Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Dinamika Partikel, Jenis Gaya Dan Kekerabatan Massa

Konten [Tampil]

Pengertian Dinamika Partikel, Jenis Gaya dan Hubungan Massa – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal dinamika partikel. Yang mencakup perihal pengertian dinamika partikel, jenis-jenis gaya dinamika partikel dan kekerabatan massa dinamika partikel yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Untuk lebih telitinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Dinamika Partikel, Jenis Gaya dan Hubungan Massa


Mari kita bahas pengertian dinamika partikel terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Dinamika Partikel


Dinamika partikel merupakan suatu ilmu yang membahas perihal gaya-gaya yang mengakibatkan suatu partikel yang semula membisu menjadi bergerak, atau yang mempercepat atau memperlambat gerak suatu partikel.


Jenis-Jenis Dinamika Partikel


Adapun jenis-jenis dari dinamika partikel yaitu:


Gaya


Jika kita mendorong atau menarik suatu benda, maka sanggup disebut bahwa kita melaksanakan gaya terhadap benda tersebut. Tetapi gaya juga sanggup dilakukan oleh benda-benda mati. Sepergi pada pegas yang regang akan melaksanakan gaya terhadap benda-benda yang dihubungkan ke ujung-ujungnya, atau suatu lokomotif akan melaksanakan gaya terhadpa formasi gerbong-gerbong yang sedang ditariknya.


Suatu gaya mempunyai arah dan besar, sehingga gaya ialah vektor yang mengikuti aturan-aturan penjumlahan vektor. Gaya sanggup dinyatakan dengan sebuah garis yang mempunyai tanda panah pada ujungnya sebagai arah dari gaya tersebut sedangkan panjang garis menyatakan besar gaya tersebt. Didalam satuan Standar Internasional, satuan gaya ialah Newton (N) atau kg.m/s2.


Gaya Gravitasi


Benda-benda yang dijatuhkan di akrab permukaan bumi akan jatuh dengan percepatan yang sama yaitu sebesar percepatan gravitasi (g= 9,8 m/s2 = 9,8 N/kg dalam satuan SI), kalau kendala udara sanggup diabaikan. Gaya yang mengakibatkan percepatan ini disebut dengan gaya gravitasi (FG). Maka sanggup disebut bahwa gaya gravitasi yaitu gaya yang dilakukan oleh bumi terhadap setiap benda yang ada disekitarnya


Hukum gravitasi menyatakan bahwa gaya antara dua partikel yang mempunyai mass m1 dan m2 dan dipisah oleh jarak r ialah suatu gaya tarik menarik sepanjang garis yang menghubungkan kedua patikel tersebut dan mempunyai besar:

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal dinamika partikel √ Pengertian Dinamika Partikel, Jenis Gaya dan Hubungan Massa


Keterangan:


F = Gaya tarik-menarik antara kedua benda (N)


G = Tetapan gravitasi (6,673 x 10-11 Nm2/kg-2)


m1, m2 = Massa benda 1 (kg)


r = Jarak antara kedua benda (m)

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal dinamika partikel √ Pengertian Dinamika Partikel, Jenis Gaya dan Hubungan Massa


Jika m1, diibaratkan sebagai massa bumi (M) dan m2 sebagai massa benda m yang ada disekitar bumi dan mempunyai jarak r dari titik sentra bumi, maka gaya tarik oleh bumi pada benda tersebut adalah:

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal dinamika partikel √ Pengertian Dinamika Partikel, Jenis Gaya dan Hubungan Massa


Gravitasi yang bekerja antara bumi dengan benda. Arah gaya berat selalu ke bawah mengarah pada sentra bumi (terlihat mirip gambar diatas). Gaya berat di suatu benda besarnya:


W = mg


Sehingga percepatan gravitasi g sanggup dinyatakan sebagai:

g = Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal dinamika partikel √ Pengertian Dinamika Partikel, Jenis Gaya dan Hubungan Massa


Gaya Normal


Gaya normal (N atau FN) yaitu suatu gaya yang timbul kalau dua buah benda saling bersentuhan. Arah gaya normal tetap tegak lurus terhadap permukaan yang bersentuhan (bidang singgung) dengan benda tersebut (lihat gambar dibawah). Besar atau kecilnya gaya normal bergantung pada besar dan kecilnya gaya tekanan pada permukan kontak (bidang singgung). Kaprikornus apabila tangan kita menekan permukaan sebuah meja dengan gaya tekan yang besar, maka gaya normal yang ditimbulkan juga akan besar. Sedangkan apabila kita menekan dengan lembut, maka gaya normal yang ditimbulkan juga akan kecil.

