Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup, Dan Tujuannya Secara Umum

Konten [Tampil]

Berikut pengertian psikologi pendidikan secara umum, ruang lingkupnya, dan tujuan atau manfaatnya. Apa kalian pernah mendengar istilah atau kata Psikologi? Kata ini selalu dihubung-hubungkan dengan kejiwaan seseorang. Saat ini ilmu psikologi sudah banyak di pelajari terutama perguruan tinggi tinggi. Lalu pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan atau membahas secar singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Psikologi Pendidikan, yang dimana penjelasannya sanggup kau baca dibawah ini.


A. Pengertian Psikologi Pendidikan


Kata Psikologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Psychology” merupakan adonan dari kata “Psyche” artinya Jiwa dan “Logos” artinya Ilmu. Jika diartikan secara harfiah Psikologi yaitu Ilmu Kejiwaan. Psikologi sendiri sering dihubungkan dengan kehidupan manusia, menyerupai insan cara mereka melaksanakan sesuatu, memahami bagai mana insan berfikir dan berperasaan serta hubungannya dengan lingkungannya.


Beberapa ilmuan ada juga yang mengartikan Psikologi sebagai suatu ilmu yang membahas tingkah laris terbuka maupun tertutup dari manusia, baik itu secara individu atau kelompok dan kekerabatan dengan lingkungannya.


Sedangkan pendidikan sanggup diartikan sebagai pembelajaran mengenai pengetahuan dan terampilan untuk membuatkan potensi diri.


Dari klarifikasi diatas kikira-kira definisi Psikologi pendidikan yaitu studi, latihan, dan bimbingan secara sistematis terhadap proses dan banyak sekali macam faktor yang berkaitan dengan ilmu kejiwaan.


Baca Juga: Pengertian Karakter Dan Pendidikan Karakter Secara Umum


pengertian psikologi pendidikan secara umum √ Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup, dan Tujuannya Secara Umum

Sumber gambar: pxhere.com


B. Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan


Pada dasarnya ruang lingkup dari psikologi pendidikan yaitu mempelajari semua tingkah laris insan yang terlibat dalam suatu proses pendidikan. Manusia yang yang terlbat dalam proses pendidikan tersebut yaitu pengejar/guru dan murid. Maka dalam psikologi pendidikan yang dibahas yaitu tingkah laris murid yang berkaitan dengan proses berguru dan juga tingkah laris proses pembelajaran.


Tapi Jika bertanya ruang lingkup psikologi pendidikan yang lebih mendalam lagi, maksudnya bertanya perihal apa saja yang dibicarakn oleh psikologi pendidikan, maka menurut beberapa buku yang membahas perihal psikologi pendidikan akan didapatkan balasan yang berbeda-beda. Sebagian buku mengambarkan ruang lingkup yang luas, sedangkan ada juga buku yang memperlihatkan ruang lingkup yang lebih sempit.


Maksud dari ruanglingkup psikologi pendidikan yaitu perihal apa saja yang dibahas oleh psikologi pendidikan. Terdapat ruang lingkup yang luas biasanya membahas selain proses belajar, tapi membahas juga perihal perkembangan, lingkungan, kesehatan mental, penilaian belajar, dll. Sedangkan ruang lingkup yang sempit biasanya hanya melaksanakan pembahasan pada proses berguru mengajar saja. Tapi secara umum biasanya psikologi pendidikan selalu melaksanakan pembahasan seperti:



  1.  Hereditas & Lingkungan.

  2. Pertumbuhan & Perkembangan.

  3. Potensi & Karakteristik tingkah laris murid.

  4. Hasil dari proses pendidikan, dan apa pengaruhnya terhadap setiap individu.

  5. Higiene Mental & Pendidikan.

  6. Menevaluasi Hasil dari Pendidikan.


Adapun beberapa ruang lingkup psikologi pendidikan yang lebih lengkap, seperti:



