Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Alat Reproduksi Laki-Laki : Bab Luar Dan Dalam Beserta Fungsinya Lengkap

Konten [Tampil]

Alat Reproduksi Pria dan Fungsinya



ini yakni gosip terbaru yang bisa Anda simak beliau rtikel kali ini. Setelah membahas alat-alat dalam sistem reproduksi wanita, kali ini kita akan berguru wacana organ reproduksi insan yang membentuk sistem reproduksi laki-laki.


Karena keberhasilan fungsi reproduksi tidak hanya tergantung pada kesehatan organ reproduksi wanita, tetapi juga pada Alat Reproduksi Pria. Itu artinya, tidak hanya organ reproduksi perempuan yang harus berfungsi normal, tetapi keduanya harus sehat.


Seperti yang kita Pelajari Bersama di alat reproduksi wanita, kini kita juga akan membagi bagian-bagian organ reproduksi menjadi dua kelompok, yaitu organ reproduksi eksternal dan organ reproduksi bab dalam. Berikut ini lengkap wacana alat reproduksi pria:


Bagian luar


1. p3ns


ini yakni gosip terbaru yang bisa Anda simak beliau rtikel kali ini √ Alat Reproduksi Pria : Bagian Luar dan Dalam beserta Fungsinya Lengkap


Selain berfungsi sebagai jalan masuk keluar urine dalam sistem kemih, sistem reproduksi p3enis mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai kawasan untuk mengeluarkan air mani dan alat untuk sanggama. Namun, air mani dan air seni tidak akan keluar bersama-sama, alasannya yakni ketika 3j4kulasi (pelepasan sperma) otot-otot di kandung kemih akan menyusut untuk mencegah sperma masuk sehingga urine di dalam tidak akan keluar.


p3ns yakni organ tegak yang terdiri dari tiga tabung ereksi, sepasang corpora cavernosa dan corpora spongiosa, yang semuanya akan berakhir di kelenjar p3enis, mengelilingi tabung tertutup oleh jaringan ikat dan banyak otot polos. Ketiga tabung ini berperan dalam proses ereksi dan 3j4kulasi. p3ns juga ditutupi oleh kulit tipis dan halus dengan ujung terlipat yang disebut preputium, bab ini akan dipotong selama sunat. Selain itu, kulit p3enis juga mempunyai kelenjar keringat, kelenjar lemak, dan akar rambut.


2. Skrotum


Skrotum yakni pembungkus t3st1s. Tas ini terdiri dari lapisan subkutan, otot polos, dan lapisan kulit. Kulit di skrotum mempunyai lipatan. Hal ini memungkinkan skrotum untuk bersantai jauh dari badan dalam cuaca panas, dan menyusut akrab dengan badan selama suhu rendah. Fungsinya untuk menjaga suhu t3st1s semoga stabil sehingga spermatogenesis masih terjadi.


Bagian dalam


1. jashsdy


ini yakni gosip terbaru yang bisa Anda simak beliau rtikel kali ini √ Alat Reproduksi Pria : Bagian Luar dan Dalam beserta Fungsinya Lengkap


Jika sistem reproduksi perempuan yang memainkan tugas menghasilkan telur yakni ovarium, maka reproduksi organ reproduksi laki-laki yakni buah z4ka4r. jashsdy juga kelenjar eksokrin dan endokrin. Fungsi eksokrin, yang menghasilkan sel kelamin laki-laki, sementara fungsi endokrin, yang menghasilkan hormon.


jashsdy dibungkus dalam kapsul t3st1s yang terdiri dari lapisan mesothelium, sel otot polos, dan jaring kapiler tertanam dalam jaringan ikat. Kapsul t3st1s ini akan menimbulkan kerutan periodik. Ini berkhasiat untuk mempertahankan tekanan pada t3st1s, mengatur masuk dan keluar cairan ke kapiler, dan mendorong pelepasan sperma.


Pembentukan sperma terjadi di tubulus seminiferus. Ini yakni jalan masuk panjang yang melengkung dan ada di dalam buah z4ka4r. Dalam epitel tubular ada dua jenis sel, yaitu;


Sel Spermatogenic – Seperti namanya, sel-sel spermatogenik yakni cikal bakal sel spermatozoa. Sel-sel benih ini awalnya yakni kromosom diploid, kemudian membutuhkan sekitar 64 hari untuk membedakan dan mengalami spermatogenesis untuk mempunyai kromosom haploid. Sel spermatogonia sendiri terdiri dari 4-8 lapisan sel.


Sel Sertoli – Jumlah sel sertoli tidak sebanyak jumlah sel spermatogenik. Sel-sel ini berada di antara sel-sel spermatogonia dan bertindak sebagai sel pendukung. Ini yakni memberi makan sel spermatogenik dan menghilangkan sisa-sisa sitoplasma spermatid yang merupakan materi sisa.


Dua sel sertoli yang terletak berdekatan akan membentuk penghalang darah (blood t3st1s barrier) bersama dengan jaringan peritubular. Selain diisi oleh tubulus seminiferus, t3st1s juga diisi dengan sel interstisial yang terletak di antara tubulus seminiferus.


