Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Indeks Harga Dan Tujuannya Disertai Jenisnya

Konten [Tampil]

Secara umum pengertian indeks harga dan tujuannya. Istilah harga selalu ada hubungannya dengan perekonomian. Apalagi dikala ini perekonomian semakin berkembang, maka harga barang dan jasa selalu menerima perhatian dari masyarakat, produsen maupun dari pemerintah. Lalu pada kesempatan ini kami akan memperlihatkan klarifikasi mengenai Indeks harga, bagi kau yang belum mengetahuinya sanggup membaca dan memahami pada goresan pena ini.


A. Apa itu Indeks Harga?


Yang dimaksud dengan indeks harga yakni angka yang berkhasiat untuk membuktikan mengenai perubahan harga, baik itu harga satu barang maupun harga dari aneka macam macam barang dalam waktu dan daerah yang sama ataupun waktu dan daerah yang berlainan. Atau pengertian indeks harga yaitu sebagai suatu ukuran yang membuktikan terjadinya perubahan pada harga barang atau jasa dari waktu ke waktu.


Tentunya indeks harga sangat penting sekali bagi beberapa pihak, terutama pihak perusahaan dan pemerintahan sebab indeks harga mempunyai perang penting bagi perekonomian, contohnya dipakai untuk pertimbangan dalam membeli suatu barang.


Adapun beberapa ciri indeks harga, ibarat 1). Di jadikan sebagai standar untuk perbandingan harga. 2). Di hitung menurut waktu dikala kondisi perekonomian stabil. 3). Indeks harga ditetapkan menurut data-data yang relevan, dan menurut sample.


 Istilah harga selalu ada hubungannya dengan perekonomian √ Pengertian Indeks Harga Dan Tujuannya Disertai Jenisnya

Apa itu indeks harga?


B. Cara-Cara Dalam Perhitungan Indeks Harga


Dalam melaksanakan perhitungan indeks harga terdapat beberapa cara, yang diantaranya:


1. Tidak Tertimbang


Merupakan cara dalam perhitungan indeks harga dengan cara menghitung harga barang atau jasa setiap tahunnya, kemudian dibagi dengan harga pada tahun dasar dan dikalikan 100.


 Istilah harga selalu ada hubungannya dengan perekonomian √ Pengertian Indeks Harga Dan Tujuannya Disertai Jenisnya


2. Tertimbang


Dalam metode ini umumnya terdapat 2 (dua) cara, diantaranya:


a. Laspeyres


Merupakan metode yang memakai cara menjumlahkan harga barang atau jasa sesudah dikalikan dengan kuantitasnya pada setiap tahun, kemudian di bagi dengan harga barang dan dikali kuantitasnya pada tahun dasar sesudah itu rasionya dikalian 100.


 Istilah harga selalu ada hubungannya dengan perekonomian √ Pengertian Indeks Harga Dan Tujuannya Disertai Jenisnya


b. Paasche


Merupakan metode yang memakai faktor penimbang kuantitas pada tahun yang dihitung harganya indeksnya, kemudian di kali 100.


 Istilah harga selalu ada hubungannya dengan perekonomian √ Pengertian Indeks Harga Dan Tujuannya Disertai Jenisnya


Baca juga: Pengertian harga dan fungsinya rangkuman terjelas.


C. Inilah jenis Indeks Harga


Berikut ini jenis-jenis dari Indeks harga, diantaranya:


1. IHK (Indeks Harga Konsumen)


Yaitu angka yang sanggup membuktikan suatu perbandingan maupun perubahan harga barang atau jasa yang dihitung dan dianggap mewakili belanja para konsumen. Jenis dan kelompok barang atau jasa yang dihitung tentunya sanggup berubah sebab diubahsuaikan dengan contoh konsumsi konsumen. Singkatnya Indeks Harga Konsumen membuktikan perubahan-perubahan harga pada barang eceran yang di konsumsi konsumen dari waktu ke waktu.


2. IHP (Indeks Harga Produsen)


Yaitu angka yang sanggup membuktikan suatu perbandingan maupun perubahan harga barang atau jasa yang dibeli produsen pada waktu tertentu. Produsen biasanya membeli bahan-bahan mentah atau materi yang setengah jadi. Tentunya Indeks Harga Produsen berbeda dengan Indeks Harga Konsumen. Indeks Harga Produsen pengukuran tingkatan harga barang pada awal distribusi, sedangkan Indeks Harga Konsumen pengukuran harganya pribadi yang dibayar oleh konsumen pada tingkatan harga eceran/satuan barang.


3. Indeks harga yang harus dibayar & diterima oleh petani.


Karena banyaknya orang yang berpofesi sebagai petani maka indeks harga yang berafiliasi dengan petani selalu dihitung. Sehingga pemerintah sanggup memutuskan aneka macam kebijakan yang berafiliasi dengan pertanian secara tepat. Indeks harga yang harus dibayar oleh petani yaitu angka yang membuktikan harga yang perlu dibayar oleh petani untuk biaya selama proses produksi pertaniannya. Sedangkan Indeks harga yang diterima oleh petani yaitu angka yang membuktikan harga yang sanggup diterima oleh petani dari penjualan hasil produksi pertaniannya.


D. Tujuan Indeks Harga


Adapun beberapa tujuan dari perhitungan indeks harga, yang diantaranya:



  • Berguna sebagai indikator untuk mengukur aktivitas perekonomian secara umum.

  • Dapat memperlihatkan citra mengenai tren dalam perdagangan.

  • Berguna bagi para pedagang dalam memilih harga barang dan penentuan jumlah barang.

  • Indeks harga Konsumen dan Indeks Harga biaya hidup berkhasiat untuk mengambil keputusan terutama dalam memutuskan gaji.

  • Indeks harga petani, berkhasiat bagi perintah terutama dalam menggambarkan apakah petani semakin makmur atau tidak, sehingga pemerintah sanggup mengambil kebijakan. Dll.


E. Kesimpulan


Dari pembahasan di atas maka sanggup diambil kesimpulan bahwa indeks harga yaitu sebagai suatu ukuran yang membuktikan terjadinya perubahan pada harga barang atau jasa dari waktu ke waktu. Jenis Indeks harga diantaranya Indeks Harga Konsumen, Indeks Harga Produsen, dan Indeks harga yang dibayar & diterima oleh petani.


Akhir kata, itulah goresan pena ihwal pengertian indeks harga, agar bermanfaat dan tentunya sanggup di pahami juga. Jika terdapat kesalahan mohon maaf, terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com