  1. Pengeahuan ruang lingkup, tujuan mempelajarinya, dan sejarah psikologi pendidikan.

  2. Lingkungan fisik & psikologis.

  3. Faktor-faktor yang mensugesti dalam proses belajar.

  4. Perkembangan dari murid.

  5. Proses tingkah laris individu.

  6. Hakekat & ruang lingkup belajar.

  7. Hukum & teori-teori belajar.

  8. Pengukuran pendidikan.

  9. Aspek mudah pengukuran pendidikan.

  10. Transfer belajar.

  11. Ilmu statistik dasar.

  12. Kesehatan mental setiap individu.

  13. Pendidikan dalam membentuk kepribadian individu.

  14. Kurikulum pendidikan sekolah, dll.


C. Tujuan dan manfaat Psikologi Pendidikan



  1. Untuk memahami perbedaan para murid, maksudnya setiap individu dilahirkan dengan potensi yang berbeda-beda. Kaprikornus seorang pengajar harus sanggup memahami keanekaragaman antara murod yang satu dengan yang lainnya, menyerupai perbedaan tingkat pertumbuhan, perkembangan maupun masing-masing potensi yang dimiliki setiap murid.

  2. Untuk membantu para pengajar biar menjadi lebih bijaksana dalam membimbing muridnya dalam hubungannya dengan proses belajar.

  3. Supaya para pengajar mempunyai pengetahuan dasar-dasar yang lebih luas dalam hal mendidik murid maupun dalam bidang keahliannya, sehingga murid yang di didik sanggup semakin baik dalam proses belajarnya.

  4. Supaya para pengajar sanggup membuat suatu sistem dalam pendidikan yang lebih efektif maupun efesien dengan cara mempelajari dan menganalisis tingkah laris murid dalam proses belajar. Untuk meningkatkan iklim berguru mengajar yang lebih kondusif, dengan mempelakari psikologi pendidikan maka seorang pengajar sanggup berusaha membuat iklim maupun kondisi pembelajaran yang lebih kondusif, sehingga berguru mengajar lebih efektif dan efesien.

  5. Untuk mengevaluasi hasil pembelajaran. Dengan mempelajari psikologi pendidikan tentunya di harapkan seorang pendidik sanggup memperlihatkan penilaian maupun penilaian secara adil sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh setiap masing-masing murid, tanpa membeda-bedakan antara satu sama lain.


Baca Juga:  Pengertian Manajemen Pendidikan Dan Fungsinya Serta Ruang Lingkupnya.


D. Kesimpulan


Dari pembahasan di atas maka sanggup di ambil kesimpulan bahwa yang pengertian psikologi pendidikan yaitu suatu ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi di dalam pendidikan.


Pada dasarnya ruang lingkup dari psikologi pendidikan yaitu mempelajari semua tingkah laris insan yang terlibad dalam suatu proses pendidikan. Manusia yang yang terlbat dalam proses pendidikan tersebut yaitu pengejar/guru, dan murid. Maka dalam psikologi pendidikan yang dibahas yaitu tingkah laris murid yang berkaitan dengan proses berguru maupun tingkah laris proses pembelajaran.


Tujuan dan manfaat dari psikologi pendidikan, seperti:



  1. Pengajar bisa memahami dilema anak didik dan sebab-sebab timbulnya dilema tersebut.

  2. Memahami perbedaan para murid, maksudnya setiap individu dilahirkan dengan potensi yang berbeda-beda.

  3. Membantu para pengajar biar menjadi lebih bijaksana dalam membimbing muridnya.

  4. Supaya para pengajar sanggup membuat suatu sistem dalam pendidikan yang lebih efektif dan efesien.

  5. Untuk mengevaluasi hasil pembelajaran.


Itulah goresan pena singkat yang membahas perihal pengertian psikologi pendidikan, yang dilengkapi juga dengan runglingkup, tujuan atau manfaatnya. Semoga Tulisan ini sanggup bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, bila ada kesalahan mohon di maafkan cukup sekian dan terimakasih






Sumber aciknadzirah.blogspot.com