Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian E-Commerce Secara Umum Dan Manfaatnya

Konten [Tampil]

Berikut ini definisi atau pengertian e-commerce dan manfaatnya. Electronic Commerce atau disingkat E-Commerce, istilah ini biasanya selalu dihubungkan dengan jual-beli online atau transaksi yang melibatkan penjualan dan pembelian produk maupun jasa melalui internet. Saat ini E-Commerce sedang terkenal tapi mungkin masih ada beberapa orang yang belum sepenuhnya mengerti, oke bagi yang belum mengerti kau sanggup membaca penjelasannya di bawah ini.


A. Penjelasan E-Commerce


Yang dimaksud dengan e-commerce yakni suatu proses penjualan dan pembelian produk maupun jasa yang dilakukan secara elektronik yaitu melalui jaringan komputer atau internet. Arti lain dari e-commerce yaitu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam melaksanakan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah dan mendefenisikan kembali hubungan yang gres antara penjual dan pembeli.


B. Bentuk atau Model E-Comerce


Saat ini model dari e-commerce dibagi menjadi 5 (lima) macam, yang diantaranya sebagai berikut:


a. B to B e-commerce


B to B (Busines to Business) e-commerce, merupakan perdagangan secara elektronik antara organisasi atau perusahaan. Para mahir memprediksi bahwa B to B e-commerce ini akan semakin berkembang dengan cepat.


 istilah ini biasanya selalu dihubungkan dengan jual √ Pengertian E-Commerce Secara Umum Dan Manfaatnya

Penjelasan lengkap wacana Electronic Commerce.


b. B to C e-commerce


B to C (Business to Consumer) e-commerce, merupakan perdagangan antara organisasi atau perusahaan dan konsumen. B to C yakni salah satu dari bentuk e-commerce yang biasanya penjualan produk akan dilakukan secara eceran dari perusahaan kepada para konsumen. Kebanyakan konsumen akan membeli barang yang berbentuk fisik ibarat telepon genggam, pakaian, buku dll. atau barang digital ibarat softwere, e-book dll.


c. B to G e-commerce


B to G (Business to Government) e-commerce, merupakan perdagangan antara perusahaan dengan pemerintah, contohnya ibarat pengadaan koneksi internet, prosedeur perjanjian maupun aktivitas lainnya yang melibatkan bisnis antara perusahaan dan pemerintah.


d. C to C e-commerce


C to C (Consumer to Consumer) e-commerce, merupakan perdagangan antara individu dengan konsumen. C to C sanggup dikatakan transaksi dimana konsumen menjual produk secara eksklusif kepada konsumen lain dengan memakai media elektronik atau online.


e. M – Commerce


M-Commerce (Mobile Commerce), merupakan perdagangan melalui perangkat elektronik tanpa kabel atau nirkabel contohnya melalui perangkat genggam ibarat PDA.


C. Apakah perbedaan E-Comerce dengan E-Business?


Tentunya Perdagangan Elektronik (e-commerce) dan e-business memiliki arti maupun konsep yang berbeda. Pada e-commerce teknologi informasi dan komunikasi dipakai hanya secara internal oleh organisasi atau perusahaan. Sedangkan pada e-business teknologi informasi dan komunikasi dipakai untuk meningkatkan bisnis perusahaan yang mencangkup semua aspek bisnis baik itu yang profit maupun nonprofit.


D. Hambatan UKM untuk menjalankan E-Commerce


Beberapa hal yang sanggup menjadi penghambat dalam pelaksanaan e-commerce pada sektor UKM, diantaranya seperti:


a. Kurangnya kesadaran akan pentingnya nilai e-commerce


Umumnya di negara yang masih tertinggal dan sedang berkembang UKM tidak memakai e-commerce dalam menjalankan bisnisnya, alasannya mereka masih belum melihat seberapa besar manfaat yang didapatkan dari e-commerce.


b. Kurangnya pengetahuan dan kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi


Di negara yang masih tertinggal dan masih berkembang orang-orang yang memahami teknologi informasi dan komunikasi masih sangat terbatas, oleh lantaran itu pembisnis yang menjalankan UKM masih jarang memakai e-commerce dalam memasarkan produknya.


c. Masalah pada sektor finansial


Bagi UKM di negara yang masih tertinggal dan berkembang terasa berat jikalau menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalankan bisnisnya.


d. Infrastruktur yang masih belum memadai


Tentunya diperlukan infrastruktur yang memadai untuk menjalankan e-commerce, disinilah tugas pemerintah untuk membangun infrastruktur yang nantinya sanggup dimanfaatkan oleh UKM untuk berbisnis memakai teknologi informasi dan komunikasi.


e. Security atau keamanan.


Masalah keamanan menjadi salah satu yang menjadi penyebab e-commerce masih jarang di terapkan. Karena orang-orang masih merasa takut untuk melaksanakan transaksi secara online, selain itu kurangnya pemahamanpun sanggup menjadi rasa takut orang melaksanakan transaksi. Padahal dikala ini keamanan transaksi secara online sudah semakin meningkat contohnya dengan memakai rekening bersama jadi semakin lebih aman.


Baca juga: Pengertian e-business dan contohnya serta keuntungannya.


E. Beberapa pola bentuk e-commerce



  • Perdagangan online melalui Website.

  • Transaksi bisnis secara online antara perusahaan.

  • TV Interaktif, Internet via TV.

  • Internet banking, dan lain-lain.


