Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Ekologi Dan Misalnya Memahami Secara Umum

Konten [Tampil]

Memahami secara umum pengertian ekologi, dan beberapa klarifikasi lainnya. Apakah kalian sudah mengetahui istilah “Ekologi”? Istilah ini sering ditemukan ketika mempelajari ilmu pengetahuan yang ada hubungannya wacana organisme dan lingkungan hidupnya. Lalu pada kesempatan kali ini kami akan menawarkan klarifikasi wacana ekologi, yang sanggup kau pahami ditulisan ini.


A. Apa Definisi Ekologi?


Yang dimaksud dengan ekologi ialah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara organisme dengan lingkungan hidupnya. Atau sanggup diartikan juga sebagai ilmu untuk mempelajari / memahami interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan tempat mereka hidup.


Istilah Ekologi asalnya dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “Okios” yang diartikan sebagai Habitat dan dari kata “Logos” yang diartikan sebagai Ilmu. Kaprikornus dari kata-kata tersebut ekologi disimpulkan sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antara organisme dengan lingkungan hidupnya. Dalam ekologi tentunya ada istilah ekosistem, ekosistem sendiri diartikan sebagai  hubungan yang saling ketergantungan antara komponen hidup dan komponen yang tidak hidup.


Pada ekosistem terdapat lingkungan biotik dan abiotik, dimana lingkungan biotik merupakan lingkungan yang terdapat organisme hidup, komponennya menyerupai manusia, hewan, dan tumbuhan. Sedangkan lingkungan abiotik merupakan lingkungan yang terdapat komponen-komponen benda mati yang sanggup menghipnotis makhluk hidup. Komponen abiotik contohnya menyerupai tanah, udara, sinar matahari, suhu, air, dll.


 Apakah kalian sudah mengetahui istilah  √ Pengertian Ekologi Dan Contohnya Memahami Secara Umum

Apa itu ilmu ekologi?


B. Jenis-Jenis Piramida Ekologi


Yang dimaksud dengan piramida ekologi ialah sebuah struktur tingkatan yang ada pada suatu ekosistem yang menerangkan adanya hubungan antara struktur trofik dan juga fungsi trofik.  Taraf trofik sendiri sanggup diartikan sebagai tingkatan pada rantai kuliner yang dimana suatu organisme mendapatkan energi, atau tingkatan yang didalamnya terdapat organisme yang mempunyai peranan yang sama pada tingkat makanan. Bentuk dari piramida ekologi akan menyatakan interaksi antara organisme yang terdapat pada taraf trofik, yang menerangkan bahwa ada daur materi, anutan energi, dan suatu produktivitas. Piramida ekologi ada 3 (tiga) macam bentuk diantaranya piramida jumlah, Piramida biomassa dan piramida energi. Penjelasannya sanggup dilihat di bawah ini:


a. Piramida Jumlah


Berguna untuk menggambarkan hubungan atau interaksi jumlah individu pada tingkat trofik. Semakin tinggi kedudukan trofik, maka semakin kecil juga tingkat pupulasinya. Kaprikornus umumnya produsen mempunyai jumlah paling banyak dan akan semakin menurun jumlahnya pada konsumen tingkat 1, tingkat 2, dan seterusnya.


 Apakah kalian sudah mengetahui istilah  √ Pengertian Ekologi Dan Contohnya Memahami Secara Umum

Contoh Piramida Jumlah


b. Piramida Biomassa


Merupakan piramida yang sanggup menawarkan citra perpaduan antara semua organisme yang terdapat di suatu habitat. Satuan massa diukur / umumnya dinyatakan dalam gram, pada piramida biomassa bentuknya akan semakin mengecil untuk setiap taraf trofik. Sedangkan biomassa total yaitu jumlah berat kering berdasarkan organisme pada suatu ekosistem. Piramida biomassa akan mengalami perubahan tergantung keadaan iklim/cuaca.


