Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pola Artikel Singkat Dalam Bahasa Indonesia

Konten [Tampil]

Menurut laman id.wikipedia.org, artikel didefinisikan sebagai karangan faktual yang ditulis secaa lengkap dengan panjang goresan pena tertentu yang dibentuk untuk dipublikasikan ke media masaa dan bertujuan untuk memberikan gagasan, dan juga pengetahuan. Artikel sendiri termasuk ke dalam satu di antara jenis-jenis karangan semi ilmiah. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengetahui ibarat apa teladan dari sebuah artikel. Adapun teladan tersebut yaitu sebagai berikut ini!


Cara Membedakan Berita Asli dan Hoaks


Kemajuan internet menciptakan semuanya menjadi gampang untuk diraih, termasuk soal berita. Sumber isu yang dahulu terbatas, sekarang kian gampang diakses berkat adanya internet. Tak hanya menyediakan informasi atau isu yang gampang diakses, internet juga bisa menyajikan isu terbaru dengan sangat cepat.


Sekilas, hal ini tentu sangat menguntungkan kita semua. Namun, hal ini justru malah menimbulkan sejumlah imbas jelek kepada kita. Banyaknya informasi atau isu terkadang malah menciptakan kita selaku pembaca kebingungan untuk memilih mana isu orisinil dan mana yang bukan. Kebingungan ini tentu akan menciptakan kita selaku pembaca tidak sanggup mennetukan isu mana yang patut dijadikan rujukan kepada kita.


Dan kebingungan ini pun dijadikan celah bagi orang-orang tertetu untuk menunjukkan isu palsu ataupun hoaks. Dengan aneka macam cara, mereka menyajikan isu tersebut dengan amat sangat meyakinkan, sehingga pembaca yang kebingungan pun secara tak sadar mengkonsumsi isu palsu tersebut dan meyakininya sebagai isu orisinil yang patut menjadi rujukan.


Jika ini sudah terjadi, maka sejumlah imbas jelek agi masyarakat. Fitnah dan kebencian yang salah kepada satu pihak merupakan beberapa imbas jelek yang terjadi tanggapan isu hoaks. Agar hal tersebut tak terjadi kepada kita dan orang-orang di sekitar kita, maka kita harus lebih cerdas lagi dalam membaca sebuah informasi. Ada sejumlah cara untuk membedakan isu orisinil dan hoaks, di mana cara-cara tersebut antara lain:



  1. Verifikasi sumber: pastikan sumber isu yang didapat berasal dari sumber yang terpercaya.

  2. Lihat judulnya: jika menemukan isu yang judulnya bernada provokatif atau b0mastis, maka sebaiknya isu tersebut diabaikan, alasannya isu tersebut merupakan isu hoaks.

  3. Data yang terkandung di dalamnya: pastikan semua data atau informasi dalam isu itu lengkap dan terperinci. Jika tidak, maka isu tersebut patut untuk kita ragukan.

  4. Kelogisan berita: selain data yang lengkap, tingkat kelogisan isu yang ditayanglan juga patut untuk diperhatikan. Jika isu yang ditampilkan sangat tidak masuk di akal, maka bisa dipastikan bahwa isu itu yaitu isu hoaks.

  5. Mengandung unsur pemaksaan: seringkali, kita menemukan isu atau informasi yang memaksa pembaca untuk menyebarkannya ke orang lain. Misalnya: sebarkan isu ini ke teman-teman sejawatmu, atau nanti kami masuk neraka. Jika sebuah isu mengandung kalimat yang bernada ibarat itu, maka sebaiknya isu itu jangan dibaca lagi. alasannya isu itu yaitu hoaks.


***


Demikianlah teladan artikel singkat dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan gres bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai artikel khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya.


Jika pembaca ingin menambah rujukan soal karangan semi ilmiah, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: contoh esai sastra, teladan opini di koran, contoh tajuk planning singkat, contoh biografi orang sukses, contoh feature singkat, serta artikel contoh autobiografi singkat wacana diri sendiri.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com