√ Pengertian Humas : Tujuan, Jenis, Dan Kiprah Pokok Humas
Pengertian Humas : Tujuan, Jenis, Dan Tugas Pokok Humas
Daftar Isi :
- 1 Pengertian Humas : Tujuan, Jenis, Dan Tugas Pokok Humas
Humas Adalah – Pada umumnya humas yaitu kepingan dari organisasi. Yang fungsinya yaitu untuk melaksanakan interaksi, hubungan, dan kerjasama dengan masyarakat yang berafiliasi dengan organisasi tersebut.
Humas yaitu kependekan dari Hubungan Masyarakat. Atau dalam bahasa inggris disebut Public Relation. Yang tugasnya yaitu bertanggung jawab dalam membangun dan mempertahankan sebuah reputasi, citra, dan komunikasi yang baik. Serta bermanfaat diantara organisasi dengan publik.
Di dalam dunia bisnis fungsi dari humas ini kerap dihubungkan dengan marketing, padahal bergotong-royong berbeda. Sebagai sebuah profesi bidang humas ini akan membantu mendidik, memberi informasi, membangkitkan ketertarikan pada masyarakat, dan merencanakan sebuah taktik untuk mendapat simpati hingga membuat masyarakat mengerti di sebuah situasi tertentu.
Seperti pada dikala perusahaan terkena perkara yang sanggup mengancam gambaran baik perusahaan, pihak humas akan memberi edukasi dan upaya pada setiap khalayak. Agar tidak ada gambaran buruj pada perusahaan tersebut.
Bidang ini akan menyusun segala taktik biar mendapat simpati dan biar merk yang dibangun dengan susah payah itu, tidak berakhir begitu saja. Maka dari itu pihak humas akan berafiliasi dengan pers, dan tidak terlepas dari ilmu komunikasi.
Pengertian Humas Menurut Para Ahli
- Pengertian humas berdasarkan J.C Seidel yaitu proses yang berkesinambungan dari beberapa perjuangan manajemen, supaya bisa mendapat itikad yang baik dan pengertian dari para pelanggan, karyawan, dan juga publik pada umumnya.
- Pengertian humas berdasarkan Howard Boham yaitu sebuah seni untuk membuat pengertian publik yang lebih baik. Dengan tujuan untuk meningkatkan dogma publik dan permberdayaan yang lebih tinggi, pada sebuah forum atau organisasi.
- Pengertian humas berdasarkan Cultip, Center, & Broom yaitu sebuah fungsi administrasi yang mempunyai tujuan untuk membangun dan mempertahankan kekerabatan yang baik dan bermanfaat. Diantara sebuah organisasi dan publik yang sanggup memberi dampak kasatmata pada setiap keberhasilan atau kegagalan di sebuah organisasi.
- Pengertian humas berdasarkan Scott M. Cutlip & Allen H. Center yaitu sebuah fungsi administrasi yang tugasnya untuk memberi evaluasi pada sikap publik, mengidentifikasikan sebuah kebijakan dan tata cara organisasi atau perorangan dalam melayani kepentingan publik, membuat suatu planning dan melaksanakan sebuah agenda untuk mendapat pemahaman dan dukungan dari masyarakat.
- Pengertian humas berdasarkan International Public Relations Association (IPRA) yaitu sebuah fungsi administrasi yang sudah terencana, dan juga berkelanjutan di dalam organisasi induk atau forum swasta yang tujuannya yaitu untuk mendapat simpati, pengertian dan dukungan dari pihak-pihak terkait.
Bila disederhanakan lagi humas merupakan administrasi yang membantu dalam mencapai tujuan dari organisasi, dan memfasilitasi perubahan organisasional dan mendefinisikan filosofi.
Fungsi Humas Di Dalam Sebuah Organisasi
Beberapa fungsi humas berdasarkan Edward L. Bernays yaitu :
- Untuk memberi pemahaman kepada publik.
- Untuk melaksanakan persuasi kepada masyarakat yang tujuannya yaitu untuk mengubah sikap dan juga tingkah laku.
