Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Cara Memperbaiki Memori Microsd Yang Rusak Tanpa Kehilangan Data

Konten [Tampil]
Cara Memperbaiki Memori MicroSD Yang Rusak Tanpa Kehilangan Data √ Cara Memperbaiki Memori MicroSD Yang Rusak Tanpa Kehilangan Data

Sebagian besar ponsel cerdas (smartphone) mempunyai slot kartu memori microSD yang sanggup dipakai untuk memperluas penyimpanan. Mungkin ada banyak sekali alasan mengapa kartu memori menjadi rusak dan situasinya niscaya akan menjadi tidak menyenangkan bila kita mempunyai banyak foto dan video serta dokumen yang tersimpan di dalamnya.

Dalam beberapa kasus, memformat kartu MicroSD yaitu satu-satunya cara untuk memperbaikinya dan membuatnya sanggup dipakai lagi. Akan tetapi bila kita melaksanakan cara itu, maka semua yang tersimpan di kartu memori akan terhapus.

Dalam artikel ini, akan membagikan panduan wacana bagaimana cara biar kita sanggup mengatasi dan memperbaiki kartu microSD yang rusak tanpa kehilangan data apapun.

Kartu memori MicroSD yaitu pilihan penyimpanan yang bertujuan untuk memperluas kapasitas penyimpanan. Kartu memori ini menjadi terkenal berkat boomingnya ponsel cendekia pada ketika kini ini. Akan tetapi, memori jenis ini juga rentan terhadap beberapa masalah.

Kartu SD yang rusak cukup umum akhir-akhir ini. Kadang-kadang, tanpa alasan tertentu sama sekali, kartu MicroSD menjadi mati total, tidak terdeteksi, sampai karenanya tidak sanggup diakses.

Ketika kau mencoba memakai kartu pada perangkat apapun, kau akan diminta untuk memformat kartu SD untuk memperbaiki masalah. Meskipun tidak ada cara niscaya untuk tidak kehilangan data dan memperbaiki kartu MicroSD tersebut, namun ada suatu hal yang sanggup kau coba.

Perintah CHKDSK Untuk Memperbaiki Kartu MicroSD


Metode chkdsk harus menjadi pilihan pertama kau ketika menghadapi dilema menyerupai ini. Cara ini yaitu alat baris perintah pada Windows yang memungkinkan untuk mengatasi atau memperbaiki kartu microSD yang rusak dan mendapat kembali terusan ke semua file penting milikmu di dalamnya.

Baca juga: Kesal Internetan Karena Iklan? 5 Aplikasi Pemblokir Iklan Ini Perlu Kamu Coba!

Dalam masalah MicroSD, kau akan memerlukan pembaca kartu MicroSD (card reader), tapi kebanyakan laptop produk kini sudah banyak yang mempunyai slot kartu MicroSD tersendiri.

1- Hubungkan kartu MicroSD / SD Card kau ke komputer / laptop Windows.

2- Tekan tombol Windows kemudian ketik "cmd" untuk mencari Command Prompt. Kamu juga sanggup mengklik kotak pencarian dan mengetik "cmd" pada Windows 10.

Cara Memperbaiki Memori MicroSD Yang Rusak Tanpa Kehilangan Data √ Cara Memperbaiki Memori MicroSD Yang Rusak Tanpa Kehilangan Data

3- Klik kanan pada Command Prompt, kemudian pilih Run as administrator.

4- Ketikkan chkdsk /X /f sd_card_letter: atau chkdsk sd_card_letter: /f. Misalnya, bila kartu MicroSD ditampilkan pada komputer sebagai drive E:, ketik chkdsk /X /f E: atau chkdsk E: /f

Cara Memperbaiki Memori MicroSD Yang Rusak Tanpa Kehilangan Data √ Cara Memperbaiki Memori MicroSD Yang Rusak Tanpa Kehilangan Data

Maka Windows akan menyidik kesalahan kartu MicroSD / SD Card kau dan memperbaikinya tanpa menghapus data apapun. Proses ini sanggup memakan waktu sampai beberapa menit, tergantung pada ukuran kartu yang kau miliki.

Setelah selesai semua, bila kau melihat pemberitahuan "Windows has made corrections to the file system" di jendela Command Prompt, selamat karenanya kau punya alasan untuk bergembira. Kini kartu memori kau telah diperbaiki. Sekarang kau sanggup melihat data di dalamnya pada perangkat apapun menyerupai biasanya.

Alat Pemulihan Data (Data Recovery Tool) Untuk Memperbaiki Kartu MicroSD Yang Rusak


Ada kemungkinan yang mengakibatkan metode di atas mungkin tidak cocok bagi kamu, sehingga tidak berhasil memperbaikinya.

Baca juga: Tanpa Disadari, 5 Kecerobohan Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Android Cepat Rusak

Jika kau mempunyai terusan ke banyak sekali Sistem Operasi komputer, kau sanggup mencoba menghubungkan kartu MicroSD dengan semua perangkat yang kau miliki.

Bila salah satu diantaranya sanggup membaca kartu memori tersebut, maka segeralah mengamankannya dengan cara menyalin data file di dalamnya dan kemudian memformat kartu memori tersebut.

Namun bila tidak sanggup dibaca oleh banyak sekali perangkat, maka satu-satunya pilihan yaitu dengan memformat kartu MicroSD tersebut dan kemudian mencoba memulihkan data yang hilang memakai perangkat lunak (software) pemulihan data dari pihak ketiga.

Ada beberapa opsi software recovery tool untuk dipilih, kebanyakan dari software ini berbayar, tapi tetap ada juga yang gratis. Beberapa nama terkenal software data recovery tool yaitu iSkysoft, Recuva, EasUS, dll.

Gunakan perangkat lunak apapun pilihanmu segera sesudah memformat kartu MicroSD untuk memastikan pemulihan sanggup berjalan maksimal. Sekali lagi, data yang ditulis ke kartu memori, pemulihan data yang dihapus akan menjadi lebih sulit.

Demikian klarifikasi mengenai cara memperbaiki memori MicroSD yang rusak tanpa menghilangkan data file yang kau miliki. Semoga dilema yang sedang kau hadapi terkait memori eksternal MicroSD ini sanggup terselesaikan.

Sumber http://www.fajrinfo.com