Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Adjective Clause – Pengertian, Tumpuan Kalimat, Rumusnya

Konten [Tampil]

Adjective Clause – Pengertian, Contoh Kalimat, & Rumusnya – Hai sobat semua, dalam Bahasa Inggris niscaya kalian telah mendengar yang namanya ‘adjective’, bukan? Yup, adjective merupakan kata sifat, misalnya kind, good, bad, beautiful, handsome, pink, blue, tall, short, dan sebagainya. Adjective dapat dipakai dalam klausa yang disebut dengan Adjectuve Clause. Berikut yaitu pengertian dan klarifikasi lengkap Adjective Clause.


 


Pengertian Adjective Clause


 


Adjective Clause atau yang disebut sebagai Relative Clause merupakan dependent clause (anak kalimat) yang berfungsi sebagai kata sifat (adjective) dan menjelaskan kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun) pada main clause (induk kalimat) dari sebuah kalimat beragam bertingkat (complex sentence) yang terdiri dari induk kalimat (independent clause) dan satu atau beberapa anak kalimat (dependent clause).


 


Posisi Adjective Clause selalu mengikuti kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun) yang diterangkannya. Dalam kalimat, kta benda (noun) atau kata ganti (pronoun) ersebut berfungsi sebagai subjek atau objek kalimat. Adjective clause didahului dengan kata yang disebut sebagai Relative Pronoun: what, which, whom, whose, who, that, dan sebagainya. relative Pronoun tersebut berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan kata benda (noun) atau kata ganti ( pronoun) yang diterangkan oleh Adjective Clause.


 


Contoh Adjective Clause pada Complex Sentence


 


Simple Sentence:



  • The car is amazing. (Mobil tersebut luar biasa)

  • The house has been sold. (Rumah tersebut sudah terjual)

  • I will invite your friend to my birthday party. (Saya akan mengundang temanmu ke pesta ulang tahun saya)


 


Complex Sentence:



  • The car that you brought yesterday is amazing. (Mobil yang kau beli kemarin itu luar biasa)


Keterangan:


The car: Noun (phrase)


That: Relative Pronoun


That you bought yesterday: Adjective Clause yang menjelaskan the car. Disebut Clause alasannya mempunyai subjek (you) dan predikat (brought). Disebut adjective clause alasannya menjelaskan kata benda (the car).



  • The house which you wanted to buy two weeks ago has been sold. (Rumah yang kau ingin membelinya dua ahad yang kemudian sudah terjual)


Keterangan:


The house: Noun (phrase)


Which: Relative Pronoun


Which you wanted to buy two weeks ago: Adjective Clause yang menjelaskan the house. Disebut Clause alasannya mempunyai subjek (you) dan predikat (wanted to buy). Disebut adjective clause alasannya menjelaskan kata benda (the house).



  • I will invite your friend who gave me so many chocolates at school yesterday to my birthday party. (Saya akan mengundang temanmu yang menawarkan aku banyak coklat di sekolah kemarin ke pesta ulang tahun saya)


Keterangan:


Your friend: Noun (phrase)


Who: Relative Pronoun


Who gave me so many chocolates at school yesterday: Adjective Clause yang menjelaskan your friend. Disebut Clause alasannya mempunyai subjek (who) dan predikat (gave). Disebut adjective clause alasannya menjelaskan kata benda (your friend).


 


Rumus Adjective Clause


 


Complex Sentence:


Independent Clause + Adjective Clause


 


Adjective Clause:


Relative Pronoun + Subject + Verb


 


Keterangan:


Jika tidak ada subjek dalam Adjective Clause maka Relative Pronoun (who, whom, that, which) sanggup dipakai menjadi subjek.



style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-9290406911233137"
data-ad-slot="2698768695">


Fungsi Relative Pronoun pada Adjective Clause


 


Relative Pronoun dalam Adjective Clause sanggup berfungsi sebagai:



  • Subject

  • Object

  • Possessive


 


Perhatikan tabel di bawah ini:

























FungsiRelative PronounContoh Adjective Clause
SubjectThat, who, whichThat is eating by her.


(yang dimakan oleh dia)


 


Pembuktian:


Coba ganti kata ‘that’ dengan pronoun ‘it’ (subjective personal pronoun)

ObjectThat, who, which, whomWhich she wanted to buy


(yang ingin beliau beli)


 


Pembuktian:


Coba substitusi dengan kata ‘it’ (objective personal pronoun)

PossessiveWhoseWhose car was stolen


(yang mobilnya dicuri)


 


Pembuktian:


Coba ganti kata ‘whose’ dengan kata ‘his’ (possessive personal pronoun)


 


Tanda Baca (Punctuation) pada Adjective Clause


 


Posisi Adjective Clause pada ketika menandakan subjek akan berada di tengah kalimat. Adjectuve Clause tersebut sanggup diapit oleh koma atau pun tidak. Hal tersebut tergantung pada pentang atau tidaknya info yang dibawa oleh Adjective Clause. Informasi tersebut dianggap penting (essential) kalau info tersebut akan mengubah makna kalimat kalau info tersebut dihilangkan. Pada situasi menyerupai itu koma harus dihilangkan. Klausa yang membawa info penting disebut sebagai defining clause. Akan tetapi, kalau info yang dibawa oleh Adjective Clause tidak penting (non-essential) dan sanggup dihilangkan tanpa mebgubah makna kalimat, maka koma sanggup dipakai untuk mengapit Adjective Clause. Klausa yang membawa info yang tidak terlalu penting disebut sebagai non-defining clause.


 


Perhatikan pola berikut ini:


Contoh 1



  • Defining Clause: People who has active movements tend to live happier than those who do not. (Orang – orang yang bergerak aktif akan hidup lebih senang dibanding mereka yang tidak.

  • Non-defining Clause: Bimo, who studies in Lampung University, is her friend. (Bimo, yang kuliah di Universitas Lampung, yaitu sahabat dia)


Contoh 2



  • Defining Clause: The students who got punished after breaking the school rules get an extra class after school. (Murid – murid yang terkena eksekusi sesudah melanggar peraturan sekolah menerima kelas embel-embel sepulang sekolah)

  • Non-defining Clause: My friend’s sister, who got the first rank in her school, will come to visit me today. (Adiknya temanku, yang menerima ranking pertama di sekolahnya, akan tiba mengunjungiku hari ini)


 


Sobat, demikianlah pengertian dan klarifikasi lengkap Adjective Clause. Kalian sanggup menciptakan pola Adjectve Clause versi kalian sendiri biar kalian sanggup lebih memahami mengenai bahan ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.


 


Baca Juga:


 


Adverb Clause – Pengertian, Rumus, Jenis, & Contoh Kalimatnya

Tata Cara Penulisan Angka dalam Bahasa Inggris

Contoh Soal Simple Present Tense & Kunci Jawabannya



Sumber https://www.kakakpintar.id