Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Diagram Batang : Pengertian, Tujuan Dan Cara Membacanya Lengkap

Konten [Tampil]

Menyelesaikan Soal Diagram Batang Dan Penjelasannya Secara Lengkap



Diagram Batang – Diagram batang ialah jenis diagram yang menawarkan bilangan atau kuantitas, yang berbentuk persegi panjang atau persegi. Secara umum diagram batang akan menggambarkan beberapa nilai dari suatu objek penelitian pada kurun waktu tertentu. Diagram batang juga menawarkan batang dengan bentuk tegak, mendatar, dan sama lebarnya dengan beberapa batang yang terpisah.


Menyelesaikan Soal Diagram Batang Dan Penjelasannya Secara Lengkap √ Diagram Batang : Pengertian, Tujuan Dan Cara Membacanya Lengkap


Pengertian lainnya dari diagram batang ialah jenis diagram yang menyajikan sebuah data, yang berbentuk persegi panjang tegak atau persegi panjang yang mendatar. Pada umumnya diagram batang dipakai untuk menggambarkan perkembangan nilai, dari suatu objek penelitian pada kurun waktu tertentu. Diagram batang juga menawarkan beberapa keterangan dengan batang yang tegak, atau mendatar dan sama lebarnya dengan batang yang terpisah.


Diagram batang juga merupakan menu data. Yang dimana tinggi dan atau panjang batang yang digunakan, ialah untuk menawarkan kuantitas atau banyaknya dari masing-masing elemen tersebut.


Diagram batang dibentuk dengan sumbu X dan Y, yang dimana sumbu X dipakai untuk meletakan elemen sedangkan sumbu Y dipakai untuk menempatkan kuantitas di masing-masing elemen. Atau diagram batang vertikal. Sebaliknya sumbu Y akan dipakai untuk meletakkan elemen, dan sumbu X dipakai untuk menempatkan kuantitas di masing-masing elemen atau pada diagram batang horizontal.


Tujuan Membuat Diagram Batang


Adalah untuk memudahkan setiap pembaca, dalam melihat data yang ditampilkan dengan bentuk yang sederhana. Atau sanggup juga dipakai untuk menggambarkan perkembangan nilai, pada suatu objek penelitian pada kurun waktu tertentu.


Cara Membaca Diagram Batang


Lihat pada satu elemen kemudian amati berapa tinggi batang yang menawarkan kuantitasnya. Kemudian nilai besaran kuantitas itu akan ditunjukkan oleh angka yang tertulis pada garis sumbu yang bersebarang dengan garis sumbu yang menawarkan elemen. Contohnya :



Pada diagram batang di atas sanggup dengan gampang diketahui bahwa jumlah atau kuantitas elemen A sejumlah atau sebanyak 30.


Itu ialah jenis diagram vertikal, sedangkan untuk diagram horizontal gambarnya menyerupai berikut ini :



Diagram batang tersebut diartikan sebagai jumlah komponen B yang jumlahnya 4.


Cara Membuat Diagram Batang


Buatlah sumbu X dan Y dengan pojok kiri bawah yang merupakan titik nol. Lalu :



  • Letakkan daftar elemen di sumbu X dan juga letakkan nilai frekuensi di sumbu Y dengan diagram batang dan letak diagram vertikal. Atau sanggup juga sebaliknya.

  • Letakkan daftar elemen pada sumbu Y, kemudian letakkan nilai frekuensi di sumbu X dengan diagram batang dan letak batang horizontal.


Contoh Soal


Data pengunjung obyek wisata dinyatakan pada sebuah diagram batang sebagai berikut:



Jika data pengunjung obyek wisata pada diagram batang itu diubah kedalam sebuah data Tabel, akan menyerupai ini :



Demikian pembahasan mengenai diagramm batang. Semoga sanggup dipahami dan menambah wawasan anda.


Baca Juga :




Sumber aciknadzirah.blogspot.com