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal dinamika partikel √ Pengertian Dinamika Partikel, Jenis Gaya dan Hubungan Massa


Gaya Gesek


Suatu benda yang diluncurkan dari atas suatu permukaan horizontal atau rata, maka perlajuannya akan berkurang dan pada jadinya berhenti. Sangat terperinci kalau suatu gaya arah horizontal bekerja pada benda tersebut, yang mana arah gaya tersebut berlawanan dengan gerak benda. Gaya tersebut sering disebut dengan gaya gesek (f) yang bekerja pada benda itu dan disebabkan oleh permukaan itu.


Gaya gesek sanggup terjadi kalau dua buah benda bergesekan, yakni permukaan kedua benda itu saling bersinggungan di waktu benda yang satu bergerak terhadap benda yang lainnya dan sejajar dengan permukaan yang slaing bersinggungan tersebut.

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal dinamika partikel √ Pengertian Dinamika Partikel, Jenis Gaya dan Hubungan Massa


Arah gaya gesek yang selalu berlawanan arah dengan arah gerak dari benda yang bergerak (dapat dilihat pada gambar dibawah). Kaprikornus kalau sebuah balok bergerak dari kiri ke kanan atas sebuah lantai, maka sebuah gaya gesek dengan arah ke kiri akan bekerja pada balok tesebut.


Suatu gaya gesek yang bekerja antara dua permukaan yang ada dalam keadan membisu relatif satu dengan lannya disebut dengan gaya gesek statik (Fs). Gaya gesek statik maksimum ialah suatu gaya terkecil yang mengakibatkan benda bergerak. Untuk permnukaan yang kering dan tidak diberi pelumas, didapat bahwa gaya gesek statik maksimum diantara dua permukaan tidak bergantun g pada luas permukaan kontak yang saling bergesekan. Tetapi sebanding dengan besarnya gaya normal antara kedua benda yang saling bersinggungan (perhatikan pada gambar c diatas).


fs ≤ μs N


Dengan μs = koefisien gesek statik. Tanda yang sam adengan pada permukaan di atas berlaku kalau s mencapai besar maksimum. Sekali benda mulai bergerak, gaya gesek yang bekerja akan berkurang sehingga untuk mempertahankan gerak lusur beraturan diharapkan suatu gaya yang lebih kecil. Gaya yang bekerja antara dua permukaan yang saling bergerak relative disebut dengan gaya gesek kinetic (fk).


Untuk permukaan yang kering dan tidak ada pelumasnya, didapat bahwa gaya gesek kinetic tidak bergantung pada luas permukaan kontak atua pada kecepatan relative antara kedua permukaan yang saling bergesekan, tetapi sebanding dengan besarnya gaya normal antara kedua benda yang saling bergesekan (lihat gambar diatas). Dimana μk = koefisien gesek kinetk.


fk = μk N


Pada gambar a tersebut terlihat bahwa suatu balok suatu balok berada membisu diatas permukaan horizontal dalam keadaan seimbang dibawah imbas berat W dan gaya P ke atas yang dilakukan permukaan terhadapnya.


Jika seutas tali diikatkan pada salah satu sisi balok (seperi pada gambar b diatas), kemudian diberi gaya pada tali itu tetapi tidak terlalu besar sehingga balok masih tetap diam. Gaya P yang dilakukan oleh permukaan terhadap balok miring ke kiri. Karena gaya P, T, dan W harus konkuren, maka komponen gaya P yang sejajar dengan permukaan tersebut disebut sebagai gaya gesek statis fs) dan komponen yang tegak lurus terhadap permukaan disebut gaya normal (N) yang dilakukan permukaan terhadap balok (lihat pada gambar b diatas).


Berdasarkan syarat kesetimbangan, maka fs sama dengan t dan N sama dengan W. Jika T terus diperbesar, maka balok akan mulai bergerak di suatu nilai T tertentu dan dengan kata lain fs terletak pada nilai maksimum (lihat gambar c diatas). Jika T diperbesar lagi sehingga balok tidak lagi setimbang, namun sudah bergerak. Maka gaya gesek akan berkurang (lihat gambar b diaatas).


Konstanta μs dan μk merupakan besaran tanpa satuan. Umumnya μs > μkb untuk dua permukaan tertentu. Nilai masing-masing dua koefisien tersebut tergantung dari sifat kedua permukaan gesek. Semakin bergairah suatu permukaan, maka nilai koefisiennya juga akan semakin besar dan nilainya akan kecil jia permukaanya licin. Seringkali nilainya lebih kecil dari 1, walaupun mungkin lebih besar dari 1.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Dinamika Partikel, Jenis Gaya dan Hubungan Massa, agar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id