Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Reaksi Kimia Fotosintesis : Pengertian Dan Jenis Reaksi Kimia Lengkap

Konten [Tampil]

Reaksi Kimia Fotosintesis dan Jenis-jenis Reaksi Kimia



Fontosintesis yakni salah satu referensi dari sebuah reaksi kimia yang ada di dalam kehidupan sehari-hari yang ada di bidang ilmu pengetahuan. Apa sih, fontosintesis itu? Lalu bagaimanakah reaksi kimia terhadap fontosintesis?


Fontosintesis yakni salah satu referensi dari sebuah reaksi kimia yang ada di dalam kehidupa √ Reaksi Kimia Fotosintesis : Pengertian dan Jenis Reaksi Kimia Lengkap


Karena artikel kali ini akan membahas mengenai proses reaksi kimia fontosintesis yang juga akan dilengkapi dengan jenis-jenis reaksi kimianya. Untuk lebih jelasnya terus simak pembahasan di bawah ini.


Pengertian Fotosintesis


Sebelum itu, mari kita bahas apa itu fontosintesis. Jika berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, fontosintesis sendiri mempunyai sebuah arti, yaitu energy cahaya matahari {cahaya matahari buatan) yang dilakukan oleh flora daun hijau maupun basil untuk sanggup mengubahnya menjadi karbondioksida serta air menjadi karbohidrat (glukosa) dan juga oksigen.


Dengan begitu, sanggup diartikan bahwa fontosintesis merupakan sebuah proses penyusunan zat anorganik (CO2 dan H2O) yang diubah menjadi zat organik (glukosa) dengan memanfaatkan pertolongan energy cahaya matahari yang dilakukan oleh klorofil.


Jika dilihat dari pengertian fontosintesis di atas maka sanggup disimpulkan bahwa karbondioksida yang bereaksi dengan air dan pertolongan sinar matahari nantinya bisa menghasilkan produk atau bisa juga disebut sebagai hasil reaksi yang berupa karbohidrat, air serta oksigen.


Lalu bagaimana reaksi kimianya?


Reaksi kimia fotosintesis


Di dalam sebuah reaksi fontosintesis, energy dari matahari akan diubah menjadi sebuah energi kimia. Energi kimia ini nantinya akan disimpan ke dalam bentuk glukosa (gula). Karbondioksida, air dan juga sinar matahari dipakai untuk menghasilkan glukosa, oksigen dan juga air.


Persamaan kimia untuk proses fotosintesis ini adalah:


6CO2 + 12H2O + cahaya matahari → C6H12O6 + 6O2 + 6H2O


Jika dilihat pada reaksi di atas, 6 molekul karbon dioksida (6CO2) dan juga 12 molekul air (12H2O) dikonsumsi di dalam proses, sementara glukosa (C6H12O6), enam molekul oksigen (6O2), serta enam molekul air (6H2O) yang dihasilkan.


Persamaan ini sanggup disederhanakan sebagai: 6CO2 + 12H2O + cahaya → C6H12O6 + 6O2 + 6H2O.


Jenis Reaksi Kimia


Untuk jenisnya sendiri, reaksi kimia ini bisa dikelompokkan berdasarkan kesamaannya. Dengan tujuan untuk sanggup mempermudah dalam mempelajarinya.


Salah satu sistem yang dipakai untuk menggelompokkan berdasarkan dengan cara atom sanggup tersusun kembali di dalam reaksi kimia.


1. Reaksi penggabungan


Kelompok ini sanggup terjadi apabila kedua zat atau bisa lebih beraksi dan lalu membentuk zat lain, misalnya menyerupai hydrogen dan juga oksigen yang bereaksi menghasilkan air, yakni 2H2 + O2 → 2H2O


2. Reaksi penguraian


Sementara itu, kelompok ini sanggup terjadi bila satu zat diuraikan dan menjadi satu zat atau bisa juga lebih, menyerupai 2NH3 → N2 + 3H2


3. Reaksi penggantian


Sedangkan kelompok ini hanya sanggup terjadi saat satu atom menggantikan atom yang lainnya yang ada di dalam satu senyawa. Contohnya seperti,  Mg + 2HCl → MgCl2 + H2. Dalam reaksi itu Mg menggantikan Cl.


Demikian ulasan yang bisa kita pelajari bersama tentang Reaksi Kimia Fotosintesis dan Jenis-jenis Reaksi Kimianya Terlengkapini. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa membantu dan menambah wawasan Anda semua. Terima kasih sudah membaca ulasan ini biar bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com