Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Tanaman Hortikultura Beserta Misalnya Secara Umum

Konten [Tampil]

Menjelaskan pengertian tumbuhan hortikultura, jenisnya, dan juga contohnya. Tanaman ini banyak di tanam oleh petani dan bermanfaat untuk dikonsumsi juga. Tanaman hortikultura mempunyai nilai hemat yang tinggi maka banyak sekali orang yang berfrofesi sebagi petani menanamnya, contohnya menyerupai sayuran dan buah-buahan. Lalu untuk memahaminya secara lebih jelas, maka baca penjelasannya dibawah ini.


A. Apakah Pengertian Tanaman Hortikultura?


Istilah hortikultura sendiri asalnya dari bahasa latin yaitu dari kata Hortus artinya Kebun, dan kata Culture artinya Bercocok Tanam. Kaprikornus secara umum holtikultira yaitu segala aktivitas bercocok tanam menyerupai sayur-sayuan, buah-buahan, ataupun tumbuhan hias dimana lahan (kebun atau pekarangan rumah) sebagai tempatnya. Tanaman pada hortikultura berkhasiat sebagai sumber daya untuk dikonsumsi, tapi ada juga untuk hal keindahan. Ilmu holtikultran berkaitan juga dengan ilmu budidaya tanaman, pemupukan, agronomi, kehutanan, ilmu cuaca, dan lain-lain. Biasanya hasil yang diperoleh dari budidaya secara hortikultura selalu upayakan lebih tinggi daripada cara budidaya tumbuhan lainnya, alasannya hortikultura memakai lahan atau area yang lebih luas untuk bercocok tanam. Saat ini tumbuhan hortikulturan menjadi tumbuhan budidaya di kebun dengan skala yang bersar, tapi sanggup juga tumbuhan hortikultuta dibudidayakan diarea bersekala kecil contohnya di pekarangan rumah sehingga tanamannya sanggup memberi manfaat secara eksklusif kepada yang membudidayakan.


 Tanaman ini banyak di tanam oleh petani dan bermanfaat untuk dikonsumsi juga √ Pengertian Tanaman Hortikultura Beserta Contohnya Secara Umum

Apakah itu Hortikultura?


D. Fungsi Tanaman Hortikultura


Tanaman hortikultura tentunya mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dan mempunyai potensi pasar yang tinggi juga baik itu pasar dalam negri ataupun luar negri. Beberapa manfaat yang sanggup di dapatkan dari tumbuhan hortikultura contohnya seeperti:



  • Sebagai penyedia pangan, menyerupai sebagai penyedia vitamin, serat, mineral, dan senyawa lainnya untuk memenuhi gizi.

  • Sebagai fungsi ekonomi, tanman hortikultura tentuntu mempunyai nilai ekonomi yang tinggi sehingga sanggup menjadi sumber penghasilan petani, pedagang, dan lain-lain.

  • Banyak tumbuhan hortikultura tertentu yang sanggup dipakai untuk mencegah dan mengobati aneka macam macam penyakit.

  • Tanaman hortikultura hias sanggup dipakai sebagai unsur keindahan dan kenyamanan lingkungan.


C. Jenis-Jenis tumbuhan hortikultura dan contohnya


Tanaman hortikultura dibagi menjadi 4 (empat) jenis, diantaranya:


1. Tanaman buah


Yaitu tumbuhan menghasilkan buah yang sanggup dikonsumsi dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Misalnya buhan-buhan menyerupai tomat, semangka, jeruk, mangga, melon, stroberi, rambutan, dan lain-lain.


2. Tanaman sayur


Yaitu jenis tumbuhan yang sanggup dikonsumsi, mempunyai serat dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh, tumbuhan ini juga mempunyai nilai hemat yang tinggi. Contoh tumbuhan sayuran seperti: bawang merah, bawang daun, bawang putih, kol, selada, kangkung, bayam, wortel, mentimun, buncis, paprika, dan lain-lain.


3. Tanaman hias


Yaitu jenis tumbuhan yang sanggup dipakai sebagai hiasan, biasanya tumbuhan ini mempunyai keindahan dari segi bunga, daun, akar, atau tangkainya. Contoh tumbuhan seperti: bunga mawar, melati, aglaonema, pakis, anggrek, dan lain-lain. (Baca juga: Menjelaskan pengertian tumbuhan hias, jenis, contoh, dan manfaatnya).


4. Tanaman Biofarmaka/ Tanaman obat


Merupakan jenis tumbuhan yang bermanfaat untuk mencegah maupun mengobati penyakit. Tnaman obat ada 2 jenis yaitu tumbuhan biofarmaka rimpang dan biofarmaka non-rimpang.

Biofarmaka rimpang merupakan tumbuhan yang bermanfaat untuk obat, kosmetik, dan untuk kesehatan lainnya bab tumbuhan yang dipakai yaitu bab umbinya. Sedangkan biofarmaka non-rimpang yaitu tumbuhan yang bermanfaat untuk obat, kosmetik, dan untuk kesehatan lainnya bab tumbuhan yang dipakai yaitu daun, batang, bunga, akarnya.


D. Lalu Apakah Perbedaan Tanaman Hortikoltura Dengan Perkebunan?


Perbedaan antara hortikultura dan perkebunan yaitu pada tumbuhan hortikultura hasil dari bercocok tanamnya sanggup dimanfaatkan secara langsung, sedangkan pada perkebunan balasannya harus memalui tahap produksi kembali atau di olah lagi biar sanggup dimanfaatkan, tumbuhan perkebunan contohnya kopi, teh, karet, kakao, dan sebagainya. (Baca juga: Pengertian budidaya, keuntungannya dan contohnya secara umum).


E. Kesimpulan


Dari klarifikasi di atas maka sanggup di ambil kesimpulan yang di maksud tumbuhan hortikultura yaitu tanam yang ditanam menyerupai sayur-sayuan, buah-buahan, ataupun tumbuhan hias dimana lahan (kebun atau pekarangan rumah) sebagai tempatnya. Kaprikornus tanman hortikultura itu merupakan tumbuhan yang ditanam pada lahan, dan balasannya sanggup dimanfaatkan secara langsung. Jenis tumbuhan hortikultura ada 4 (empat) jenis diantaranya: buah-buahan, sayur sayuran, tumbuhan hias, dan tumbuhan biofarmaka.


Akhir kata, itulah pengertian tumbuhan hortikultura, yang dilengkapi dengan jenis maupun contohnya. Semoga penjelasannya sanggup di pahami, jikalau ada kesalahan mohon di maafkan sekian dan terimakasih banyak.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com