Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Desain Produk : Pengertian, Fungsi, Konsep, Tujuan, Manfaat, Dan Misalnya Lengkap

Desain Produk : Pengertian, Fungsi, Konsep, Tujuan, Manfaat, Dan Contohnya Lengkap



Pengertian Desain Produk – Kata desain sering kali dihubungkan dengan sebuah rancangan, rencana, dan gagasan. Pengertian desain sanggup dilihat dari sudut pandang dan konteksnya. Desain juga bisa diartikan sebagai kreasi dalam memenuhi kebutuhan dengan cara tertentu, atau pemecahan suatu persoalan dengan sasaran yang jelas.


 Pengertian Desain Produk Menurut Para Ahli √ Desain Produk : Pengertian, Fungsi, Konsep, Tujuan, Manfaat, Dan Contohnya Lengkap


Desain tidak semata-mata dirancang di atas sehelai kertas, tetapi juga proses secara keseluruhan hingga pada rancangan, planning atau gagasan yang terwujud dan mempunyai nilai. Desain ialah suatu hasil apresiasi dan kreasi, yang berasal dari gagasan atau wangsit insan dalam upaya untuk memberdayakan diri melalui hasil ciptaannya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dan juga sejahtera.


Pengertian desain produk ialah proses kreasi dari suatu produk yang menggabungkan unsur fungsi dan estetika sehingga bermanfaat, dan mempunyai nilai tambah bagi masyarakat. Pengertian lain dari desain produk ini ialah sebuah konseptualisasi wangsit mengenai produk dan transformasi wangsit yang menjadi kenyataan. Dalam mengubah wangsit menjadi kenyataan, maka spesifikasi dari produk itu sendiri harus disiapkan. persiapan spesifikasi tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan bermacam-macam kendala, menyerupai contohnya proses produksi, cita-cita konsumen dan lain sebagainya. Pada tahap desain produk hingga keputusan final dalam produk tersebut, setiap aspek produknya harus dianalis. Keputusan tersebut bisa berupa aspek apa saja yang bekerjasama dengan suatu produk. Misalnya dalam hal dimensi dan toleransi, jenis materi untuk setiap komponennya, dan lain sebagainya.


Urgensi Desain Produk Pada Perusahaan


Desain produk ialah salah satu faktor yang paling penting, dan juga sensitif bagi suatu perusahaan. Keberhasilan atau kegagalan produk akan memilih bisnis, pangsa pasar, dan juga reputasi perusahaan. Selama tahap desain produk tersebut, ada bermacam-macam faktor yang terkait dengan produk harus ditangani.


Desain produk juga merupakan sebuah proses dalam hal pembentukan dan pengembangan ide, yang efisien dan efektif dalam rangka membuat sebuah produk yang baru. Desain produk ini mencakup seluruh pekerjaan desain teknik dan industri, yang dipakai untuk berbagi suatu produk, mulai dari konsep awal hingga produksi. Akhirnya sanggup mengubahnya menjadi penemuan kasatmata dari suatu produk.


Produk desainer mempunyai tugas dalam menggabungkan seni, ilmu pengetahuan, dan juga teknologi di dalam membuat beberapa produk gres yang lebih baik lagi dan mempunyai manfaat untuk masyarakat. Desain produk yang baik akan dibentuk berdasarkan pada sebuah riset pasar. Dasar fatwa dari sebuah produk yang dibentuk tujuannya ialah untuk memberi solusi dan manfaat, bagi kebutuhan manusia. Inovasi dan juga pengembangan produk pada desain produk, akan menghasilkan sesuatu yang gres yang menjadi keunggulan kompetitif bagi sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan itu menjadi penggagas dan sanggup memenangkan sebuah persaingan di pasar.


Pengertian Desain Produk Menurut Para Ahli



  1. Pengertian desain produk berdasarkan Yus R Hadjadinata (1995) adalah suatu desain yang berkaitan dengan bentuk dan juga fungsinya. Desain wacana bentuknya yang bekerjasama dengan perencanaan, dan penampilan produk itu sendiri. Desain wacana fungsinya bekerjasama dengan bagaimana produk itu bisa digunakan.

  2. Pengertian desain produk berdasarkan Suyadi Prawirosentono (1996) sebuah rancang berdiri dari suatu jenis produk yang akan diproduksi.

  3. Pengertian desain produk berdasarkan Bagas Prastyowibowo (1999) adalah salah satu unsur dalam memajukan industri, biar suatu produk dari hasil industri itu bisa diterima oleh masyarakat. Karena produk itu mempunyai kualitas yang baik, harga yang terjangkau, desain yang menarik, dan menerima jaminan dan lain-lain.

  4. Pengertian desain produk berdasarkan Franklin G Moore dan Thomas E Hendrick (1999) adalah hal yang sangat penting dari suatu produk, alasannya ialah bisa menaikkan 2-3 kali omset dari suatu organisasi di satu waktu.

