Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Sarana Dan Prasarana Serta Misalnya Di Sekitar Kita

Konten [Tampil]

Memahami pengertian sarana dan prasarana secara umum serta lebih jelas. Pernahkah kita memakai seperangkat alat untuk mempermudah kita dalam melaksanakan pekerjaan atau kegiatan? Ketahuilah seperangkat alat itu sanggup disebut dengan sarana dan prasarana. Bagi kau yang belum mengetahui maksud dari istilah “sarana dan prasarana” maka kau sanggup memahaminya di goresan pena kali ini.


A. Definisi Sarana Dan Prasarana


Secara umum yang dimaksud sarana dan prasarana ialah seperangkat alat yang dipakai untuk suatu kegiatan, alat tersebut sanggup berupa alat utama atau alat yang membantu proses kegiatan, sehingga tujuan dari aktivitas tersebut sanggup tercapai. Sebenarnya sarana dan prasarana bukan hanya mencakup seperangkat alat atau barang saja, tapi sanggup juga suatu daerah atau ruangan untuk proses kegiatan.


Dalam pengadaannya sarana dan prasarana  bisa dengan cara membeli, membuatnya sendiri, maupun mendapatkan dukungan orang lain. Tentunya dalam penggunaan sarana dan prasarana ialah untuk memanfaatkan segala jenis alat atau barang yang sesuai dengan keperluan. Dalam penggunaannya tentu harus mempertimbangkan beberapa hal, menyerupai tujuan yang ingin dicapai dengan memakai sarana dan prasarana tersebut., karakteristik penggunanya, sampai adanya sarana dan prasarana yang menjadi penunjang.


 Pernahkah kita memakai seperangkat alat untuk mempermudah kita dalam melaksanakan pekerj √ Pengertian Sarana Dan Prasarana Serta Contohnya Di Sekitar Kita

Apa itu sarana & prasarana?


B. Contoh Sarana Dan Prasarana 


Berikut ini beberapa pola sarana dan prasarana di sekitar kita, menyerupai yang terdapat di sekolah dan di kantor:


a. Di Sekolah


Beberapa sarana dan prasarana yang sanggup membantu proses mencar ilmu mengajar di sekolah, diantaranya seperti:



  • Ruang kelas. Berguna untuk prosses mencar ilmu dan mengajar.

  • Berguna untuk menyimpan dan membaca buku-buku materi mata pelajaran.

  • Fasilitas olah raga. Berguna untuk berolah raga bagi para siswa dan guru. Contohnya menyerupai bola voli, bola sepak, bola basket, dan lapangan daerah berolahraga.

  • Ruang praktek. Berguna untuk siswa melaksanakan praktek mata pelajaran, contohnya laboratorium kimia maupun fisika, dan ruang praktek komputer.

  • Berguna sebagai daerah beribadah bagi para siswa dan guru yang muslim.


b. Di Kantor


Beberapa sarana dan prasarana yang dipakai untuk membantu proses pekerjaan di kantor, diantaranya seperti:



  • Peralatan mesin. Merupakan peralatan yang membantu proses menuntaskan pekerjaan di kantor, contohnya alat tersebut dipakai untuk mencatat, merekam, dan mengolah data-data. Contohnya komputer, mesin foto copy, printer, scaner, proyektor, mesin ketik, dll.

  • Perabotan kantor. Peralatan yang membantu dalam pelaksanaan proses pekerjaan di kantor. Contohnya meja, kursi, dan papan tulis.

  • Peralatan atau perlengkapan lainnya. Merupakan materi atau perlengkapan lain yang sanggup menghasilkan sesuatu dari proses pekerjaan yang dilakukan. Contohnya kertas, dan buku untuk mencatat data-data. (Baca juga: Ringkasan pengertian kantor dan fungsinya secara umum).


C. Cara Pemeliharaan Sekaligus Penyimpanan Sarana dan Prasarana


a. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana


Manfaat dari pemeliharaan sarana dan prasarana diantaranya: 1) supaya abadi sehingga jarang terjadi kerusakan, 2) supaya tidak simpel kedaluwarsa atau kadaluarsa, 3) dan supaya tidak simpel susut. Pemeliharaan tersebut sanggup dilakukan dengan banyak sekali macam cara, seperti:



  • Pemiliharaan yang menurut jangka waktu tertentu, contohnya membersihkan dan melaksanakan pengecekan peralatan seminggu sekali.

  • Pemeliharaan yang dilakukan setiap hari, contohnya membersihkan lantai, meja, atau brang lainnya.

  • Pemeliharaan menurut jenis barangnya, misal barang bergerak dan barang tidak bergerak, pastinya akan berbeda cara pemeliharaannya.


b. Penyimpanan Sarana dan Prasarana


Tujuan dari penyimpanan sarana dan prasarana diantaranya: 1). supaya tidak simpel hilang alasannya ialah lupa menyimpan, 2). supaya barang tersimpan secara rapi dan simpel di temukan dikala akan di gunakan kembali, 3). dan tentunya supaya barang tidak simpel rusak. Cara untuk menyimpannya sanggup dilakukan dengan banyak sekali macam cara, seperti:



  • Barang disimpan menurut jenisnya (seperti menurut beratnya, merknya, jangka waktu penyimpanannya, dan jenis bahannya)

  • Simpan barang dalam keadaan bersih.

  • Simpan di daerah yang cukup udara dan ruangan yang memadai.

  • Barang yang penting atau berharga tinggi, sebaiknya simpan di daerah yang sanggup terkunci.

  • Barang yang sering dipakai sebaiknya simpan ditempat yang simpel di ambil.

  • Hindari barang tertentu dari sinar matahari.


Demikian goresan pena yang membahas wacana pengertian sarana dan prasarana, agar pembahasan ini sanggup menunjukkan manfaat bagi para pembaca sekalian dan kalau ada kesalahan mohon dimaafkan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com