Sel interstitial atau sel leydig terdiri dari jaringan ikat longgar, dan diisi oleh sel fibroblast, sel mast, makrofag, pembuluh darah, limfatik, sel mesenkim, dan saraf. Fungsinya yakni memproduksi testosteron.


2. Sistem jalan masuk genital



  • Tubulus recti – Itu yakni jalan masuk lurus yang merupakan kelanjutan dari tubulus seminiferus. Tubulus recti dimulai di bab atas setiap lobulus t3st1s.

  • Rete t3st1s – Selanjutnya, tubulus rektus akan dimasukkan ke dalam t3st1s mediastinum dan bentuk menyerupai web. Struktur ini berafiliasi dengan retard t3st1s. Spermatozoa yang melewati jalan masuk ini berjalan sangat cepat. Berat jarang ditemukan dalam tata letak ini.

  • Saluran efisiensi – Kelanjutan dari retard t3st1s yakni duktus saluran. Panjang rata-rata jalan masuk ini yakni 6-8 cm dengan diameter 0,05 mm. di bab dalam jalan masuk oleh epitel silindris dan bersilia lapisan yang sanggup menjadi motil tersedia. Tujuannya yakni untuk mendorong spermatozoa menuju epididimis. Dibandingkan dengan jalan masuk lain, silia motil ini hanya sanggup ditemukan di duct eference.

  • Duktus epididimis – Setelah melalui jalan masuk efluen, spermatozoa akan berjalan melalui epididimis duktus. Saluran epididimis panjang dan melengkung dan terletak di atas t3st1s. Dengan panjang spermatozoa 5-7 meter berjalan sangat lambat. Ini yakni pemimpin yang sempurna. Di duktus epididimis terdapat otot halus yang akan membantu spermatozoa ke jalan masuk berikutnya.

  • Saluran defferensi – Setelah melewati pematangan, spermatozoa akan keluar dari skrotum dan naik ke atas melalui ductus deferens. Di ujung jalan masuk ada pelebaran yang disebut ampula ductus deferens.

  • Saluran 3j4kulasi – jalan masuk ini yakni bab dari jalan masuk genital. Saluran 3j4kulasi menembus kelenjar prostat dan memasuki jalan masuk uretra.


3. Kelenjar genital



  • Vesikula seminalis – Vesikula seminalis merupakan tonjolan duktus deferens yang masih dipakai di sini. Saluran ini mempunyai panjang sekitar 5-10 cm. Kelenjar ini menghasilkan sekresi yang mengandung globulin, fruktosa, asam askorbat, dan protein prostaglandin yang bermanfaat selama pembuahan di jalan masuk reproduksi wanita. Sekresi yang dihasilkan oleh vesikula seminalis mempunyai pH 7.3 gram yang diklasifikasikan sebagai alkalin. Cairan ini tebal dan bergabung menjadi bab dari cairan sperma yang keluar bersama sperma ketika 3j4kulasi. Meskipun ukuran ini lebih kecil dari kelenjar prostat, vesikula seminalis account untuk 60% dari komposisi semen cair.

  • Prostate Gland – Dibandingkan dengan kelenjar alternatif lainnya, kelenjar prostat. Terletak di bawah vesika urinaria. Sekresi yang diproduksi oleh kelenjar prostat basah dan putih menyerupai susu. Dalam cairan ini ada banyak asam asam-fosfatase, asam sitrat, dan juga fosfolipid. Cairan yang diproduksi oleh kelenjar prostat mencapai 30% dari total volume air mani.

  • Kelenjar Bulbo-urethralis – Kelenjar bulbus-uretra juga dikenal sebagai kelenjar cowpery. Kelenjar ini menghasilkan kacang hijau dan muda. Itu terletak di belakang pars membranacea uretra. Cairan yang dihasilkan oleh gangguan cowpery tebal, menyerupai lendir dan bening.


4. Hormon-Hormon Penting dalam Alat Kelamin Laki-Laki



  • FSH – Follicle stimulating hormone (FSH) yakni hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipositik anterior di otak. Hormon ini dipakai untuk mengatur Anrogen Bound Protein atau ABP. Selanjutnya, reseptor ABP ini akan mengikat testosteron dan memasuki tubulus seminiferus dan spokusogenesis.

  • LH – Luteinizing Hormone atau LH juga berasal dari kelenjar pituitari anterior. Fungsinya dalam sistem yakni untuk mengusut sel leydig untuk memproduksi testosteron

  • Testosteron – Mungkin di atas, hormon testosteron diproduksi oleh sel interstitial atau sel leydig antara tubulus seminiferus. Hormon ini mempunyai beberapa fungsi penting dengan merangsang pertumbuhan dan perkembangan pria, mengungkapkan dan mempertahankan ciri-ciri sec sekunder laki-laki, membuat nafsu, dan menyediakan kemampuan untuk melaksanakan korelasi secual.


Nah, itu yakni diskusi singkat wacana alat reproduksi laki-laki dan penjelasannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini. Lebih bahagia lagi apabila Anda membagikan ulasan ini.


Baca juga wacana : Dampak Globalisasi dan Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Terlengkap


Sumber aciknadzirah.blogspot.com