√ Dogma Menciptakan Karyawan Lebih Produktif
Mungkin Anda perlu instrospeksi diri bila banyak karyawan yang kurang produktif. Salah satunya adalah, mencoba untuk memperlihatkan doktrin pada mereka.
Karena berdasarkan penelitian yang disebarkan oleh Journal of Organizational Behavior, dengan percaya kepada karyawan berarti Anda telah meningkatkan produktivitas mereka. Studi yang dilakukan pada tahun 2013 kemudian itu menyebutkan bahwa doktrin akan mengangkat harga diri mereka, dan pada balasannya berimbas pada kinerja yang lebih baik.
Penelitian itu sendiri dilakukan oleh Chinese University of Hong Kong dan University of Macau. Mereka memanfaatkan sampel dari 497 guru dan atasannya langsung, di sekitar wilayah selatan negara Cina. Hal itu dilakukan untuk melihat hubungan antara ‘kepercayaan’ dengan ‘kinerja’.
Kepercayaan sendiri diyakini terdiri dari dua aspek, yaitu ‘ketergantungan’ dan ‘pengungkapan’. Ketergantungan ialah rasa percaya diri yang dimiliki oleh karyawan bahwa atasan akan bergantung pada mereka. Sementara pengungkapan ialah rasa percaya diri bahwa atasan tidak akan segan untuk membuatkan duduk masalah dan perasaan mengenai pekerjaan.
Sementara dari dua aspek kepercayaan, ketergantungan dinilai mempunyai imbas yang lebih tinggi dalam meningkatkan kinerja karyawan. Jika diambil sebuah garis besar, maka saat karyawan merasa dipercaya, secara cepat harga diri pun meningkat, dan mereka cenderung menjadi pekerja yang lebih baik.
Mengapa Kepercayaan Begitu Penting
Meski terlihat sederhana, namun tidak sedikit atasan yang masih belum mempercayai karyawannya. Alasannya, banyak atasan yang merasa karyawannya akan semena-mena bila diberikan kepercayaan. Kepercayaan di sini maksudnya ialah memperlihatkan pemberian sopan santun dengan tidak menekan mental si karyawan, namun tetap mengawasi.
Dalam penelitian tersebut dijelaskan pula bahwa dalam doktrin terkandung nilai di dalam hati yang meningkatkan harga diri serta kinerja.
“Bila Anda memperlihatkan peluang yang memungkinkan karyawan untuk berpikir bahwa Anda percaya mereka, maka Anda telah mendorong rasa ketergantungan,” tulis Business Minded mengenai survei tersebut.
Cara Memberikan Kepercayaan
Tidak terlalu sulit bila Anda ingin memperlihatkan karyawan kepercayaan.
– Memberikan mereka tugas-tugas penting dan banyak sekali tanggapan perihal kinerja mereka dengan jujur.
– Melibatkan karyawan untuk berpartisipasi dalam banyak sekali keputusan penting.
– Berikan peluang kepada karyawan untuk melihat bahwa Anda percaya pada mereka.
Ingat, rasa percaya bukan timbul dari sebuah ungkapan, tapi dari banyak sekali pengalaman yang telah dialami dan dirasakan.
“Kepercayaan ialah sebuah perasaan (tentang) pengalaman manusia,” ungkap Simon Sinek, seorang penulis.
Sumber: Business Minded | Foto: City Max Blog
Sumber aciknadzirah.blogspot.com