Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pahamilah Pengertian Karangan Dan Jenisnya Lebih Jelas

Konten [Tampil]

Pahamilah pengertian karangan pada goresan pena yang singkat ini. Istilah Karangan sering dipakai untuk sebuah karya tulis yang dibentuk seseorang, dan tentunya karya tulis tersebut ditujukan untuk para pembaca. Lalu pada kesempatan ini kami akan memperlihatkan klarifikasi yang singkat mengenai Karangan termasuk jenis, manfaat, maupun unsur-unsurnya.


A. Apakah itu karangan?


Yang dimaksud karangan yaitu suatu karya tulis yang dibentuk seseorang untuk mengungkapkan pikiran/gagasan dan menyampaikannya kepada para pembaca. Atau definisi karangan yaitu suatu goresan pena yang berisi gagasan atau ungkapan perasaan seorang, dan di bentuk dengan goresan pena yang teratur.


B. Jenis-Jenis Karangan


Berdasarkan tujuannya, karangan dibagi dalam jenis-jenis menyerupai berikut ini:


a. Karangan Deskripsi


Merupakan jenis karangan yang menggambarkan sesuatu sehingga pembaca seperti sanggup melihat, atau mencicipi objek tersebut. Ciri-ciri karangan deskripsi diantaranya: 1) Menggambarkan sesuatu, contohnya suatu objek. 2) memperlihatkan kesan pada pembaca mengenai sesuatu yang di deskripsikan. 3) Penulisnya selalu bersikap objektif.


Pahamilah pengertian karangan pada goresan pena yang singkat ini √ Pahamilah Pengertian Karangan Dan Jenisnya Lebih Jelas

Apa itu karangan?


b. Karangan Narasi


Merupakan jenis karangan yang menceritakan kejadian atau peristiwa, sehingga pembaca seperti mengalami kejadian tersebut. Ciri-ciri karangan narasi diantaranya: 1) Adanya pelaku pada kejadian atau kejadian tersebut. 2) disajikan dengan urutan waktu dari awal hingga akhir. 3) Berisi rangkaian kejadian.


c. Karangan Eksposisi


Merupakan jenis karangan yang memperlihatkan klarifikasi atau memaparkan sejumlah pengetahuan ataupun info secara lebih terang dan lebih rinci. Tentu dalam tulisannya terdapat fakta dan data yang mendukung, sehingga semakin memperjelas info tersebut. Ciri-ciri karangan eksposisi diantaranya: 1) Memberikan sekaligus menjelaskan info supaya pembaca sanggup mengetahui dan memahaminya. 2) Memberikan sesuatu kepada para pembaca sesuai fakta. 3) Memberikan analisis secara objektif terhadap fakta. 4) Menunjukan proses dari kejadian yang terjadi.


d. Karangan Argumentasi


Merupakan jenis karangan yang tujuannya untuk menunjukan kebenaran, sehingga pembaca sanggup mempercayai kebenaran tersebut, tentunya untuk membuktikannya harus ada data dan fakta yang mendukung. Ciri-ciri karangan argumentasi diantaranya: 1) Meyakinkan kepada para pembaca wacana gagasan/pemikiran sehingga gagasan tersebut dipercaya dan diakui pembaca. 2) Untuk menunjukan gagasannya maka dilengkapi dengan fakta, data dan kelengkapan lainnya yang mendukung gagasan tersebut. 3) Dalam gagasannya, penulis selalu berusaha mengubah perilaku dan pandangan pembaca.


e. Karangan Persuasi


Merupakan jenis karangan yang tujuannya untuk mempengaruhi pembaca, sehingga pembaca melaksanakan menyerupai apa yang dikatakan penulis pada karangannya. Pada karangan persuasi tentunya harus ada data dan fakta yang mendukung supaya pembaca sanggup terpengaruh. Ciri-ciri karangan persuasi diantaranya: 1) Sifatnya mengajak untuk berbuat sesuai yang dikatakan penulis pada karangan. 2) Terdapat data yang mendukung kebenaran karangan tersebut. 3) Menarik perhatian untuk dibaca.


C. Manfaat Karangan


Berikut ini beberapa manfaat dari karangan bagi seorang penulis, misalnya:



  • Penulis sanggup dengan gampang menciptakan sebuah karya tulis, sebab lebih sistematis dalam penyusunannya.

  • Penulis sanggup tetap pada topik yang dibahasnya, sehingga penulis terhindar keluar dari topik awal pembahasan.

  • Penulis sanggup dengan gampang mencari data, fakta, ataupun info yang mendukung karangannya yang sesuai dengan topik yang dibahasnya.

  • Penulis sanggup menyebarkan gagasan yang ditulisnya sehingga menjadi lebih menarik untuk dibaca.


D. Langkah-Langkah Membuat Karangan


Berikut ini langkah-langkah menciptakan suatu karangan, diantaranya:



  • Tentukan tema dari karangan yang akan di tulis.

  • Kumpulkan ide, data, atau bahan-bahan untuk karangan.

  • Susunlah kerangka karangan.

  • Kembangkan kerangka karangan yang dibentuk menjadi karangan sebenarnya.

  • Terakhir berikan judul pada karangan yang di buat.


Baca juga: Rangkuman pengertian karya tulis ilmiah dan jenis-jenisnya.


E. Unsur-Unsur Pada Karangan


Adapun unsur-unsur yang terdapat pada karangan, diantaranya:



  • Gagasan/Pemikiran/Ide – merupakan pendapat atau pengetahuan seorang penulis yang menciptakan karangan, nantinya gagasan tersebut akan di tuangkan ke dalam bentuk tulisan.

  • Tuturan – merupakan pengungkapan gagasan dalam bentuk tertentu sehingga pembaca sanggup memahami karangan tersebut.

  • Tatanan – merupakan penyusunan gagasan/pemikiran, dalam hal ini penulis karangan mengindahkan asas, aturan, maupun teknik menulisnya.

  • Wahana – merupakan pengantar dari gagasan berupa bahasa tulis, yang bekerjasama dengan kosa kata, gramatika, maupun retorika.


Demikian goresan pena yang singkat mengenai pengertian karangan, tamat kata… kami ucapkan terimakasih telah membacanya, agar goresan pena singkat ini sanggup memperlihatkan manfaat dan mohon maaf jikalau ada kesalahan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com