- Untuk berupaya dalam menyatukan sikap dan sikap pada publik, biar sesuai dengan sikap dan perbuatan pada sebuah forum atau sebaliknya.
Tujuan Humas Di Dalam Organisasi
- Untuk meningkatkan dukungan, bantuan, dan juga partisipasi dari publik dalam bentuk sarana, prasarana, tenaga, dan dana, untuk memudahkan pencapaian tujuan organisasi.
- Untuk membuat rasa tanggung jawab dari masyarakat akan kelangsungan pada agenda organisasi dengan cara efektif dan efisien.
- Untuk melibatkan publik dalam menuntaskan dilema yang dihadapi oleh sebuah organisasi.
- Untuk membuat dan membuatkan gambaran yang baik untuk organisasi, dan kepada para pimpinan denggan target terjalinnya kekerabatan yang baik. Antara publik internal dan eksternal.
- Untuk memperluas jangkauan para pelanggan yang terkait untuk berpartisipasi di dalam upaya peningkatan mutu suatu organisasi.
Manfaat Humas Bagi Sebuah Organisasi
1. Sebagai administrasi krisis
Setiap organisasi niscaya pernah mengalami masa-masa krisis, sehingga dibutuhkan adanya sebuah persiapan untuk menghadapinya. Divisi humas ini akan bermanfaat sebagai tim dalam administrasi krisis, di dalam organisasi yang berkaitan dengan masyarakat.
2. Penerbitan dekstop
Manfaat humas sebagai penerbitan dekstop menjadi sangat penting di sebuah organsasi. Apalagi organisasi zaman kini lebih memerlukan operator komputer, yang berdedikasi. Dibandingkan editing secara konvensional.
3. Sebagai identitas dari sebuah perusahaan
Staf humas mempunyai kiprah yaitu membuat identitas sebuah perusahaan. Tugas ini sangat penting alasannya yaitu menyangkut seluruh aspek di dalam organisasi secara keseluruhan. Dan menjadi kepingan yang penting dari seluruh jenis komunikasi di dalam suatu organisasi.
4. Hubungan dengan parlemen
Beberapa organisasi akan memerlukan humas yang berafiliasi dengan pemerintah, parlemen, birokrat, di sebuah instansi pemerintah.
5. Public relation finansial
Sebuah organisasi juga akan membutuhkan konsultan humas, yang khusus dalam beraktivitas di bidang keuangan dan operasional bisnis di sebuah perusahaan. Aktivitas ini dilakukan untuk mendukung planning perusahaan klien, supaya ikut serta di bursa saham. Atau dalam memberi dukungan pada dikala membuat laporan keuangan tahunan.
Tugas Pokok Humas
1. Untuk membuat suatu kesan atau image
Kesan yang diperoleh dari seseorang pada seseorang, produk, ataupun situasi yang sesuai dengan tingkat pengetahuan orang itu sendiri.
2. Sebagai pengetahuan dan pengertian
Humas juga mempunyai kiprah dalam memberi informasi kepada publik internal dan eksternal, dengan menyediakan sebuah informasi yang akurat dan di dalam format yang gampang dimengerti.
3. Untuk mencipkatan ketertarikan
Humas juga harus bisa membuat sebuah ketertarikan publik pada suatu situasi tertentu, yang dampaknya besar pada sebuah organisasi.
4. Sebagai penerimaan
Humas mempunyai tanggung jawab dalam memberi klarifikasi kepada publik atas sebuah kejadian, dengan demikian sikap yang menentang, atau ketidakpedulian yang ada di sekitarnya bermetamorfosis pengertian dan penerimaan.
5. Adanya simpati
Humas harus sanggup memberikan informasi dengan terang kepada publik untuk mendapat simpati.
Beberapa Kegiatan Dalam Humas
Kegiatan humas tidak berarti harus digelar dengan konferensi pers atau untuk mengundang wartawan. Hanya demi membuat gambaran yang baik. Tapi humas juga dituntut untuk membuat simbol komunikasi baik lisan maupun non verbal.
Contoh kegiatan lisan contohnya menulis artikel, proposal, presentasi, press release, membuat progress report dan sebagainya. Sedangkan untuk komunikasi lisan biasanya berupa open house, presenter, desk information, announcer dan lain sebagainya.