 Apakah kalian sudah mengetahui istilah  √ Pengertian Ekologi Dan Contohnya Memahami Secara Umum

Contoh Piramida Biomassa


c. Piramida Energi


Piramida energi sanggup menawarkan citra mengenai besarnya energi pada setiap taraf trofik, atau dengan kata lain menawarkan citra perpindahan energi pada setiap tingkatan trofik ke tingkatan trofik selanjutnya. Pada piramida energi tentunya akan terjadi penurunan energi, dari taraf trofik bawah yang mempunyai jumlah energi besar akan mengalami penurunan sampai taraf trofik teratas. (Baca juga tentang: Pengertian rantai kuliner dan contohnya).


 Apakah kalian sudah mengetahui istilah  √ Pengertian Ekologi Dan Contohnya Memahami Secara Umum

Contoh Piramida Energi


C. Jenis-Jenis Ekologi dan Contohnya


Setelah mengetahui pengertian ekologi dan jenis piramidanya, kemudian berikut ini jenis / pembagian ekologi berdasarkan habitatnya, beberapa diantaranya seperti:


a. Ekologi Padang rumput


Ekologi padang rumput merupakan tempat yang ditumbuhi oleh aneka macam macam jenis rerumputan. Misalnya di padang rumput terdapat rumput berjenis alang-alang yang membutuhkan cahaya dari matahari untuk kelangsungan hidupnya. Rumput alang-alang berkembang biak dengan biji dan akar rimpangnya.


b. Ekologi Hutan


Hutan merupakan daerah/tempat yang ditumbuhi oleh aneka macam macam jenis pohon dan di dalamnya hidup aneka macam jenis hewan. Sehingga di dalam hutan terjadi banyak interaksi organisme yang saling menghipnotis satu sama lain.


c. Ekologi kelautan


Ekologi kelautan contohnya ekologi pada maritim tropis di sana terjadi interaksi antara ekosistem hutan mangrove, ekosistem lamun dan ekosistem terumbu karang. Laut tropis mempunyai beberapa karakteristik menyerupai suhu yang hangat, hasil maritim yang relatif tinggi, dan mempunyai banyak keanekaragaman organisme.


d. Ekologi estuaria


Estuaria merupakan tempat perairan dimana airnya berasal dari percampuran antara air maritim dan air tawar yang berasal dari air sungai maupun dari sumber air lain. Sebagian besar organisme yang sanggup hidup di tempat estuaria ini merupaka organisme yang telah menyesuaikan diri dengan kondisi di tempat tersebut. Daerah estuaria merupakan tempat hidup bagi aneka macam jenis ikan, populasi ikan tertentu biasanya memakai tempat ini sebagai tempat berpijah maupun membesarkan anak-anaknya. Lalu tempat estuaria juga mempunyai produktivitas yang baik alasannya ialah disana terdapat bahan-bahan organik yang berasal dari sungai, dan wilayahnya merupakan perairan yang dangkal sehingga flora yang hidup di dalamnya sanggup mendapatkan sinar matahari yang cukup. Maka kita insan sebagai makhluk yang pandai tentunya harus selalu menjaga dan melestarikan ekosistem estuaria, dan ekosistem lainnya sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga dan tidak tercemar.


(Baca juga tentang: Pengertian biosfer dan contohnya artikel terlengkap).


D. Manfaat Ilmu Ekologi


Dengan Mempelajari ilmu ekologi maka 1). Kita sanggup mengenal / mengetahui aneka macam macam jenis makhluk hidup, dan cara mereka bertahan hidup di lingkungannya. 2). Dapat mengenal prilaku aneka macam jenis makluk hidup sesuai kondisi tempat tinggalnya. 3). Dapat mengetahui imbas yang sanggup timbulkan dari acara yang dilakukan insan terhadap organisme lain dan terhadap lingkungan. 4). sanggup mencari solusi untuk merampungkan aneka macam permasalahan lingkungan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.


Itulah pembahasan yang singkat wacana pengertian ekologi, biar pembahasan ini sanggup kau pahami. Lalu bila ditemukan beberapa kesalahan mohon di maafkan. Sekian dan terimakasih telah membacanya biar bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com