Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Hidroponik, Manfaatnya, Dan Rujukan Jenis Tanamannya

Konten [Tampil]

Inilah pengertian hidroponik, manfaat dan beberapa referensi jenis tanamannya. Saat ini cara membudidayakan tumbuhan dengan cara hidroponik sedang berkembang, sebab salah satu kelebihannya tidak memerlukan lahan yang luas untuk melakukannya. Banyak masyarakat yang memakai teknik ini untuk menanam tumbuhan hanya sekedar hobi atau ada juga untuk mencari penghasilan. Bagi kau yang ingin mengetahu apa itu hidroponik, berikut ini kami rangkum penjelasannya.


A. Apa Itu Pengertian Hidroponik?


Yang dimaksud hidroponik ialah cara membudidayakan tumbuhan dengan memanfaatkan air tanpa memakai tanah sebagai media tanamnya, sehingga pada hidroponik sangat mementingkan dalam memenuhi nutrisi tanaman.

Tanaman sanggup tumbuh dengan subur dan menghasilkan buah secara lebih cepat walaupun tanpa memakai tanah sebagai media tanamnya. Dimanapun kawasan tumbuh tumbuhan akan selalu tumbuh baik jikalau nutrisinya terpenuhi. Pada metode hidroponik fungsi dari media pengganti tanahnya yaitu untuk menyangga tumbuhan saja dan yang terpenting yaitu air berfungsi untuk melarutkan nutrisi yang akan di serap oleh akar tanaman. Dengan metode hidroponik maka petani sanggup meghemat kawasan maupun waktu.


B. Manfaat Hidroponik Secara Umum


Adapun beberapa manfaat hidroponik yang sanggup di dapatkan, diantaranya:



  • Menghasilkan kualitas tumbuhan yang lebih baik.

  • Tanaman sanggup terhindar dari hama.

  • Penggunaan pumuk menjadi lebih hemat.

  • Hemat tempat, sebab tidak memerlukan lahan tahan yg luas untuk menana tanaman.

  • Tanaman sanggup tumbuh dengan cepat.

  • Hemat tenaga dan waktu.


C. Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik


a. Kelebihan hidroponik


Beberapa laba yang sanggup di dapatkan dari tumbuhan hidroponik contohnya seperti:



  • Produksi tumbuhan lebih tinggi jikalau di bandingkan dengan metode tanam dengan tanah.

  • Tanaman sanggup terbebas dari penyakit dan juga hama.

  • Pemakaian pupuk lebih hemat dan tumbuh tumbuhan lebih cepat.

  • Dapat mengganti tumbuhan dengan mudah.

  • Mempermudah pekerjaan maupun perawatan tanaman.

  • Tanaman akan memperlihatkan hasil secara berkelanjutan.


b. Kekurangan hidroponik


Beberapa kekurangan dai metode tanam hidroponik, diantaranya:



  • Memerlukan biaya lebih di awal-awal, terutama jikalau berencana untuk menanam tumbuhan secara hidroponik dalam sekala besar.

  • Membutuhkan alat-alat khusus. Alat-alat untuk metode tanam hidroponik masih jarang di temukan di sekitar kita.

  • Memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus sebab metode tanamnya tidak pada lahan tanah.

  • Dan juga membutuhkan ketelitian yang lebih, sebab nutrisi untuk tumbuhan harus benar-benar di awasi secara cermat. (Baca Juga: Pengertian kultur jaringan dan keuntungannya terlengkap).


