Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup Dan Contohnya

Konten [Tampil]

Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal perusahaan jasa. Yang mencakup pengertian perusahaan jasa, karakteristik jasa, ciri-ciri perusahaan jasa, ruang lingkup perusahaan jasa dan referensi perusahaan jasa dengan lengkap dan ringan.



Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya


Agar lebih memahaminya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.


Pengertian Perusahaan Jasa


Perusahaan jasa yaitu suatu perjuangan yang aktivitasnya memproduksi produk yang tidak “berwujud” atau jasa yang mempunyai tujuan memperoleh keuntungan atau laba. Perusahaan jasa sanggup juga diartikan dengan sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diprosuksinya, yang mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen dan memperoleh keuntungan.


Namun perusahaan jasa membutuhkan produk fisik atau berwujud untuk melaksanakan akvitas usahanya. Misalnya menyerupai perusahaan transportasi umum yang memperlihatkan jasa transportasi terhadap konsumen, maka utuk sanggup melaksanakan acara usahanya perusahaan tersebut membutuhkan alat transportasi menyerupai bus, pesawat atau kapal lauh dan juga alat transportasi tersebut ialah produk yang mempunyai wujud.


Karakteristik Jasa


Karakteristik dari jasa antara lain sebagai berikut:



  • Tidak mempunyai wujud, yang artinya bersifat abnormal dan tidak sanggup dilihat

  • Produk yang dihasilkan tidak berstandar atau bervariasi (heterogenitas)

  • Tidak sanggup dipisahakan “produk dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama-sama”

  • Tidak sanggup disimpan lantaran tidak mempunyai wujud


Ciri-Ciri Perusahaan Jasa


Dengan melihat klarifikasi diatas sanggup disimpulkan bahwa perusahaan jasa ialah perusahaan yang mempunyai acara memproduksi dan menyediakan bermacam-macam jenis pelayanan menyerupai keamanan, fasilitas dan lain sebagainya kepada konsumen yang memerlukannya, maka perusahan jasa mempunyai ciri-ciri ialah sebagai berikut:



  • Penghasilannya berasal dari penjualan jasa

  • Dalam proses memproduksi jasa sanggup atau tidak membutuhkan tunjangan dari produk fisik

  • Jasa yang ditawarkan tidak sama, jadi setiap konsumen sanggup mendapat jenis pelayanan yang berbeda dengan konsumen lainnya

  • Tidak mempunyai persediaan produk dalam wujud fisik lantaran produk yang dijual ialah produk yang tidak mempunyai wujud. “Jasa” Kaprikornus produk yang dihasilkan tidak sanggup dilihat akan tetapi sanggup dirasakan manfaatnya.

  • Seringkali tingkatan harganya mempunyai sifat yang tidak mutlak lantaran murah atau mahalnya harga yang ditentukan oleh perusahaan bergantng dari tingkat kebutuhan konsumen

  • Jasa yang didapatkan tidak sanggup disimpan, jadi sekali dibeli maka pemakaiannya akan pribadi habis.


Ruang Lingkup Perusahaan Jasa


Perusahaan jasa yang merupakan perusahaan yang hanya menyediakan dan menjual produk jasa saja untuk konsumen. Perusahaan ini tidak mempunyai persediaan materi baku dan juga tidak memproduksi barang. Dan juga jasa yang dihasilkan perusahaan itu hanya sanggup dinikmat oleh konsumen pada ketika jasa itu diberikan kepada konsumen.


Jadi ruang lingkup perusahaan jasa dimulai ketika menyiapkan jasa hingaa pada ketika menjualnya. Seperti contohnya ialah jasa dokter, ruang lingkupnya dimulai dari ketika dokter menyelidiki pasien dan memperlihatkan resep obat kepada pasien.


Ruang lingkup dari perusahaan jasa tidak terlalu besar lantaran hanya seputar mempersiapkan jasa yang akan diberikan kepada pelanggan sampai pada ketika produsen jasa menjual produk jasanya kepada konsumen tersebut.


Seperti contohnya juga pada perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi. Ruang lingkupnya hanyalah ketika konsumen membeli tiket atau memakai jasa transportasi untuk mencapai daerah tujuan dan membayar sejumlah uang dari jasa yang diberikan oleh perusahaan transportasi tersebut. Seperti naik bus, kereta, pesawat terbang, ojek dan lain sebagainya. Besarnya biaya yang dikeluarkan tidak tetap dan sanggup lebih rendah atau lebih tinggi bergantung dari jaraknya.


Adapun ruang lingkup perusahaan jasa ialah sebagai berikut:



  1. Komunikasi: Perusahaan telepon, stasiun tv, radio

  2. Profesi: akuntan, klik bersalin

  3. Hiburan: bioskop, taman hiburan, kebun binatang

  4. Tempat tinggal: hotel, asrama, guest house

  5. Keahlian perorangan: salon kecantikan, penjahit, studio foto, pangkas rambut.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal perusahaan jasa √ Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya


Contoh Perusahaan Jasa Di Indonesia


Adapun beberapa perusahaan jasa di Indonesia yang ada ketika ini antara lain sebagai berikut:



  • Bergerak Dalam Bidang Transportasi, infrastruktur dan utilitas seperti: Indosat Tbk, Garuda Indonesi Tbk, Telekomunikasi Indonesi Tbk, Jasa Marga Tbk, dan lain sebagainya.

  • Bergerak di bidang keuangan contohnya Bank Indonesia, Bank Central Asia Tbk, Bank Mandiri Tbk, Bank Danamon Indonesia Tbk, Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan lain sebagainya.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya, biar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id