Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Menjelaskan Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Contoh, Dan Manfaatnya

Konten [Tampil]

Berikut ini pengertian tumbuhan hias, dilengkapi dengan jenis, tumpuan dan manfaatnya. Pastinya tumbuhan hias selalu identik dengan yang berbunga dan mempunyai keindahan. Tapi bahwasanya tidak semua tumbuhan hias itu harus berbunga, ada juga yang mempunyai keindahan dari segi daun ataupun dari tangkainya. Lalu pada kesempatan ini kami akan menjelaskan mengenai apa itu tumbuhan hias secara lengkap, maka untuk mengetahuinya baca saja klarifikasi pada goresan pena ini.


A. Apa pengertian tanamana hias?


Yang dimaksud dengan tumbuhan hias yaitu jenis tumbuhan yang ditanam untuk membuat kesan keindahan, kecantikan, dan membuat daya tarik. Tanaman hias merupakan tumbuhan yang umumnya ditanaman dihalaman rumah atau ditempatkan dalam ruangan memakai pot sebagai tempatnya.


Orang menanam tumbuhan hias umumnya bertujuan untuk memperlihatkan kesan keindahan bagi daerah tinggalnya, baik itu menanam tumbuhan hias bunga, daun, ataupun buah, kalau tumbuhan itu mempunyai keindahan dan ditanam untuk membuat daya tarik maka sanggup dikategorikan sebagai tumbuhan hias.


B. Jenis-Jenis Tanaman hias


a. Berdasarkan Jenis Tanamannya


Berikut ini beberapa jenis tumbuhan hias yang sering ditanam di lingkungan sekitar kita, diantaranya:


1. Tanaman Hias Bunga


Tanaman hias bunga merupakan yang paling popuer dikalangan masyarakat, alasannya yaitu yang namanya bunga pada tumbuhan sangat identik sekali untuk dijadikan hiasan. Bunga tumbuhan tentunya mempunyai banyak sekali macam bentuk dan warna tergantung jenis tanamannya. Tanaman jenis ini biasanya ditanam diluar ruangan pada tanah secara eksklusif atau memakai pot sebagai tempatnya. Beberapa contohnya seperti: bunga mawar, bunga melati, bunga matahari, bunga aster, bunga anggrek, bunga sepatu, bunga kamboja, dan sebagainya.


 Pastinya tumbuhan hias selalu identik dengan yang berbunga dan mempunyai keindahan √ Menjelaskan Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Contoh, Dan Manfaatnya

Gambar: pixabay.com – Bunga aster


2. Tanaman Hias Daun


Tanaman hias daun merupakan tumbuhan yang mempunyai keindahan dari segi daunnya, biasanya tumbuhan hias daun tidak berbunga. Tanaman hias jenis ini tentunya infinit dan tidak gampang layu atau gugur menyerupai tumbuhan hias bunga. Tanaman jenis ini cocok sekali di tempatkan diluar maupun didalam ruangan. Beberapa contohnya seperti: Anthurium, Kuping gajah, suplir, aglaonema, palem kuning dan sebagainya.


 Pastinya tumbuhan hias selalu identik dengan yang berbunga dan mempunyai keindahan √ Menjelaskan Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Contoh, Dan Manfaatnya

Gambar: pixabay.com – tumbuhan aglaonema


3. Tanaman Hias Pohon


Yaitu pohon yang menarik untuk dijadikan sebagai tumbuhan hias, biasanya pohon yang ukurannya tidak terlalu besar dan mempunyai keindahan dari segi batang/tangkainya. Tanaman Hias Pohon ini umumnya ditempatkan diluar ruangan menyerupai halaman umah atau taman. Pohon yang sering di jadikan hiasan misalnya: beringin, bambu jepang, bambu kuning, dan sebagainya.


 Pastinya tumbuhan hias selalu identik dengan yang berbunga dan mempunyai keindahan √ Menjelaskan Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Contoh, Dan Manfaatnya

Gambar: bacaterus.com – Tanaman palem kuning


4. Tanaman Hias Buah


Sebagian orang sering menyebabkan tumbuhan yang menghasilkan buah sebagai hiasan juga. Karena perpaduan antara tangkai, daun, dan buahnya yang indah maka cocok dijadikan sebagai tumbuhan hias. Beberapa contohnya seperti: cabai pelangi, lemon, jeruk nagami, dan sebagainya.


 Pastinya tumbuhan hias selalu identik dengan yang berbunga dan mempunyai keindahan √ Menjelaskan Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Contoh, Dan Manfaatnya

Gambar: pixabay.com – Tanaman buah lemon


5. Tanaman Hias akar


Merupakan tumbuhan yang mempunyai keindahan dari segi akarnya. Biasanya biar akar tumbuhan tersebut terlihat lebih indah maka harus ditata, tentunya dengan keterampilan khusus. Contohnya menyerupai adenium dan beringin.


 Pastinya tumbuhan hias selalu identik dengan yang berbunga dan mempunyai keindahan √ Menjelaskan Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Contoh, Dan Manfaatnya

Gambar: majalahasri.com – Tanaman adenium


b. Berdasarkan Jenis daerah ditanamnya/tumbuhnya


Adapun jenis daerah ditanamnya tumbuhan hias, diantaranya:


1. Tempat biasa


Maksudnya tumbuhan hias yang ditanam pada tanah atau pot dan ditempatkan didalam atau diluar ruangan, sehingga tumbuhan hias ini tidak digantung dan tidak hidup di air. Beberapa tumpuan tumbuhan yang sering ditanam ditanah atau pot seperti: bunga melati, bunga mawar, bunga sepatu, bunga aster, dan sebagainya.


2. Tempat Digantung


Merupakan tumbuhan hias yang ditanam dengan cara digantung, menyerupai tumbuhan hias yang ditanam pada pot atau dengan media lainnya, kemudian digantung. Tanaman hias yang sering di gantung contohnya menyerupai bunga anggrek dan begonia.


3. Tempat Di Air


Meruapakan tumbuhan hias yang tempatnya hidupnya di air. Tanaman yang hidup di air sering disebut sebagai tumbuhan hidrofit, dengan ciri batangnya berongga dan berdaun lebar. Biasanya tumbuhan hias ini dipakai untuk memperindah kolam. Beberapa contohnya menyerupai bunga teratai, kala lili, kapu-kapu, dan sebagainya.


Baca juga: Pengertian kultur jaringan dan keuntungannya terlengkap.


C. Manfaat Tanaman Hias


Adapun beberapa manfaat yang sanggup diambil kalau menanam tumbuhan hias, diantaranya:



  • Meningkatkan perekonomian, sebagian orang sanggup menyebabkan tumbuhan hias sebagai sumber penghasilan

  • Dengan membudidaya tumbuhan hias sanggup meningkatkan kualitas tanaman.

  • Dapat memperindah rumah dan juga lingkungan daerah tinggal.

  • Dapat meningkatkan penghijauan lingkungan.

  • Dapat menjaga dan meningkatkan kebersihan udara.

  • Karena tumbuhan hias sanggup memperindah daerah tinggal dan membuat udara menjadi higienis maka sanggup meredakan stress.


Demikian goresan pena singkat ihwal pengertian tumbuhan hias yang dilengkapi juga dengan jenisnya maupun manfaat tumbuhan hias. Semoga goresan pena yang singkat ini sanggup dipahami, kalau terdapat kesalahan mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih sudah membacanya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com