√ Pengertian E-Business Dan Misalnya Serta Keuntungannya
Pengertian e-business dan contohnya serta manfaatnya yang sanggup di dapatkan. Mari kita pelajari dan pahami bantu-membantu mengenai definisi e-business yang mungkin ketika ini sedang tren, dan penjelasannya sanggup kau baca dibawah ini:
A. Apakah yang dimaksud e-business?
Yang dimaksud dengan Electronic Business atau E-Business yaitu suatu acara transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan sanggup eksklusif berinteraksi dengan costumer, supplier maupun rekan bisnis. Atau arti yang lebih singkat dari e-business yaitu penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga sanggup memperoleh keuntungan. Teknologi Informasi dan Komunikasi pada e-business dipakai untuk meningkatkan bisnis perusahaan yang mencangkup semua aspek yang berorientasi pada profit maupun nonprofit suatu perusahaan.
E-business sanggup dikatakan juga sebagai iklan semoga para konsumen sanggup membeli produk-produk perusahaan. Sehingga e-business sangat berkhasiat bagi e-comerce, lantaran fungsi dari e-business yaitu untuk mendukung bagian-bagian pada perusahaan ibarat bab prroduksi, finance, marketing dll. Kaprikornus perusahaan akan memakai Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga mendapat keuntungan.
B. Strategi e-business pada perusahaan
Adapun konsep atau taktik yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan e-business sanggup dibagi menjadi beberapa kelompok, yang diantaranya sebagai berikut:
a. ERP (Enterprise Resource Planning)
Merupakan taktik bisnis dari sistem informasi perusahaan yang sanggup dipakai untuk berkoordinasi mengenai sumber daya dan informasi yang dipakai untuk proses dalam berbisnis.

Apakah yang dimaksud E-Business?
b. EAI (Enterprise Application Programs)
Merupakan taktik bisnis menganai konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan sanggup bertukar informasi.
c. CRM (Customer Relationship Management)
Merupakan taktik bisnis dari layanan dan perangkat lunak (softwere) yang di desain untuk meningkatkan laba dan kepuasan para konsumen.
d. SCM (Supply Chain Management)
Merupakan taktik administrasi mengenai rantai suplai yang secara otomatis akan terkomputerisasi.
Baca juga: Seputar pengertian komunikasi bisnis dan berdasarkan para ahli.
C. Keuntungan yang sanggup di dapatkan dari e-business
Beberapa laba yang sanggup di dapatkan dari e-business, yang diantaranya seperti:
- Memperluas pasar, dengan e-business perusahaan atau pembisnis sanggup memperluas pasarnya sehingga sanggup memasuki pasar nasional maupun internasional, sehingga pembisnis sanggup menjangkau banyak pelanggan.
- Menekan biaya telekomunikasi dan waktu transaksi serta penerimaan produk.
- Konsumen sanggup melihat barang, spesifikasi dan informasi lainnya melalui internet sehingga tidak perlu repot-repot harus mendatangi penjual.
- Meningkatkan gambaran yang baik di mata para konsumen tentunya dengan pelayanan yang baik juga, alasannya yaitu dengan media internet informasi sanggup dengan cepat tersebar. Dan masih banyak lagi laba yang lainnya.
D. Kelebihan dan kelemahan e-business
Adapun beberapa keunggulan atau kelebihan dari e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a. Akses yang mudah
Maksudnya semoga sanggup terhubung atau berinteraksi jarak jauh atau tidak eksklusif dengan konsumen, para pembisnis hanya membutuhkan koneksi internet yang memadai.
b. Lebih sempurna sasaran
Jadi para pembisnis yang mempromosikan produknya akan lebih sempurna sasaran, sehingga konsumenpun akan bertambah.
c. Menghemat waktu
Jika untuk berinteraksi ataupun bertransaksi harus menemui konsumen atau menemui rekan bisnis, maka dengan e-business komunikasi sanggup dilakukan secara online di internet sehingga sanggup menghemat waktu.
d. Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar
Kebanyakan slalu orang beranggapan bahwa untuk memulai suatu bisnis membutuhkan modal yang cukup besar, khususnya dalam melaksanakan promosi produk yang akan di jual. Sedangkan kini ini sanggup dilihat berbagai orang yang berbisnis memakai internet atau secara online dengan modal yang sedikit atau tidak terlalu besar. Hanya dengan modal yang kecil dan di dukung dengan koneksi internet yang memadai, banyak orang yang eksklusif sanggup menjalankan bisnis. Contoh bisnis di internet yaitu menjadi reseller, jadi hanya menjual ulang produk-produk yang dijual oleh penjual lain tentunya dengan janji yang sudah disepakati sebelumnya.
Adapun beberapa kelemahan yang dimiliki oleh e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a. Tidak adanya pertemuan secara eksklusif dengan konsumen maupun sebaliknya
Jadi tidak ada susukan antara pembisnis dengan konsumen sehingga tidak akan terjadi tatap muka secara eksklusif antara penjual dan pembeli. Jika ingin bertemu harus menciptakan janji terlebih dahulu.
b. Beresiko terjadinya penipuan
Karena transaksi tidak secara eksklusif maka beresiko terjadinya penipuan, terutama bagi pembisnis pemula yang masih kurang pengetahuan mengenai bisnis di internet. Tapi ketika ini berbagai cara untuk menghindari penipuan salah satunya dengan transaksi memakai rekening bersama, sehingga transaksi menjadi lebih aman.
E. Unsur-unsur e-busines
Adapun unsur-unsur pada e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a. Pelaku bisnis
Diantaranya ibarat Organisasi, produsen atau perusahaan, supplier, rekan bisnis, konsumen dll.
b. Alat, media atau sumber daya yang digunakan
Diantaranya ibarat Teknologi informasi dan komunikasi (Komputer, internet dll).
c. Kegiatan dan sasarannya
Diantaranya ibarat acara dan proses bisnis (pelayanan, penjualan dan transaksi) serta operasi bisnis utama.
d. Tujuannya
Diantaranya ibarat komunikasi, koordinasi, pengolahan organisasi, transformasi proses bisnis dan menyebarkan informasi.
e. Beberapa laba yang sanggup di dapatkan
Diantaranya ibarat pendekatan yang relatif aman, lebih fleksibel, efesien, peningkatan produktivitas, peningkatan keuntungan, bisnis yang terintegrasi dll.
Baca juga: Pengertian advertising dan fungsinya atau tujuannya.
F. beberapa rujukan e-business
Beberapa rujukan e-business ketika ini yaitu koran atau media cetak yang ada berbasis online-nya, jadi tidak hanya media cetaknya saja. Banyak sekali media cetak yang menjalankan bisnisnya tidak hanya melalui media cetak saja tapi juga melalui media online di internet dan tentunya berbagai laba yang sanggup didapatkan misalnya seperti: info yang sanggup diakses kapan saja oleh seluruh masyarakat dan info yang lebih update dll. Lalu rujukan lainnya ketika ini berbagai toko-toko fashion yang tidak hanya menjalankan bisnisnya di dunia kasatmata tapi mereka juga menjalankan bisnisnya dengan cara online.
Bagaimana apakah kau sudah mengerti perihal apa itu e-business? Demikianlah klarifikasi atau artikel perihal pengertian e-business, bila kau beranggapan tulisan ini sangat bermanfaat jangan lupa untuk men-sharenya ya…, sekian dan terimakasih.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com