Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 16 Pengertian Agribisnis Berdasarkan Para Hebat (Pembahasan Lengkap)

Konten [Tampil]

16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana Agribisnis. Penjelasan yang berdasarkan pendapat para jago dirangkum dengan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)


Mari kita bahas pengertian agribisnis dengan secama.


Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli


Agribisnis diserap berasal dari Bahasa Inggris Agribusiness, Agri yang artinya pertanian dan Business artinya perjuangan atau kegiatan yang berorientasi keuntungan/profi. Secara umum agribisnis yakni perjuangan atau kegiatan yang bekerjasama dengan pertanian dengan orientasinya profit. Dengan kata lain, agribisnis merupakan cara pandang ekonomi bagi perjuangan penyediaan pangan. Objek agribisnis sanggup berupa tumbuhan, hewan, ataupun organisme lannya.




  1. Austin


    Pengertian Agribisnis berdasarkan Austin yakni kesatuan kegiatan perjuangan yang meliputi kegiatan perjuangan tani, pengolahan materi makanan, perjuangan sarana dan prasarana produksi pertanian, transportasi, perdagangan, kestabilan pangan dan kegiatan-kegiatan lainnya termasuk distribusi materi pangan dan serat-seratan kepada konsumen.



  2. Wibowo dkk (1994)


    Pengertian Agribisnis berdasarkan Wibowo dkk yakni mengacu kepada semua acara mulai dari pengadaan, prosesing, penyaluran hingga pada pemasaran produk yang dihasilkan oleh suatu perjuangan tani atau agroindustri yang saling terkait satu sama lain. Dengan demikian agribisnis sanggup dipandang sebagai suatu sistem pertanian yang mempunyai beberapa komponen sub sistem yaitu, sub sistem perjuangan tani yang memproduksi materi baku; sub sistem pengolahan hasil pertaniam dan sub sistem pemasaran hasil  pertanian.



  3. Sjarkowi dan Sufri (2004)


    Pengertian Agribisnis berdasarkan Sjarkowi dan Sufri yakni setiap perjuangan yang berkaitan dengan kegiatan produksi pertanian, yang meliputi pengusahaan input pertanian dan atau pengusahaan produksi itu sendiri ataupun juga pengusahaan pengelolaan hasil pertanian. Dengan kata lain agribisnis yakni cara pandang ekonomi bagi perjuangan penyediaan pangan.



  4. Soekartawi (1993)


    Pengertian Agribisnis berdasarkan Soekartawi yakni agribisnis berasal dari kata agri dan bisnis. Agri asalnya dari bahasa Inggris (agricultural/pertanian). Bisnis berarti perjuangan komersial dalam dunia perdagangan. Agribisnis yakni kesatuan kegiatan perjuangan yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil dan pemasaran produk-produk yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas



  5. Arsyad dkk


    Pengertian Agribisnis berdasarkan Arsyad yakni kesatuan kegiatan perjuangan yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil dan pemasaran produk-produk yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas.



  6. Drillon


    Pengertian Agribisnis berdasarkan Drillon yakni sejumlah total dari seluruh kegiatan yang menyangkut manufaktur dan distribusi dari sarana produksi pertanian, kegiatan yang dilakukan perjuangan tani, serta penyimpanan, pengolahan dan distribusi dari produk pertanian dan produk-produk lain yang dihasilkan dari produk pertanian.



  7. Cramer dan Jensen


    Pengertian Agribisnis berdasarkan Cramer dan Jensen yakni suatu kegiatan yang sangat kompleks, meliputi industri pertanian, industri pemasaran hasil pertanian dan hasil olahan produk pertanian, industri manufaktur dan distribusi bagi materi pangan dan serat-seratan kepada pengguna/ konsumen.



  8. John H. Davis dan Ray A. Goldberd (1957)


    Pengertian Agribisnis berdasarkan John H. Davis dan Ray A. Goldberd yakni The sum total of all operations involced in the manufacture and distribution of farm supplies; production operations on the farm; and the storage, processing, and distribution of farm commodities and items made from them.


     Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli  √ 16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)



  9. Downey dan Erickson (1987) dalam saragih (1998)


    Pengertian Agribisnis berdasarkan Downey dan Erickson yakni kegiatan yang bekerjasama dengan penanganan komoditi pertanian dalam arti luas, yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan masukan dan keluaran produksi (agroindustri), pemasaran masukan-keluaran pertanian dan kelembagaan penunjang kegiatan.



  10. E. Paul Roy


    Pengertian Agribisnis berdasarkan E. Paul Roy yakni sebagai suatu proses koordinasi aneka macam sub-sistem.



  11. Wikipedia


    Pengertian Agribisnis berdasarkan Wikipedia yakni bisnis berbasis perjuangan pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir.



  12. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


    Pengertian Agribisnis/Agrobisnis berdasarkan KBBI yakni perjuangan yang bekerjasama dengan (tanah) pertanian.



  13. Soehardjo (1997)


    Pengertian Agribisnis berdasarkan Soehardjo yakni sebuah sistem yang terdiri atas beberapa subsistem. Sistem tersebut akan berfungsi baik apabila tidak ada gangguan pada salah satu subsistem.



  14. Hadi (1992)


    Pengertian Agribisnis berdasarkan Hadi yakni suatu rangkaian kegiatan yang terdiri dari emapat subsistem yang saling mempengaruhi yaitu subsistem penyediaan input pertanian, subsistem produksi pertanian, subsistem pengolahan hasil dan subsistem pemasaran hasil pertanian yang selurh kinerjanya dipengaruhi oleh koordinator agribisnis.



  15. Sutawi (2002)


    Pengertian Agribisnis berdasarkan Sutawi membagi menjadi tiga yaitu:



    • Agribisnis yakni suatu kesatuan kegiatan perjuangan yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil, dan pemasaran yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas, yaitu kegiatan perjuangan yang menunjang kegiatan pertanian dan kegiatan perjuangan yang ditunjang oleh kegiatan-kegiatan pertanian.

    • Agribisnis yakni sebuah sistem kegiatan yang meliputi tiga komponen, the farm input sector, the farming sector, dan the procut marketing sector

    • Agribisnis yakni keseluruhan dan kesatuan dari seluruh organisasi dan kegiatan mulai dari produksi dan distribusi sarana produksi, kegiatan produksi pertanian di lahan pertanian hingga dengan pengumpulan, penyimpanan, pengolahan dan turun hingga distribusi hasil selesai dari pengolahan tersebut ke konsumen.




  16. Drilon Jr.


    Menurut Drilon Jr. dalam Saragih (1998), Agribisnis yakni mega sektor yang meliputi “… the sum total of operations involved in the manufacture and distribution of farm supplies, production activities on the farm, storage, processing and distribution of farm commodities and items for them …”



Demikianlah telah dijelaskan wacana 16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), agar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id