga beragam. Ada yang buka dari pagi sampai malam, dan ada juga yang buka selama 24 jam.


Jika ditilik dari sejarah, coworking space mulai ada di dunia pada tahun 2002 di Wina, Austria. Saat itu, Stefan Leitner-Sidl dan Michael Poll mendirikan sebuah daerah berjulukan Schaubenfabrik yang merupakan cikal bakal dari coworking space di seluruh dunia.


Delapan tahun berselang, sebuah coworking space pertama di Indonesia pun terlahir, tepatnya di kota Bandung. Coworking space tersebut berjulukan Hackerspace yang didirikan oleh Yohan Totting. Sebelum mendirikan Hackerspace, Yohan merupaja seorang freelancer yang sempat putus asa alasannya sering berpindah-pindah daerah kerja. Pada tahun 2009, Yohan diundang oleh sebuah instansi untuk tiba ke Singapura. Di salah satu negara ASEAN tersebut, ia berkunjung ke Hackerspace Sinapura dan terkagum-kagum pada daerah tersebut. Sepulang dari sana, ia pun menginisasi sebuah coworking space yang namanya sama dengan coworking space yang ada di Singapura tersebut. Sejak itulah, coworking space pun mulai bertebaran di penjuru negeri.


* * *


Demikianlah teladan artikel terkenal dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambah acuan soal karangan semi ilmiah, maka pembaca dapat membuka beberapa artikel berikut, yaitu: contoh esai sastra, contoh tajuk planning di koran, contoh autobiografi singkat ihwal diri sendiri, contoh biografi orang sukses, contoh memoar singkat, dan contoh resensi buku pelajaran. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Terima kasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com