√ 7 Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Dan Pengertian Serta Misalnya Lengkap
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
Daftar Isi :
Penawaran merupakan keseluruhan jumlah barang yang bersedia untuk ditawarkan pada banyak sekali tingkatan harga tertentu dan waktu tertentu. Apabila harga suatu barang mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah. Begitu pula sebaliknya apabila harga yang ditawarkan menjadi turun, maka jumlah barang yang ditawarkan juga mengalami penurunan atau jumlahnya semakin sedikit.
Begitu pun dengan pembeli, mereka tidak akan hanya memperhitungkan faktor saja dalam menyusun daftar penawaran mereka. Karena tentu saja, pembeli tidak hanya memperhitungkan Faktor yang Mempengaruhi Penawaran harga saja, tapi ada beberapa hal yang juga menjadi pertimbangan bagi seorang pembeli.
Karena pada kenyataannya ada banyak sekali faktor yang mensugesti penawaran penjual, namun ketika merumuskan sebuah penawaran, cukup dengan menghubungkan harga dan jumlah barang atau jasa yang akan mereka tawarkan. Faktor lainnya menyerupai harga dianggap tidak berubah (ceteris paribus).
Sebuah produksi mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan penawaran. Karena hal-hal yang mendorong dan juga bisa menghambat acara produksi sanggup kuat terhadap jumlah sebuah penawaran.
Berikut ini faktor-faktor yang bisa memengaruhi sebuah penawaran:
1. Harga Dari Barang Itu Sendiri
Jika harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan mengalami peningkatan atau juga kenaikan. Dan sebaliknya apabilah jumlah barang yang ditawarkan mengalami penurunan maka harga yang akan ditawarkan oleh penjual pun juga akan mengalami penurunan harga. Seperti referensi misalnya. Jika harga sebuah pasta gigi meningkat dari Rp. 4.500,00 menjadi Rp. 6.000,00 maka jumlah barang yang akan ditawarkan oleh penjual pun akan mengalami peningkatan.
2. Harga Barang Pengganti
Meningkatnya harga penawaran bukan dikarenakan meningkatnya jumlah barang saja, namun juga dikarenakan oleh faktor harga barang penggangi. Jika harga barang pengganti mengalami peningkatan maka penjual pun juga akan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan. Dengan begini penjual berharap konsumen akan beralih dari barang penggantu ke barang barang lain yang ditawarkan, alasannya yakni harganya lebih rendah atau murah.
Contohnya seperti, harga kopi meningkat mengakibatkan harga barang penggantinya yaitu teh menjadi lebih rendah, sehingga penjual akan lebih banyak menjual teh dari pada kopi.
3. Biaya Produksi
Biaya produksi berkaitan dekat dengan harga penawaran barang, alasannya yakni besar kecinya biaya produksi sanggup mensugesti harga dari suatu barang. Karena biaya yang dipakai dalam proses produksi menyerupai biaya yang dipakai untuk membeli materi baku, biaya untuk menggaji pegawai atau karyawan sampai biaya untuk membeli bahan-bahan penolong dan lain sebagainya, juga mensugesti harga dari sebuah barang yang akan dijual.
Jika biaya-biaya produksi meningkat, maka harga barang yang diproduksi akan melambung tinggi. Akibatnya produsen akan mengatakan barang produksinya dalam jumlah yang lebih sedikit.
Hal ini dikarenakan produsen tidak ingin mengalami kerugian, dan sebaliknya jikalau biaya produksi turun maka produsen akan meningkatkan jumlah produksinya. Dengan begitu penawaran terhadap barang yang dihasilkan pun akan meningkat.
4. Kemajuan Teknologi
Tidak banyak yang mengetahui apabila kemajuan teknologi juga sangat kuat terhadap besar atau kecilnya harga barang yang ditawarkan. Kemunculan teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang atau pun jasa.
Dengan penggunaan mesin-mesin modern bisa menurunkan biaya produksi dan sanggup memudahkan produsen dalam menjual barang dengan jumlah yang lebih banyak.
Contohnya seperti, untuk menghasilkan 1kg gula pasir biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan Gula Manis sebesar Rp. 7.000,00. Harga jualnya menjadi sebesar Rp. 9.500,00/kg. Namun dengan pinjaman mesin yang lebih modern, perusahaan bisa menekan biaya produksi sampai hanya menjadi Rp. 2.000,00/kg. Dengan harga jual sama saja, perusahaan bisa memproduksi lebih banyak gula dalam waktu singkat dan menjualnya. Sehingga keuntungan yang diperoleh bisa lebih banyak.
Di dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menumbulkan dua efek, yaitu produksi sanggup ditambah dengan lebih cepat dan biaya produksi semakin murah. Dengan begitu keuntungan menjadi bertambah tinggi.
5. Pajak
Sama halnya dengan biaya produksi, pajak juga menjadi salah satu faktor yang sanggup mensugesti harga penawaran terhadap suatu produk. Karena pemerintah sendiri telah menetapkan nilai pajak yang untuk suatu produk sehingga apabila pajak dari suatu barang tersebut menjadi tinggi sanggup menjadikan berkurangnya seruan dan penawaran pun juga akan berkurang.
6. Perkiraan Harga di Masa Depan
Perkiraan harga di masa depan juga sangat mensugesti besar atau kecilnya jumlah penawaran. Jika perusahaan memperkirakan harga barang atau jasa menjadi naik, sementara penghasilan masyarakat tidak mengalami perubahan, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang nantinya akan ditawarkan.
Contohnya, menyerupai pada dikala krisis ekonomi melanda, harga-gara barang dan jasa akan meningkat naik sementara penghasilan masyarakat rekatif tetap. Sehingga menjadikan perusahaan akan mengurangi jumlah produksi barang dan jasa alasannya yakni takut tidak laris dan menciptakan perusahaan menjadi gulung tikar.
7. Bencana Alam
Jika berlangsung musibah terhadap suatu area penghasil suatu produk. Maka bisa dipastikan bahwa kuantitas mengolah barang berikut akan mengalami penurunan dan pengaruhi tingkat penawarannya.
Demikianlah ulasan yang bisa saya bahas di artikel kali ini wacana Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran ini. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Terima kasih sudah membaca ulasan ini.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com