Berikut klarifikasi lengkapnya :
Customer relations
Divisi humas akan membuat sebuah kekerabatan yang baik dengan pihak yang ada di luar perusahaan, contohnya dengan konsumen.
Employee relations
Tak hanya di luar perusahaan saja, tetapi humas juga wajib membangun komunikasi diantara pimpinan dengan bawahan.
Community relations
Community relations mempunyai tujuan untuk membuat kekerabatan yang baik diantara perusahaan, dengan pihak yang terkait contohnya partner dan komunitas tertentu.
Government relations
Dapat membuat kekerabatan yang baik diantara organisasi dengan pemerintah.
Media relations
Media juga mempunyai kiprah penting dan harus dijembatani oleh humas di perusahaan alasannya yaitu kebanyakan sumber gambaran perusahaan yang bersumber di sana.
Peranan Humas Di Dalam Perusahaan
Expert Pereciber Communication
PR biasanya dianggap sebagai expert yang akan menawarkan masukan untuk perusahaan. Hal ini berkaitan dengan pengertian dari humas itu sendiri. Yang mempunyai kiprah dalam menjembatani informasi diantara perusahaan dengan konsumen.
Facilitator
Humas atau PR berfungsi dalam setiap manajemen. Mereka mempunyai kiprah sebagai fasilitator dan harus selalu ada dikala kritis perusahaan muncul. Bahkan di dalam devisi humas akan menjadi leader pada setiap permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan, yang ada di lingkungan masyarakat.
Communication fasilitator
Humas akan menjadi fasilitator atau jembatan komunikasi, diantara konsumen, masyarakat dan juga perusahaan. Sehingga mereka juga menjadi penengah sekaligus.
Technisian communication
Petugas humas merupakan pelaksana teknis komunikasi, yang bertugas sebagai penyedia layanan. Ada beberapa cara yang dilakukan oleh humas dalam membuat opini publik. Diantaranya yaitu :
- Tekanan. Akan menawarkan imbas yang baik pada individu alasannya yaitu mempunyai kewibawaan.
- Membeli. Kegiatan ini sama dengan membeli amplop atau bunyi opini publik. Hal ini diharapkan pada rapat pemegang saham perusahaan, untuk menjaga gambaran perusahaan tersebut.
- Bujukan. Tindakan persuasive merupakan hal yang paling sempurna untuk membentuk sebuah opini publik.
Contoh Humas Di Dalam Sebuah Organisasi
Humas media cetak
Divisi humas biasanya berbeda dengan divisi pemasaran, tetapi seringkali humas tersebut melaksanakan kegiatan promosi bila ada perubahan di dalam suatu perusahaan. Atau dikala adanya peluncuran layanan atau produk yang baru.
Tugas humas ini yaitu untuk berkomunikasi dengan lebih intens dengan media cetak. Humas media cetak disusun sedemikian rupa, dan dilaksanakan dengan melaksanakan press release ke banyak sekali media cetak.
Humas media audio visual
Hampir sama dengan humas media cetak. Tetapi bentuk informasinya disampaikan ke publik yang terkait. Melalui televisi atau melalui radio.
Humas media online
Penyebaran informasi dalam bentuk teks dan video juga bisa dilakukan dengan cara online. Biasanya dilakukan dengan cara membuat konten, yang isinya yaitu kata kunci tertentu wacana sebuah produk, kemudian mempublish konten tersebut ke blog atau website.
Dengan suatu upaya tertentu konten itu akan tampil di mesin pencari, dengan begitu akan lebih banyak orang yang mengetahui perusahaan serta produk yang dihasilkan.
Demikian klarifikasi lengkap mengenai humas, dengan fungsi, kiprah dan peranannya. Semoga memberi manfaat.
Baca Juga :
Pendidikan Karakter : Pengertian dan Nilai – nilai Karakter Serta Penjelasannya Lengkap
Gempa Bumi : Pengertian, Penyebab, Jenis, Akibat, Alat Untuk Mengukur, Dan Kekuatannya Lengkap
Sumber aciknadzirah.blogspot.com