Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Memahami Pengertian Berfikir Kritis Dan Keuntungannya Secara Umum

Konten [Tampil]

Berikut ini pengertian berfikir kritis, manfaatnya, ciri-cirinya dan caranya secara umum. Saat ini di masa globalisasi yang semuanya serba cepat, kita sebagai insan makhluk yang berilmu tentunya dituntut untuk selalu berfikir kritis baik itu dalam mendapatkan gosip maupun ketika menuntaskan permasalahan. Apalagi ketika ini gosip sanggup tersebar dan hingga ke kita dengan sangat cepat, tapi perlu kita ketahui apakah gosip yang diterima itu sudah relevan atau belum, maka disinilah diharapkan perilaku selalu berfikir kritis. Kaprikornus bila ada gosip yang belum diketahui kebenarannya jangan pribadi kita terima begitu saja apalagi pribadi dipercayai. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal arti dan cara berfikir kritis, berikt ini pembahasannya.


A. Apa yang dimaksud Berfikir Kritis?


Pengertian berfikir kritis ialah kemampuan berfikir yang kompleks dengan memakai proses analisis dan penilaian terhadap suatu gosip yang diterima maupun dalam menuntaskan permasalahan. Atau arti berfikir kritis ialah berfikir untuk mencari kebenaran terhadap gosip yang diterima atau dalam menuntaskan masalah, cara berfikir kritis yaitu berfikir secara tenang, jangan emosi, dahulukan logika, pahami permasalahan, lakukan analisis, dan penilaian hasilnya, barulah ambil keputusan atau tindakan.


Berfikir kritis sanggup dikatakan sebagi proses suatu mental yang sudah teroganisir untuk melaksanakan analisa dan mengevaluasi suatu informasi, proses mental tersebut bisa berupa cara memperhatikan, mengkategorikan, mengambil kesimpulan ataupun keputusan. Informasi yang diterima ketika berfikir kritis bisa di dapatkan dari hasil pengalaman, pengamatan ataupun dari komunikasi dengan orang lain yang memberi informasi. Dengan berfikir kritis jadi kita tidak gampang percaya dengan Informasi yang diterima, sehingga kita melaksanakan analisis terlebih dahulu untuk mengetahui kebenaran gosip tersebut. (Silahkan baca juga: Pengertian huruf dan pendidikan karakter).


 Saat ini di masa globalisasi yang semuanya serba cepat √ Memahami Pengertian Berfikir Kritis Dan Manfaatnya Secara Umum

gambar: maxpixel.net


B. Ciri-Ciri Berfikir Kritis


Berikut ini beberapa ciri dalam berfikir kritis, diantaranya seperti:


a. Kemampuan dalam mengidentifikasi


Yaitu mengumpulkan kemudian menyusun gosip yang memang dibutuhkan untuk di analisis. Lalu memilih pikiran utama dari gosip yang telah di kumpulkan, sehingga sanggup mengetahui dan menjelaskan alasannya ialah maupun jawaban dari kesimpulan yang di dapatkan.


b. Kemampuan dalam mengevaluasi


Yaitu proses yang dilakukan untuk memilih suatu nilai terhadap informasi. Dengan menlakukan penilaian maka kita sanggup mengatahui gosip tersebut benar atau tidak,


c. Kemampuan dalam menawarkan pendapat


Yaitu menawarkan pendapat yang benar-benar logis atau alasan yang bisa di terima oleh kecerdikan budi dan susuai logika, sanggup membuktikan fakta yang mendukung pendapat yang dikeluarkan, sehingga bisa menawarkan wangsit atau gagasan yang berkualitas.


d. Kemampuan dalam menyimpulkan


Yaitu menawarkan pendapat terhadap uraian gosip yang di dapatkan. Sehingga bisa membuktikan pernyataan mana yang benar dan salah, sanggup membedakan antara mana fakta maupun nilai dari suatu informasi, dan sanggup menciptakan solusi.


C. Manfaat Berfikir Kritis


Berfikir kritis sanggup menawarkan banyak laba bagi diri kita maupun bagi orang lain. Seperti sanggup menuntaskan persoalan secara lebih cepat dan bijak. Lalu laba lain yang bisa di dapatkan contohnya seperti:


a. Praktis dalam memahami sudut pandang orang lain


Dapat dengan gampang memahami sudut pandang orang lain mengenai suatu permasalahan atau informasi. Karena orang yang berfikir secara kritis akan melaksanakan analisi terhadap sudut pandang orang lain sehingga tidak terpatok pada ajaran diri sendiri saja.


b. Memiliki banyak alternatif jawaban dan wangsit yang kreatif


Dengan berfikir secara kritis kita akan mempunyai aneka macam macam jawaban ataupun wangsit yang kreatif untuk menuntaskan suatu permasalahan. Karena permasalahan tersebut akan di analisis dan di penilaian terlebih dahulu sebelum mengembil keputusan. Saat mengevaluasi akan di temukan aneka macam jawaban dan wangsit untuk menuntaskan persoalan yang ada.


c. Dapat menjadi rekan kerja yang baik dan sanggup diandalkan


Terutama dalam melalukan perkerjaan yang selalu terdapat permasalahan, kita akan di andalkan bila selalu berfikir secara kritis. Berfikir kritis sanggup membentu rekan kerja kita terutama dalam menuntaskan kiprah pekerjaan, terutama membantu perusahaan kita juga.


d. Lebih sanggup bangun diatas kaki sendiri menghadapi permasalahan


Jika sudah terbiasa berfikir kritis kita akan lebih sanggup bangun diatas kaki sendiri teruama dalam menghadapi permasalahan, maupun ketika mendapatkan aneka macam macam gosip yang belum diketahui kebenarannya. Kaprikornus tidak banyak mengandalkan orang lain ketika menghadapi permasalahan.


e. Dapat menemukan banyak peluang baru


Dapat menemukan aneka macam macam peluang gres bila terbiasa berfikir kritis lantaran fikiran akan lebih tajam melihat , menganalisa keadaan atau permasalahan sehingga sanggup menghasilkan wangsit yang kreatif. Misalnya untuk mencari peluang perjuangan kita akan melaksanakan analisis perihal “peluang bisnis apa yang menguntungkan ketika ini” lalu  sesudah di analisis, di lakukan penilaian dan mengambil keputusan. (Pahami juga tentang: Pengertian peluang perjuangan secara umum dan contohnya).


D. Kesimpulan


Jadi pengertian berfikir kritis yaitu kemampuan berfikir yang kompleks dengan memakai proses analisis dan penilaian terhadap suatu gosip yang diterima maupun dalam menuntaskan permasalahan.


Cara berfikir Kritis contohnya seperti: berfikir secara tenang, jangan emosi, dahulukan logika, pahami permasalahan, lakukan analisis, dan penilaian hasilnya, barulah ambil keputusan atau tindakan.


Manfaat berfikir kritis misalnya: 1) Praktis memahami sudut pandang orang lain. 2) Memiliki banyak alternatif jawaban dan wangsit kreatif. 3) Dapat Menjadi rekan kerja yang baik. 4) Menemukan peluang baru.


Itulah pembahasan perihal arti berfikir kritis, biar sanggup kau pahami dan sanggup menawarkan manfaat, bila ada kesalahan mohon maaf. Sekian dan terimakasih banyak.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com