Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Mekanisme Dan Macamnya Serta Cirinya Secara Umum

Konten [Tampil]

Memahami perihal pengertian prosedur, macam-macamnya, serta ciri-cirinya secara umum. Apakah kalian pernah membaca suatu teks prosedur? Itu loh…, yang berisi kalimat perintah mengenai tata cara melaksanakan atau menciptakan sesuatu dari awal hingga akhir. Jika kalian belum memahaminya, mari kita pahami bahu-membahu di pembahasan kali ini.


A. Memahami Definisi Prosedur


Yang dimaksud Prosedur ialah rangkaian agresi yang detail atau disebut juga suatu tindakan yang harus dijalankan dengan cara yang sama (sesuai yang tertera pada teks prosedur) supaya mendapat hasil yang sama. Prosedur sanggup dikatakan juga sebagai rangkaian acara atau langkah-langkah yang harus dijalankan supaya sanggup menghasilkan hasil yang diinginkan. Contoh teks mekanisme contohnya mekanisme keselamatan kerja, Prosedur dalam memakai suatu benda, dll.


B. Fungsi Prosedur


Fungsi teks mekanisme ialah untuk membantu seseorang dalam memahami bagaimana cara melaksanakan sesuatu secara tepat, sehingga tujuan sanggup tercapai secara efesien dan efektif. Atau sanggup juga untuk seseorang supaya sanggup memahami cara atau langkah-langkah dalam menciptakan sesuatu secara sempurna dan juga benar. Fungsi ini sanggup dikatakan juga sebagai tujuan teks prosedur.


 Apakah kalian pernah membaca suatu teks mekanisme √ Pengertian Prosedur Dan Macamnya Serta Cirinya Secara Umum

Apakah itu prosedur?


C. Macam-Macam prosedur


Berikut di bawah ini tiga jenis teks prosedur, diantaranya:


a. Teks Prosedur Sederhana


Yaitu mekanisme yang sanggup di lakukan hanya dengan dua hingga tiga agresi / langkah saja.


b. Teks mekanisme Kompleks


Yaitu mekanisme yang didalamnya terdapat agresi / langkah-langkah yang banyak sehingga cukup rumit.


c. Teks Prosedur Protokol


Yaitu mekanisme yang agresi atau langkah-langkahnya tidak terlalu rumit sehingga gampang di pahami.


D. Ciri-Ciri Prosedur Secara Umum


Prosedur mempunyai beberapa ciri, yang dimana ciriumumnya sebagai berikut ini:



  • Adanya tujuan dari melaksanakan acara atau langkah-langkah prosedur.

  • Adanya materi yang diharapkan bila mekanisme tersebut bertujuan untuk membuet suatu produk atau untuk melaksanakan aktivitas.

  • Adanya langkah-langkah yang detail mengenaiproses suatu pengerjaan secara berurutan.

  • Adanya batasan hukum yang harus dipatuhi dalam proses.


E. Struktur Teks Prosedur


Berikut ini struktur yang ada pada suatu teks prosedur, diantaranya:


a. Judul


Judul pada teks mekanisme diartikan sebagai suatu acara yang akan di buat atau dilakukan.


b. Kalimat Pengantar


Kalimat pengantar diartikan sebagai pernyataan pembuka untuk memberikan tujuan atau penulisan.


c. Bahan Dan Peralatan


Bahan dan peralatan sanggup diartikan sebagai rincian materi dan peralatan yang dipakai selama proses produksi atau suatu acara yang dilakukan.


d. Tahapan Proses Di Tulis Secara Berurutan


Yaitu tahapan atau proses yang harus dilakukan sesuai teks prosedur. Tentunya tahapan ini harus dilakukan secara berurutan dari awal hingga akhir, jadi dihentikan tertukar.


F. Ciri atau Unsur-Unsur Yang Terdapat Pada Teks Prosedur


Berikut ini unsur-unsur yang terdapat pada teks prosedur, diantaranya:



  • Dalam memberikan langkah-langkahnya teksprosedur memakai kalimat perintah, terutama dalam menyempaikan kata larangan.

  • Pada teks mekanisme memakai kata-kata yang membuktikan langkah-langkah acara yang berurutan contohnya menyerupai kata pertama-tama, kedua,ketiga, selanjutnya, terus dan sebagainya.

  • Pada teks mekanisme tertentu bisanya selalu terdapat satuan, menyerupai satuan berat dan panjang secara tepat. Misalnya pada mekanisme ketika memasak seperti: garam 1 sendok teh, tepung tapioka 1 kg, santan kelapa 250 ml, dan sebagainya.

  • Pada teks mekanisme terdapat kalimat dengan batasan-batasan yang pasti, contohnya pada ketika memasak: rebus santan kelapa hingga mendidih.

  • Pada teks mekanisme terdapat kata keterangan, contohnya kata: dengan, menggunakan, secara, sampai, hingga, dan sebagainya.

  • Pada teks mekanisme bisanya memakai akhiran -kan, seperti: tuangkan, bersihkan, matikan. Atau sanggup juga berkahiran –i, seperti: ulangi, olesi, lumuri, dan sebagainya.


Baca juga: Berikut pengertian kalimat dan contohnya lengkap secara umum.


G. Kesimpulan Pembahasan


Dari pembahasan di atas sanggup di ambil kesimpulan bahwa mekanisme yaitu  serangkaian langkah-langkah atau tindakan yang detail yang harus di dilakukan dengan cara yang sama (yang tertera pada teks prosedur) supaya mendapat hasil yang sama. Teks mekanisme bertujuan untuk membantu seseorang dalam memahami bagaimana cara melaksanakan sesuatu secara tepat, sehingga tujuan sanggup tercapai secara efesien dan efektif.


Sekian goresan pena mengenai pengertian prosedur yang dilengkapi dengan fungsinya, agar sanggup kau pahami dan bila ada kesalahan mohon di maafkan. Sekian dan terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com