Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Lebih Singkat Pengertian Litosfer Dan Susunannya

Konten [Tampil]

Pahami pengertian litosfer dan susunannya secara singkat. Bumi yang kita tinggali ini terdiri/tersusun dari beberapa lapisan, mulai dari lapisan inti, pengantara, dan litosfer. Lalu pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bab litosfer atau lapisan terluar dari bumi, serta secara singkat menjelaskan juga lapisan bumi lainnya. Jika kau ingin memahaminya baca saja klarifikasi dibawah ini.


A. Apakah Definisi Litosfer ?


Yang dimaksud Litosfer yaitu kulit bumi bab luar dan berupa batuan yang padat. Kata litosfer sendiri berasal dari dua kata yaitu “Litos” dan “sphere”. Litos artinya Batu, sedangankan Sphere artinya Padat. Litosfer terdiri dari lempengan-lempengan keras dan lempengan ini bergerak atau bergeser di atas lapisan bumi yang lebih lunak (Lapisan Pengantara/Asthenosfer), sehingga sering terjadi pergeseran benua. Litosfer mempunyai ketebalan sekitar 1200 km.


B. Struktur Lapisan Bumi


Supaya lebih terang mari kita pahami juga semua struktur atau susunan bumi, diantaranya terdiri dari:


1. Lapisan Barisfer/Inti


Merupakan lapisan inti atau disebut juga inti bumi, merupakan bahan-bahan padat tersusun dari nikel dan besi. Lapisan ini mempunyai jari-jari sekitar 3470 km dan batas luarnya kurang lebih sekitar 2900 km dibawah permukaan bumi.


2. Lapisan Pengantara/Asthenosfer


Lapisan pengantara mempunyai tebal sekitar 1700 Km. Lapisan Pengantara letaknya sesudah lapisan inti dan mempunyai berat jenis rata-rata 5 gr/cm3. Lapisan ini disebut juga dengan asthenosfer, dan berupa materi cair yang mempunyai suhu sangat tinggi dan juga berpijar.


Pahami pengertian litosfer dan susunannya secara singkat √ Lebih Singkat Pengertian Litosfer Dan Susunannya

Struktur/susunan lapisan bumi.


3. Lapisan Litosfer


Lapisan litosfer letaknya di atas lapisan Pengantara atau sanggup dikatakan lapisan bumi paling luar, mempunyai ketebalan kurang lebih 1200 km, dan mempunyai berat jenis rata-rata 2,8 gr/cm3. Lapisan ini mempunyai 2 bagian, diantaranya:


a. Lapisan Sial


Merupakan lapisan yang terdiri dari logam silisium dan logam almunium, dalam bentuk senyawa SiO2 dan Al2O3. Pada lapisan ini terdapat jenis-jenis batuan menyerupai batuan andesit, metamorf, sedimen, granit, dan batuan lainnya. Lapisan ini sifatnya padat dan juga kaku, Pada lapisan sial kerikil yang bertebaran mempunyai ketebalan sekitar 35 km. Lapisan sial sering disebut juga sebagai kerak bumi alasannya berada paling atas. Kerak bumi tidaklah mempunyai ketebalan yang sama, pada kerak samudra yang berada di dasar samudera mempunyai ketebalan sekitar 50-100 km, dan Kerak benua mempunyai ketebalan 40-200 km.


b. Lapisan Sima


Merupakan lapisan yang terdiri dari logam-logam silsium dan juga magnesium, dalam bentuk senyawa SiO2 dan MgO. Pada lapisan ini terdapat besi dan magnesium yaitu mineral ferro magnesium dan juga batuan basalt, dengan ketebalan sekitar 65 km. Tentunya lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih berat daripada lapisan sial alasannya mengandung besi dan magnesium.


Baca juga: Pengertian atmosfer dan lapisannya lebih jelas.


C. Kesimpulan


Dari pembahasan di atas maka sanggup diambil kesimpulan bahwa Litosfer yaitu kulit bumi bab luar dan berupa batuan yang padat. Litosfer terdiri dari lempengan-lempengan keras dan lempengan ini bergerak atau bergeser di atas lapisan bumi yang lebih lunak, sehingga sering terjadi pergeseran benua. Litosfer mempunyai dua bab yaitu lapisan sial dan lapisan sima.


Demikian klarifikasi wacana pengertian litosfer yang dilengkapi juga dengan lapisan-lapisan yang menyusun bumi lainnya. Semoga goresan pena ini sanggup bermanfaat dan sanggup di pahami. Akhir kata… kami ucapkan terimakasih dikarenakan telah membacanya dan kalau ada kesalahan mohon di maafkan saja, sekian dan terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com