D. Jenis Tanaman Hidroponik


Berikut ini beberapa referensi jenis tumbuhan hidroponik yang sering di budidayakan, contohnya seperti:


1. Selada


Selada merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sering ditanam dengan cara hidroponik. Tanaman selada tergolong gampang untuk di budidayakan, serta banyak orang yang mengkonsumsinya maka tidak heran jikalau flora ini menjadi pilihan untuk ditanam secara hidroponik sebab mempunyai nilai ekonomis.


 manfaat dan beberapa referensi jenis tanamannya √ Pengertian Hidroponik, Manfaatnya, Dan Contoh Jenis Tanamannya

gambar: pixabay.com


2. Cabai


Tanaman Cabai termasuk salah satu jenis tumbuhan yang sering ditanam dengan cara hidropinik juga, sebab mempunyai nilai hemat yang tinggi. Selain itu cabe termasuk buah yang banyak di konsumsi oleh masyarakat indonesia, cabe sering dipakai untuk bumbu-bumbu masakan atau sebagai materi dalam menciptakan sambal.


 manfaat dan beberapa referensi jenis tanamannya √ Pengertian Hidroponik, Manfaatnya, Dan Contoh Jenis Tanamannya

gambar: kabartani.com


3. Kangkung


Kangkung merupakan jenis sayuran yang banyak di konsumsi oleh orang Indonesia. Menanam kangkung secara hidroponik tergolong cukup mudah, akan menghasilkan kualitas yang unggul, sehingga banyak orang yang menanamnya.


 manfaat dan beberapa referensi jenis tanamannya √ Pengertian Hidroponik, Manfaatnya, Dan Contoh Jenis Tanamannya

gambar: hidroponikyuk.com


4. Bayam


Selain kangkung bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sering di konsumsi orang indonesia. Menanam bayam secara hidroponik tentunya akan menghasilkan kualitas bayam yang unggul, maka sayuran ini sering menjadi pilihan untuk di tanam secara hidroponik.


5. Timun


Timun cocok di tanam dengan cara hidroponik, timun sering di konsumsi untuk hidangan perhiasan atau sebagai coel sambal oleh masyarakat indonesia. maka tak heran jikalau sering dijadikan pilihan untuk di budidayakan secara hidroponik sebab mempunyai nilai hemat yang tinggi juga.


6. Strawberry


Banyak orang yang membudidayakan tumbuhan buah yang satu ini dengan cara hidroponik, sebab mempunyai nilai hemat yang cantik juga.


7. Semangka


Buah yang mempunyai kandungan air yang cukup banyak ini dan mempunyai rasa yang manis sehingga banyak di gemari untuk di konsumsi oleh masyarakat. Tanaman buah semangka sanggup menjadi pilihan untuk di tanam secara hidroponik, sehingga sanggup menghasilkan buah semangka dengan kualitas yang unggul.


Masih banyak lagi jenis-jenis tumbuhan yang sanggup di tanam secara hidroponik, contohnya menyerupai melon, anggur, tomat, paprika, timun jepang, bahkan bunga juga. Dan tentunya untuk sanggup menghasilkan tumbuhan yang cantik perlu memakai bibit-bibit tananaman dengan kualitas terbaik juga. (Baca Juga: Menjelaskan pengertian tumbuhan hias, jenis, contoh, dan manfaatnya).


E. Kesimpulan Pembahasan


Jadi yang dimaksud hidroponik yaitu cara menanam tumbuhan tanpa memakai tanah sebagai media tanamnya, tapi dengan cara memanfaatkan air dan memperhatikan asupan nutrisi bagi tanaman. Kelebihan yang sanggup di dapatkan contohnya tumbuhan bebas hama dan penyakit, hemat tempat, tumbuhan tumbuh lebih cepat, dll. Sedangkan kekurangannya contohnya memerlukan biaya yang besar si awal-awal, memerlkuan pengetahuan dan keahlian khusus, memerlukan alat-alat khusus, dll. Lalu jenis tumbuhan yang sering di budidayakan secara hidroponik contohnya kangkung, bayam, selada, cabai, tomat, paprika, strawberry, melon, semangka, dll.


Itulah pengertian hidroponik, yang dilengkapi juga dengan manfaat, kelebihan dan kekurangannya maupun beberapa jenis tumbuhan yang sanggup di tanam secara hidroponik. Semoga klarifikasi ini sanggup bermanfaat dan sanggup di pahami.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com