Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Budidaya, Keuntungannya Dan Misalnya Secara Umum

Konten [Tampil]

Berikut ini pengertian budidaya secara umum, disertai keuntungannya dan contohnya. Apa kau pernah mendengar istilah budidaya? Istilah ini selalu berkaitan dalam proses memperbanyak sumber daya hayati, yang umumnya dalam bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan hewan. Saat ini banyak masyarakat yang mengakibatkan budidaya tumbuhan atau binatang sebagai sumber penghasilannya. Bagi kau yang ingin mengetahui penjelasannya secara lengkap, maka baca saja dibawah ini.


A. Apa itu pengertian budidaya?


Yang dimaksud dengan budidaya ialah upaya yang berkala untuk memelihara dan mengembangbiakan tumbuhan atau binatang supaya tetap lestari sehingga sanggup memperoleh hasil yang bermanfaat. Misalnya yang sering dibudidayakan yaitu tanaman, aneka macam jenis tumbuhan yang sanggup dibudidayakan mulai dari tumbuhan pangan, sayuran, dan tumbuhan hias sehingga dengan membudidayakannya sanggup mendapat keuntungan. Profesi yang selau melaksanakan budidaya pada tumbuhan yaitu petani. Petani selalu menanam tumbuhan baik itu tumbuhan pangan, sayur-sayuranan, buah-buahan, sampai tumbuhan hias. Dari membudidayakan tumbuhan maka petani sanggup menjual hasil dari proses produksi pertaniannya dan mendapat penghasilan. Selain tanaman, yang sanggup di budidayakan yaitu hewan, contohnya menyerupai pada peternakan ayam dan sapi, atau perikanan ikan air tawar.


 Apa kau pernah mendengar istilah budidaya √ Pengertian Budidaya, Manfaatnya Dan Contohnya Secara Umum

Penjelasan wacana budidaya


B. Manfaat budidaya


Adapun beberapa manfaat yang sanggup didapatkan dari budidaya, misalnya:



  • Dapat memperoleh laba baik dari segi hemat maupun dari segi konsumsi sebagai makanan.

  • Dapat memperoleh hasil yang maksimal dari kualitas hasil produksi.

  • Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sebab terbukanya lapangan pekerjaan.

  • Budidaya sanggup di jadikan sebagai sarana untuk mengelola potensi Sumber Daya Alam.

  • Dengan membudidayakan tumbuhan maka sanggup menciptakan udara semakin bersih, dan lingkungan semakin sejuk.


C. Contoh budidaya


Berikut beberapa pola budidaya yang sering dilakukan oleh masyarakat untuk mendapat penghasilan, misalnya:


1. Budidaya tumbuhan pangan


Yaitu budidaya yang kegiatannya menanam tumbuhan yang sanggup menghasilkan karbohodrat dan protein serta sanggup di konsumsi. Banyak sekali orang yang menanam tumbuhan jenis pangan sebab akhirnya menguntungkan dari segi ekonomi dan tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan orang banyak. Beberapa pola tumbuhan pangan contohnya seperti: padi, gandum, kacang tanah, ubi jalar, singkong, jagung, dan lain-lain.


2. Budidaya tumbuhan sayur


Yaitu aktivitas menanam tumbuhan yang menghasilkan materi pangan dengan memanfaatkan sumber daya dari flora yang di tanam. Dari hasil proses produksi tanam menanam ini sanggup menghasilkan tumbuhan yang sanggup di konusmsi. Contoh sayuran yang sering di budidayakan kangkung, bayam, kol, seledri, selada, dan lain-lain.


3. Budi daya tumbuhan buah


Yaitu aktivitas tanam menanam yang menghasilkan buah-buahan, sehingga dari akhirnya sanggup mendapat keuntungan. Banayak sekali jenis tanman buah-buahan yang sering di budidayakan contohnya buah naga, anggur, jambu, apel, jeruk, mangga, cabe, semangka, melon, dan lain-lain.


Dalam membudidayakan tumbuhan biasanya masyarakat sering menanamnya secara eksklusif pada tanah lahan pertanian atau dengan cara hidroponik tanpa memakai tanah. (Baca Juga: Pengertian hidroponik, manfaatnya, dan pola jenis tanamannya).


3. Budidaya perikanan


Yaitu aktivitas memelihara dan mengembangbiakan ikan sehingga mendapat hasil yang bermanfaat. Umumnya terdapat dua jenis ikan yang sering di dudidayakan yaitu ikan untuk di konsumsi dan ikan hias. Sebenarnya tidak hanya ikan saja yang sanggup di budidayakan tapi juga organisme air lainnya misal speti kerang, udang, atau flora air lainnya.


4. Budidaya binatang ternak


Yaitu aktivitas memelihara, dan mengembang biakan hewan-hewan ternak supaya sanggup mendapat hasil yang menguntungkan. Saat ini budidaya binatang ternak sedang berkembang di kalangan masyarakat, beberapa contohnya menyerupai budidaya binatang ternak sapi, ayam, domba, kambing, dan lain-lain.


D. Kesimpulan


Jadi dari klarifikasi di atas maka sanggup di ambil kesimpulan bahwa yang di maksud dengan budidaya yaitu upaya yang berkala untuk memelihara dan membuatkan tumbuhan atau binatang supaya tetap lestari serta sanggup memperoleh hasil yang sanggup dimanfaatkan. Manfaat dari budidaya contohnya sanggup memperoleh penghasilan dari segi ekonomis, memeperoleh hasil produksi yang berkualitas, sebagai sarana untuk mengelola SDA, dan lain-lain. Beberapa pola budidaya misalnya:



  • Budidaya tumbuhan pangan, menyerupai tumbuhan padi, singkong, ubi jalar, jagung, kacang tanah, dan lain-lain.

  • Budidaya tumbuhan sayur, menyerupai tumbuhan kangkung, bayam, kol, seledri, selada, dan lain-lain.

  • Budidaya perikanan, menyerupai lele, nila, gurame, udang, kerang, dan organisme air lainnya.

  • Budidaya binatang ternak, menyerupai sapi, kambing, ayam, domba, dan lain-lain.


Akhir kata, Itulah pengertian budidaya dan contohnya secara umum, biar sanggup dipahami dan kalau ada kesalahan mohon dimaafkan, terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com