Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pembahasan Adverb Of Degree, Manner, Frequency

Konten [Tampil]

Pembahasan Adverb of Degree, Manner, & Frequency – Adverb, atau yang dalam Bahasa Indonesia biasa disebut dengan ‘kata keterangan’, merupakan salah astu jenis kata dalam Bahasa Inggris. Kata keterangan (adverb) terdiri dari beberapa jenis. Berikut yakni pembahasan mengenai Adverb of Degree, Manner, and Frequency.


 


Pengertian Adverb


 


Adverb  atau kata keterangan yakni kata ynag menjelaskan tempat, waktu, atau cara suatu kegiatan, atau insiden tersebut terjadi, misalnya: here, now, softly, loudly, beautifully, tomorrow, again, twice, dan never. Jika kata sifat berfungsi untuk menjelaskan kata benda. Kata keterangan berfungsi untuk menerangan kata sifat, kata kerja, dan kata keterangan lain.


 


Jenis dan Posisi Adverb


 


Terdapat empat jenis kata keterangan (adverb), yaitu adverb of manner, adverb of place, adverb of time, dan adverb of frequency.


 



  1. Adverb of Manner (kata keterangan cara)


 


Adverb of manner (kata keterangan cara) ini diletakkan di belakang objek kalimat atau di belakang kata kerja kalau kalimat tidak mempunyai objek. Adverb of manner ini terdiri dari: slowly, carefully, awfully, dan sebagainya.


 


Contoh:



  • He is driving a truck (Dia mengendarai sebuah truk dengan hati – hati)

  • He is driving (Dia mengendara dengan hati – hati)


 



  1. Adverb of Place (kata keterangan tempat)


 


Adverb of place (kata keterangan tempat) ini diletakkan di belakang objek atau kata kerja kalimat. Adverb of place ini misalnya: there, here, behind, above, beside, dan lain sebagainya.


 


Contoh:



  • My sister has been living here since two years ago. (Adik wanita aku telah tinggal di sini semenjak dua tahun yang lalu)

  • I was looking for my school books in my locker but I did not find one of them there. (Saya mencari buku sekolah aku di loker aku tetapi aku tidak menemukan satu buku sekolah pun di sana)


 



  1. Adverb of Time (kata keterangan waktu)


 


Adverb of time (kata keterangan waktu) ini diletakkan di awal atau di selesai kalimat. Adverb of time ini contohnya yaitu: today, recently, now, tomorrow, this month, next year, yesterday two weeks ago, dan lain sebagainya.


 


Contoh:



  • Today, I will have one of very important events in my life. It is a graduation day. (Hari ini, aku akan mengalami satu dari beberapa kejadian penting dalam hidup saya. Itu yakni hari kelulusan)

  • Don’t go anywhere, Tessie. I will pick you up at the train station right now. (Jangan pergi kemana – mana, Tessie. Saya akan menjemputmu di stasiun kereta api kini juga)


 



  1. Adverb of Frequency (kata keterangan frekuensi)


 


Adverb of frequency (kata keterangan frekuensi) contohnya yaitu: always, seldom, never, usually, dan lain sebagainya. Adverb of frequency dibedakan menjadi definite dan indefinite Adverb of Frequency.


 


Definite Adverb of Frequency merupakan kata keterangan frekuensi yang diletakkan di selesai kalimat.


 


Contoh:



  • My best friend’s boyfriend visits her only twice in a week. (Pacarnya sobat baik aku mengunjunginya hanya dua kali dalam seminggu)

  • My family and I go to swim in the swimming pool every Sunday morning. (Keluarga aku dan aku pergi berenang ke bak renang setiap hari Minggu pagi)


 
style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-9290406911233137"
data-ad-slot="2698768695">


Indefinite Adverb of Frequency merupakan kata keterangan frekuensi yang diletakkan sesudah subjek kalimat.


 


Contoh:



  • I seldom watch movies lately since I entered the university. (Saya jarang menonton film selesai – selesai ini semenjak aku masuk universitas)

  • My sister usually wakes up in the mid of the night just to drink water. (Adik wanita aku biasanya bangkit di tengah malam hanya untuk minum air)


 


Indefinite Adverb of Frequency (kata keterangan frekuensi) ini juga sanggup diletakkan sesudah modal atau kata kerja bantu.


 


Contoh:



  • I will always care about you even though you will never know about it. (Saya akan selalu peduli kepadamu meskipun kau tidak akan pernah tahu akan hal itu)

  • My mom will often come to my little brother’s school to check his development in learning at school. (Ibu aku akan sering tiba ke sekolah adik kecil aku untuk mengecek perkembangan belajarnya di sekolah)


 


Note:


Jika adverb of manner, adverb of place, dan adverb of time terdapat bersamaan dalam satu kalimat, maka susunannya adalah:


 


 


MPT (Manner, Place, Time)


 


 


Contoh:


 



  • My schoolmate dressed elegantly in the wedding party two weeks ago. (Teman sekolah aku berpakaian dengan elegannya di pesta ijab kabul dua ahad yang lalu)

  • My friends and I walk slowly to our classroom from the school canteen at the breaktime in the afternoon. (Teman aku dan aku berjalan dengan pelan ke kelas kami dari kantin sekolah pada dikala jam istirahat di siang hari)

  • Indah does her school assignments with her friends happily in her room in the evening. (Indah mengerjakan kiprah sekolahnya dengan sobat – temannya dengan perasaan bahagia di kamarnya pada sore hari)


 


Demikianlah pembahasan mengenai Adverb of Degree, Manner, and Probability.semoga bermanfaat dan sanggup membantu kalian menguasai Bahasa Inggris dengan lebih baik lagi. Terima kasih.


 


Baca Juga:


 


Definisi Comparative & Superlative Adverbs Serta Penjelasan Detail

Definisi Phrase & Clause dalam Bahasa Inggris serta Contohnya

Penjelasan Auxiliary Verbs – ‘Can/Could,’ ‘May/Might/Must’



Sumber https://www.kakakpintar.id