Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Ilmuwan Membangun Mesin Untuk Melihat Era Depan

Konten [Tampil]
Ilmuwan Membangun Mesin untuk Melihat Masa Depan √ Ilmuwan Membangun Mesin untuk Melihat Masa Depan
Foto: ScienceDaily

Teknologi.id – Dalam film Avengers: Infinity War, adegan Dr Strange yang melihat 14 juta kemungkinan masa depan menarik perhatian sebagian orang. Mungkin saja bila insan mempunyai komputer kuantum, insan sanggup melihat masa depannya.


Hal tersebut yang sekarang sedang diuji coba oleh para peneliti dari Nanyang Technological University (NTU) dari Singapura dan Griffith University dari Australia.


Baca juga: Ilmuwan AS Kembangkan Perangkat Deteksi Bakteri dalam Hitungan Menit


Para peneliti ini tengah mengkonstruksi perangkat prototip kuantum yang sanggup menghasilkan bermacam-macam kemungkinan masa depan dalam superposisi kuantum simultan.


Dilansir dari laman Science Daily, Senin (20/5/2019), Dunia kuantum merupakan dunia probabilitias, kawasan di mana banyak kemungkinan dan banyak sekali paradoks yang sanggup terjadi.


“Ketika kita berpikir ihwal masa depan, kita dihadapkan dengan banyak sekali kemungkinan,” ungkap tangan kanan Profesor Mile Gu dari NTU, yang memimpin penelitian dan pengembangan mesin, ibarat dikutip dari Science Daily, Senin (20/5/2019). 


Baca Juga : Mark Zuckerberg Sedang Bangun Mesin Pembaca Pikiran


Profesor Mile juga mengatakan, kemungkinan ini tumbuh secara eksponensial ketika insan melangkah lebih jauh ke masa depan.


Misalnya, bila insan hanya mempunyai 2 kemungkinan untuk menentukan dari setiap menit, dalam waktu kurang dari setengah jam ada 14 juta kemungkinan berjangka.


Dalam waktu kurang dari sehari, jumlah kemungkinannya melebihi jumlah atom di alam semesta.


Superposisi Kuantum


Ilmuwan Membangun Mesin untuk Melihat Masa Depan √ Ilmuwan Membangun Mesin untuk Melihat Masa Depan
Ilustrasi Mesin Waktu. Foto: Deccanchronicle

Komputer kuantum sanggup menyidik semua masa depan yang mungkin dengan menempatkan diri mereka dalam superposisi kuantum.


Kejadian populer ihwal superposisi ialah paradoks kucing schrodinger, yang dicetuskan oleh Erwin Schrodinger. Dimana kucing (perumpamaan) yang diletakkan di suatu kotak dengan racun ada dalam posisi hidup “dan” mati.


Hanya dengan membuka kotaknya, kita sanggup tahu apakah kucing itu hidup atau mati.



Terinspirasi oleh Richard Feynman


Ilmuwan Membangun Mesin untuk Melihat Masa Depan √ Ilmuwan Membangun Mesin untuk Melihat Masa Depan
Richard Feynman, pelopor awal teknologi ‘dokter nanobot’.. Foto: ZME Science

Cara kerja mesin ini terinspirasi dari peraih nobel Richard Feynman. Saat Feynman mempelajari fisika kuantum, dirinya sadar bahwa ketika suatu partikel menyusuri jalan dari titik A ke B, partikel itu tidak mengikuti satu arah, namun beliau menggabungkan semua jalur yang memungkinkan untuk menghubungkan titik-titik dari A sampai B.


Masa depan juga demikian, kemungkinan awal hidup dan apa yang terjadi ke depan sanggup diproyeksikan dengan mengkoneksikan titik-titik kemungkinan arah yang ada.


Jika teknologi ini berhasil dikembangkan dan disempurnakan, bukan mustahil suatu ketika nanti insan sanggup mengetahui masa depannya.


(FM)



Sumber https://teknologi.id