√ Download Juknis Aliran Ksm Tahun 2018
Konten [Tampil]
JUKNIS KSM Tahun 2018
LATAR BELAKANG
Lahirnya konsep integrasi dilatari oleh dikotomi antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum. Keduanya terpisahkan dan seolah berjalan pada daerahnya masing-masing. Hal ini juga dipicu oleh separasi antara sistem pendidikan Islam dan sistem pendidikan modern yang berdampak laten bagi umat Islam. Asumsi yang berkembang yakni “ilmu tidak peduli dengan agama, begitupun (sebaliknya) agama abai terhadap ilmu”. Al-Qur’an dan al-sunnah bersama-sama tidak membedakan antara ilmu agama Islam dengan ilmu-ilmu umum. Al-Qur’an hanya mengenal ilmu. Pembagian adanya ilmu agama Islam dan ilmu umum yakni merupakan hasil kesimpulan insan yang mengidentifikasi ilmu menurut sumber objek kajiannya. Secara ontologi (objek atau materi) dalam Al-Qur’an tidak mengenal pembedaan ilmu pengetahuan. Secara epistemologi (metodologi), Al-Qur’an mempunyai epistemologi yang berbeda dengan epistemologi barat dalam pengembangan ilmu pengetahuan.Epistemologi ilmu dalam pandangan Al-Qur’an juga mengharuskan integrasi kesucian batin bukan hanya dengan memakai panca indera, logika dan hati saja (seperti yang dilakukan epistemologi barat). Secara aksiologi, ilmu agama maupun ilmu sains sebagai milik Allah SWT dan harus diabadikan dalam rangka beribadah kepada-Nya. Kajian perihal integrasi Islam di Indonesia mengemuka berbarengan dengan beralihnya status beberapa IAIN menuju UIN. Integrasi keIslaman sebagai keniscayaan sebagai pembeda kampus umum dan kampus keagamaan terutama Islam. Kajian Integrasi sains dan Islam sudah banyak dilakukan oleh banyak pemikir Islam yang ada di Indonesia menyerupai Fahmi Basya, Abdussakir, Amin Abdullah, dll. Banyak teori yang ditawarkan dari setiap pemikir-pemikir tersebut. Integrasi sains dan Islam tidak cukup sekedar diwacanakan, maka Integrasi yang ditawarkan dalam penyusunan soal KSM yang terintegrasi dengan Islam meliputi: a) Soal sains yang terintegrasi dengan keIslaman dengan menggali konsep-konsep sains yang nantinya akan dituangkan dalam soal yang ada dalam Al Qur’an b) Soal sains dengan menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya yang dihubungkan dengan sains ini dimaksudkan semoga siswa tetap mengkaji konsep keIslaman dengan sains yang holistik c) Soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap mensejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains di luarsana.
Dalam konteks ini, melalui Kompetisi Sains Madrasah (KSM) diperlukan bisa memupuk motivasi siswa untuk terus menyayangi dan garang mempelajari integrasi keilmuan sains dan ilmu-ilmu keislaman.
TUJUAN
- Menyediakan wahana bagi siswa Madrasah/sekolah untuk membuatkan talenta dan minat di bidang sains sehingga sanggup menumbuhkan dan menyayangi sains bagi siswa madrasah/sekolah.
- Memotivasi siswa madrasah/sekolah semoga selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual menurut nilai-nilai agama.
- Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa Madrasah/sekolah.
- Memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah/sekolah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi.
BIDANG YANG DILOMBAKAN
MI MTS MAMatematika Terintegrasi Matematika Terintegrasi Matematika Terintegrasi
Sains IPA Terintegrasi IPA Terpadu Terintegrasi Biologi Terintegrasi
IPS Terpadu Terintegrasi Fisika Terintegrasi
Kimia Terintegrasi
Ekonomi Terintegrasi
Geografi Terintegrasi
KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN
- Peserta KSM Satuan Pendidikan yakni siswa terbaik di tiap madrasah/sekolah yang dijaring melalui salah satu dua cara:
- Penunjukan pribadi oleh guru menurut hasil prestasi akademik selama proses pembelajaran di madrasah/sekolah;
- Pelaksanaan seleksi khusus untuk menunjukkan kesempatan kepada semua siswa yang memenuhi persyaratan mengikuti KSM Kabupaten/Kota;
- Dalam madrasah/sekolah menyelenggarakan seleksi khusus KSM Satuan Pendidikan, penyiapan soal seleksi dan evaluasi menjadi tanggung jawab madrasah/sekolah yang bersangkutan;
- Hasil seleksi KSM Satuan Pendidikan diumumkan di Papan Pengumuman Madrasah/Sekolah atau di Website Madrasah;
- Siswa terbaik per bidang studi akan mewakili madrasahnya untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya di tingkat Kabupaten/Kota;
- Kepala Madrasah/Sekolah sanggup mengirimkan lebih dari 1 (satu) siswa terbaik per bidang studi menurut kebijakan yang ditetapkan oleh Komite KSM Kabupaten/Kota dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran;
- Pembiayaan acara KSM Satuan Pendidikan sanggup dibebankan pada anggaran BOS dari madrasah yang bersangkutan atau sumber lain yang sah.
TATA CARA PENDAFTARAN
- Pihak Madrasah/Sekolah memasukkan NPSN Madrasah/Sekolah;
- Pihak Madrasah/Sekolah mengisi profil dan mengupload SK Kepala Sekolah/Akreditasi/Pendirian Madrasah/Sekolah;
- Pihak Madrasah/Sekolah mendapat login sehabis disetujui oleh Komite KSM;
- Pihak Madrasah/Sekolah sanggup login dan mendaftarkan siswanya pada KSM Tingkat Kabupaten/Kota.
Baca juga :
- SOAL & PEMBAHASAN KSM MI ( MATEMATIKA | SAINS IPA )
- SOAL & PEMBAHASAN KSM MTs ( MATEMATIKA | BIOLOGI | FISIKA )
- SOAL & PEMBAHASAN KSM MA ( MATEMATIKA | FISIKA | KIMIA | BIOLOGI | EKONOMI | GEOGRAFI )
DOWNLOAD JUKNIS PEDOMAN KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) TAHUN 2018
Anda bisa mend0wnl0adnya di link ini : DOWNLOAD
Demikian Artikel perihal : Download Juknis Pedoman KSM Tahun 2018.
Sumber http://www.tomatalikuang.com