Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Download Soal Dan Pembahasan Ksm Mi Matematika Tahun 2018

Konten [Tampil]
Dibawah ini adalah d0wnl0ad soal tanggapan pembahasan ksm mi bidang matematika tahun 2018

KSM MI Matematika Tahun 2018

LATAR BELAKANG KSM

Lahirnya konsep integrasi dilatari oleh dikotomi antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum. Keduanya terpisahkan dan seolah berjalan pada daerahnya masing-masing. Hal ini juga dipicu oleh separasi antara sistem pendidikan Islam dan sistem pendidikan modern yang berdampak laten bagi umat Islam. Asumsi yang berkembang yaitu “ilmu tidak peduli dengan agama, begitupun (sebaliknya) agama abai terhadap ilmu”. Al-Qur’an dan al-sunnah sebenarnya tidak membedakan antara ilmu agama Islam dengan ilmu-ilmu umum. Al-Qur’an hanya mengenal ilmu. Pembagian adanya ilmu agama Islam dan ilmu umum yaitu merupakan hasil kesimpulan insan yang mengidentifikasi ilmu menurut sumber objek kajiannya. Secara ontologi (objek atau materi) dalam Al-Qur’an tidak mengenal pembedaan ilmu pengetahuan. Secara epistemologi (metodologi), Al-Qur’an mempunyai epistemologi yang berbeda dengan epistemologi barat dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

d0wnl0ad soal tanggapan pembahasan ksm mi bidang matematika tahun  √ Download Soal dan Pembahasan KSM MI Matematika Tahun 2018
Epistemologi ilmu dalam pandangan Al-Qur’an juga mengharuskan integrasi kesucian batin bukan hanya dengan memakai panca indera, nalar dan hati saja (seperti yang dilakukan epistemologi barat). Secara aksiologi, ilmu agama maupun ilmu sains sebagai milik Allah SWT dan harus diabadikan dalam rangka beribadah kepada-Nya. Kajian wacana integrasi Islam di Indonesia mengemuka berbarengan dengan beralihnya status beberapa IAIN menuju UIN. Integrasi keIslaman sebagai keniscayaan sebagai pembeda kampus umum dan kampus keagamaan terutama Islam. Kajian Integrasi sains dan Islam sudah banyak dilakukan oleh banyak pemikir Islam yang ada di Indonesia ibarat Fahmi Basya, Abdussakir, Amin Abdullah, dll. Banyak teori yang ditawarkan dari setiap pemikir-pemikir tersebut. Integrasi sains dan Islam tidak cukup sekedar diwacanakan, maka Integrasi yang ditawarkan dalam penyusunan soal KSM yang terintegrasi dengan Islam meliputi: a) Soal sains yang terintegrasi dengan keIslaman dengan menggali konsep-konsep sains yang nantinya akan dituangkan dalam soal yang ada dalam Al Qur’an b) Soal sains dengan menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya yang dihubungkan dengan sains ini dimaksudkan semoga siswa tetap mengkaji konsep keIslaman dengan sains yang holistik c) Soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap mensejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains di luarsana.

Dalam konteks ini, melalui Kompetisi Sains Madrasah (KSM) diperlukan bisa memupuk motivasi siswa untuk terus menyayangi dan bernafsu mempelajari integrasi keilmuan sains dan ilmu-ilmu keislaman.

TUJUAN KSM

  • Menyediakan wahana bagi siswa Madrasah/sekolah untuk menyebarkan talenta dan minat di bidang sains sehingga sanggup menumbuhkan dan menyayangi sains bagi siswa madrasah/sekolah.
  • Memotivasi siswa madrasah/sekolah semoga selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual menurut nilai-nilai agama.
  • Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa Madrasah/sekolah.
  • Memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah/sekolah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi.

BIDANG YANG DILOMBAKAN KSM MI

Bidang yang dilombakan untuk jenjang madrasah ibtidaiyah (mi) adalah

  1. Matematika
  2. Sains IPA

Dibawah ini adalah soal dan pembahasan ksm mi bidang matematika tahun 2018.

Baca juga : Soal dan Pembahasan KSM MI Matematika Setia Tahun 

SOAL DAN PEMBAHASAN KSM MATEMATIKA MI TAHUN 2018

Soal dan Pembahasan KSM MI Bidang Matematika Tahun 2018 Tingkat Kabupaten/Kota

  • Soal KSM Matematika MI 2018 Tingkat Kabupaten/Kota | DOWNLOAD
  • Pembahasan Soal KSM Matematika MI 2018 Tingkat Kabupaten/Kota | DOWNLOAD

Soal dan Pembahasan KSM MI Bidang Matematika Tahun 2018 Tingkat Provinsi

  • Soal KSM Matematika MI 2018 Tingkat Provinsi | DOWNLOAD
  • Pembahasan Soal KSM Matematika MI 2018 Tingkat Provinsi | DOWNLOAD

Soal dan Pembahasan KSM MI Bidang Matematika Tahun 2018 Tingkat Provinsi

  • Soal KSM Matematika MI 2018 Tingkat Nasional | DOWNLOAD
  • Pembahasan Soal KSM Matematika MI 2018 Tingkat Nasional | DOWNLOAD
Demikian Download Soal dan Pembahasan KSM MI Matematika Tahun 2018.

Sumber http://www.tomatalikuang.com