  5. Pengertian desain produk berdasarkan Imam Djati Widodo (2005) adalah suatu pendekatan yang sistematis, dalam mengintegrasikan perencanaan produk dan proses yang mempunyai pengaruh. Termasuk pada manufaktur dan pendukungnya.

  6. Pengertian desain produk berdasarkan Brutou & Margaret,(2006) adalah pengembangan dari suatu barang atau produk, yang dirancang untuk memenuhi kepuasan konsumen.

  7. Pengertian desain produk berdasarkan Kotler dan Armstrong (2008) adalah sebuah konsep yang lebih besar dari hanya sekadar gaya. Gaya memang sanggup menarik perhatian atau bisa juga membosankan, dan gaya hanya sanggup mendeskripsikan suatu penampilan produk. Gaya yang sensasional selain sanggup menarik perhatian, juga sanggup menghasilkan sebuah estetika yang indah. Namun gaya tersebut belum tentu bisa membuat suatu kinerja produk menjadi lebih baik. Desain produk juga bukan hanya penampilan luarnya saja, tetapi merupakan jantung dari sebuah produk.

  8. Pengertian desain produk berdasarkan Kotler dan Keller (2009) sebuah totalitas fitur yang memengaruhi penampilan, rasa, dan fungsi dari suatu produk, yang berdasarkan pada kebutuhan pelanggan.


Konsep Desain Produk


Setiap perusahaan akan menghasilkan produk dan hampir selalu dihadapkan pada persaingan dengan perusahaan lainnya. Supaya bisa bersaing dengan jangka panjang, maka kualitas produk menjadi konsep yang penting yang harus dipahami di dalam administrasi perusahaan ketika menjalankan aktivitasnya. Keputusan dalam membuat desain produk artinya ialah keputusan yang akan memilih kulitas produknya menyerupai apa, yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.


Berikut konsep dasar dari sebuah desain produk :


1. Penelitian dan pengembangan


Penelitian merupakan dasar dalam mencari pengetahuan yang baru. Walaupun tidak kuat secara langsung, tetapi berdasar pada penelitian dan produk gres yang dikembangkan di masa depan. Penelitian ini bisa diterapkan dalam berbagi produk secara komersial,


2. Rekayasa terbalik


Merupakan suatu proses pembongkaran dalam sebuah produk, memahami desainnya dan dalam berbagi produk yang lebih baik dari yang sudah ada.


3. Penggunaan sistem perangkat lunak


Dalam berbagi model yang sudah terkomputerisasi dari sebuah produk yang baru, dan dalam menganalisis parameter desainnya.


4. Memerlukan pendekatan dengan cara sistematik dalam mengintegrasikan seluruh proses desain produk, dan banyak sekali proses pendukungnya


Seorang desainer harus memerhatikan dan mempertimbangkan seluruh aspek siklus hidup suatu produk, termasuk di dalamnya aspek kualitas, biaya, acara dan juga kebutuhan konsumen. Untuk itu diperlukan adanya pengembangan dalam konsep pasar, desain produk, pengembangan proses pembuatan, pemilihan dan pengaturan materi untuk desain gres yang dilakukan oleh tim yang berbeda di ketika yang bersamaan. Sehingga sanggup menghemat waktu dalam berbagi produk yang baru. Di dalam praktiknya, ada banyak sekali konsep yang digabungkan dan diterapkan bersama dalam merancang sebuah produk yang baru.


Jenis Desain Produk



  1. Membuat produk yang benar-benar baru, dengan sebuah rancangan dan prototype yang gres yang belum pernah ada sebelumnya. Berdasar pada penelitian dilakukan suatu penemuan dalam menghasilkan sebuah desain produk gres yang kreatif.

  2. Memodifikasi atau berbagi sebuah desain produk yang sudah ada.


Desain yang gres berfungsi sebagai penyelesaian persoalan pada setiap desain yang ada. Hal ini terjadi baik melalui produk yang baru, maupun variasi dari produk yang telah ada.


Tujuan Dari Sebuah Desain Produk


Desain produk yang baik mempunyai tujuan untuk membuat setiap pengguna produk tersebut merasa aman, nyaman, da menerima manfaat ketika mereka memakai produk tersebut. sehingga berkaitan dengan aspek, bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan produk itu. Apakah ia merasa aman, nyaman, gampang digunakan, memberi solusi dan manfaat atas persoalan si pengguna, hingga bisa memberi dampak yang positif secara emosional.


Pada umumnya tujuan dari desain produk ini ialah :



  1. Untuk menghasilkan suatu produk yang berkualitas yang mempunyai nilai jual yang tinggi.

  2. Untuk menghasilkan suatu produk yang ekspresi dominan pada masanya yang sesuai dengan kebutuhan para konsumen.

  3. Membuat sebuah produk menjadi hemat tanpa harus mengurangi nilai jualnya, kualitas dan juga manfaat dari produk tersebut.