F. Manfaat E-Commerce bagi perusahaan


Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan dari e-commerce, diantaranya:


a. Buka sepanjang waktu


Seperti situs atau web e-commerce yang sanggup beroperasi setiap waktu selama 24 jam sehari dan tentunya setiap hari. Dapat disimpulkan hal ibarat ini sanggup meningkatkan jumlah konsumen dan pesanan yang diterima akan semakin bertambah.


b. Melewati batasan geografis atau jangkauan global


Toko fisik tentunya akan dibatasi oleh wilayah geografis. Dengan memakai e-commerce maka seluruh penjuru dunia sanggup dikatakan wilayah untuk menjalankan bisnis. Karena dengan e-commerce perusahaan sanggup menjalankan bisnis dengan jangkauan yang lebih luas.


c. Dapat memperoleh konsumen melalui pencarian di internet


Situs atau web e-commerce perusahaan bisa saja ditemukan oleh konsumen jika mereka mencarinya di internet dan tentunya hal ini akan menjadi salah satu laba yang bisa didapatkan oleh perusahaan dalam berbisnis lantaran pelanggan gres akan berdatangan.


d. Biaya promosi yang relatif rendah


Manfaat lain yang bisa didapatkan dari e-commerce yaitu biaya promosi yang relatif rendah. Tentunya hal ibarat ini akan menjadi salah satu laba bagi perusahaan dalam mempromosikan produknya kepada para konsumen.


e. Mencari produk menjadi lebih cepat dan akurat


Misalnya pada situs atau web e-commerce perusahaan konsumen sanggup mencari produk dengan cara menklik katalog atau tombol hidangan yang telah disediakan di websitenya atau bisa juga memakai kotak pencarian, sehingga konsumen sanggup menemukan produk yang diinginkannya.


f. Dapat menunjukkan informasi yang akurat dan up-to-date


Tentunya informasi akan semakin lengkap dan lebih gampang disampaikan kepada para konsumen. Biasanya informasi tersebut berisi spesifikasi mengenai produk-produk yang dijual oleh perusahaan. Informasipun sanggup di update kapan saja jikalau ada pemberitahuan atau klarifikasi yang gres mengenai produk yang dijual kepada konsumen.


G. Manfaat E-Commerce bagi konsumen atau pelanggan


Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh konsumen dari e-commerce, diantaranya:


a. Dimana saja dan kapan saja


Konsumen sanggup bertransaksi kapan saja dan tentunya sanggup membeli produk yang di inginkannya kapan saja, selama ada koneksi internet.


b. Lebih banyak pilihan produk dan jasa


Produk yang ditampilkan dalam website e-commerce tentunya akan banyak pilihan, alasannya untuk menupdate informasi mengenai produk sanggup dilakukan dengan mudah.


c. Harga yang relatif lebih murah


Dapat dilihat dan coba bandingkan biasanya harga dari produk yang ditawarkan di website e-commerce relatif lebih murah di bandingkan dengan produk yang ditawarkan di toko-toko fisik.


d. Ketersediaan informasi


Tersedianya informasi yang akurat mengenai informasi atau spesifikasi produk yang di inginkan.


g. Memberikan perbandingan harga dikala berbelanja


Semakin banyaknya e-commerce sehingga sanggup memungkinkan konsumen untuk mencari produk yang dicarinya dari beberapa website perusahaan dan nantinya konsumen akan memilih harga terbaik.


e. Kesempatan berpartisipasi


Konsumen sanggup menunjukkan testimoni atau komentar mengenai pelayanan dan produk yang sudah dibelinya. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.


Baca Juga: Ringkasan pengertian pelanggan dan jenis pelanggan terjelas.


H. Metode pembayaran dalam E-Commerce


Adapun beberapa metode pembayaran yang ada dalam e-commerce dikala ini, diantaranya:


a. Metode Tradisional



  • COD (Cash on Delivery), Merupakan metode pembayaran yang dilakukan secara tunai pada dikala produk sudah diterima.

  • Bank Payments, merupakan metode pembayaran yang dilakukan dengan cara mentransfer uang ke nomer rekening perusahaan yang menjual produk. Produk yang dibeli konsumen akan dikirim melalui jasa pengiriman barang, sesudah konsumen melaksanakan pembayaran.


b. Metode Elektronik



  • Innovations affecting consumers, merupakan pembayaran dengan kartu kredit atau debit, e-banking dan ATM.

  • Innovations enabling online commerce, Metode pembayaran ini masih kurang terkenal di negara-negara yang sedang berkembang, metode ini contohnya memakai e-checks, smart card, e-cash dan kartu kredit yang terenkripsi

  • Innovations affecting companies, metode ini berkaitan dengan prosedur bank sudah sediakan oleh bank untuk klien mereka, contohnya ibarat transfer antar bank melalui kliring yang memperbolehkan untuk melaksanakan pembayaran melalui deposit secara langsung.


I. Apa saja peranan E-Commerce bagi enterpreuneurship?


Adapun beberapa peranan e-commerce bagi enterpreuneurship pada suatu negara, diantaranya:



  • Dapat menunjukkan akomodasi saluran bagi para pengraji maupun UKM untuk menjual produknya ke pasar dunia.

  • Dapat menunjukkan jalan atau saluran bagi perusahaan di negara yang masih tertinggal untuk masuk ke perdagangan internasional.

  • Dapat menunjukkan akomodasi untuk melaksanakan promosi bagi negara yang sedang berkembang, contohnya melaksanakan promosi daerah wisata melalui internet.

  • Dapat membantu menunjukkan layanan untuk perusahaan atau pembisnis di negara-negara berkembang supaya sanggup beroprasi secara efesien.


Itulah tulisan yang membahas tentang pengertian e-commerce, jikalau terdapat kesalahan mohon dimaafkan. Terimakasih sudah membacanya dan biar sanggup bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com