  4. Untuk meningkatkan pangsa pasar dengan menargetkan segmen pasar yang baru.


Fungsi Desain Produk



  • Sebagai identitas produk

  • Menjadi pelindung produk

  • Menambah nilai jual produk


Manfaat Desain Produk


Konsumen sering bersedia membayar mahal suatu produk/jasa yang terlihat lebih baik, dan memperlihatkan kegunaan yang lebih besar, dengan fungsionalitas yang lebih baik, dan juga berkelanjutan. Ada banyak konsumen yang membuat keputusan dalam membeli berdasar pada desain produknya, alasannya ialah sebuah desain produk yang baik akan mengindikasikan kualitas, penampilan dan juga kinerja, fasilitas setiap penggunanya dan keandalannya. Desain produk juga memungkinkan sebuah fungsi produk yang terperinci pada setiap konsumen.


Desain produk/jasa menjadi sebuah faktor yang memilih kesuksesan dari suatu produk atau jasa. Dalam membuat sebuah desain produk/jasa yang baik, bisa membawa banyak manfaat di dalam bisnis. Manfaat dari desain produk ini antara lain sanggup meningkatkan kinerja, efisiensi, dan nilai produk/jasa. Dan juga bisa mengurangi resiko dan biaya bagi bisnis anda.


Dengan sebuah produk/jasa yang kreatif dan inovatif, tentu akan membuatnya menjadi lebih menarik dan juga unik bagi setiap konsumen. Serta bisa meningkatkan jangkauan produk/jasa di pasar, sehingga hal itu akan meningkatkan penjualan dan mempercepat pengembalian investasi yang anda lakukan. Desain produk dan jasa yang cermat, juga akan membantu anda dalam mengurangi biaya produksi, bisa mengoptimalkan penggunaan materi dan meminimalkan pemborosan.


Dalam merancang sebuah produk yang berupa jasa, tentu menjadi tantangan tersendiri alasannya ialah pada umumnya jasa mempunyai karakteristik yang unik. Desain produk yang berupa jasa menjadi cara suatu perusahaan dalam memberi pelayanan terbaik pada konsumen. Caranya dengan meminimalkan tingkat komplain sebagai antisipasi oleh perusahaan dengan maksimal.


Desain Produk Kemasan


Di dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan juga tidak sanggup bersaing dengan hanya mengandalkan kualitas produknya saja. Namun perusahaan harus bisa membuat identitas produknya mempunyai ciri khas yang ada, yang pada hasilnya sanggup dikenal luas dan menarik minat konsumen dalam membeli produk tersebut.


Sebagus apapun kualitas dan desain produknya, tetapi tidak didukung oleh desain kemasan maka hal itu akan sia-sia saja. Karena desain kemasan produk juga harus menarik, unik dan tetap berkualitas. Karena hal itu akan memengaruhi konsumen dalam memberikan respon yang positif, pada produk yang dipasarkan. Daya tarik dari suatu produk tidak akan terlepas dari kemasannya, alasannya ialah kemasan yang eksklusif akan berhadapan dengan konsumen. Kemasan juga sanggup menjadi identitas dari suatu bisnis tertentu. Desain kemasan produk yang menarik, unik dan berkualitas akan menjadi pembeda dari setiap kompetitornya.


Melalui desain produk, suatu perusahaan juga bisa memberikan informasi yang terkait dengan merk, logo, kualitas dan lain sebagainya. Hal itu juga akan menarik perhatian konsumen dalam jatuh cinta pada suatu jenis produk tertentu.


Desain produk suatu kemasan merupakan rancangan pada kemasan, di suatu produk sebagai upaya yang mendukung pemasaran. Selain berfungsi sebagai pembungkus, desain kemasan produk juga umumnya juga berfungsi sebagai pemasaran. Misalnya dalam hal  memberi proteksi, sarana komunikasi visual (kesan elegan, ekslusif, dan berkualitas ), simbol estetika dilihat dari elemen desain (warna, tipografi, dan komposisi), penegasan identitas, aspek ergonomi (terkait kenyamanan dan fasilitas dalam pemakaian), penyampaian informasi dan sebagai wadah pendistribusian.


Desain Produk Industri


Desain produk industri ialah bidang ilmu dalam merencanakan atau merancang suatu jenis produk, dalam memecahkan persoalan yang bekerjasama dengan kebutuhan manusia, yang berdasar pada pengembangan beberapa prinsip industri yang melingkupinya dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Desain produk industri juga menjadi salah satu bidang yang termasuk dalam industri kreatif.


Industri kreatif sedang berkembang dengan pesat ketika ini, baik di penggalan dunia manapun maupun di Indonesia. Potensi itu akan memberi ruang atau peluang dalam berbagi desain produk industri, sehingga banyak diperlukan desainer di bidang desain produk industri.


Demikian pembahasan dan klarifikasi lengkap dari pengertian desain produk dan sebagainya. Semoga sanggup memberi wawasan dan manfaat.


Baca Juga :




Sumber aciknadzirah.blogspot.com