Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Manfaat, Cara Budidaya Dan Estimasi Perhitungan Dalam Bisnis Ulat Jerman

Konten [Tampil]

Manfaat, Budidaya dan Perhitungan Ulat Jerman – Ulat Jerman dikenal juga dengan Superworm atau Zophobas Mario. Ulat Jerman mempunyai kelangsungan hidup yang terdiri dari 4 tahap dinataranya: Telur – Larva (ulat) – Kepopompong – Kumbang.


Saat ini banyak orang atau pun para peternak yang memanfaatkan ulat Jerman ini untuk dikembangbiakkan dan dibudidayakan yang alhasil sanggup menghasilkan pendapatan setiap bulannya.


Manfaat Ulat Jerman


Ternyata ulat Jerman mempunyai banyak manfaat bagi insan ketika ini. Hal ini tergantung bagaimana kedepannya nanti terhadap bisnis ini, apakah ulat jerman ini bersifat stabil ataukah bersifat musiman.


Di Indonesia sendiri ketika ini ulat Jerman dimanfaatkan sebagai pakan ternak ibarat untuk pakan burung kicau, untuk pakan reptile, pakan ikan, dan pakan binatang yang memakan serangga lainnya ibarat ulat jerman ini.


Namun sebaliknya yang terjadi di luar negeri. Di luar negeri ulat jerman dimanfaat sebagai salah satu materi kosmetik atau kecantikan. Selain itu juga ternyata di luar negeri ulat jerman sudah menjadi materi utama untuk di konsumsi.


Cara Ternak/Budidaya Ulat Jerman


Untuk beternak ulat jerman ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Berternak atau membudidayakan ulat jerman ini gampang untuk dijalankan dan dilakukan.


Selain itu tidak membutuhkan skill yang bagus atau pun khusus untuk ternak ulat jerman dan juga tidak menghabiskan waktu yang lama.


Hanya menghabiskan waktu rata-rata sekitar 2-3 jam dalam satu hari untuk mengurus ulat-ulat jerman ini.


Berikut ini beberapa cara ternak ulat jerman:


1. Dalam 1 buah kotak kumbang, terdapat sekitar 500 kumbang yang setiap setengah bulan atau setiap 15 hari kumbang-kumbang ini akan bertelur.

2. Kotak yang terdapat kumbang tersebut diletakkan di atas kotak kosong yang tidak terdapat kumbang sama sekali.

3. Tunggu sampai setengah bulan atau 15 hari lamanya lalu kotak tersebut akan dipenuhi dengan telur ulat jerman. Setelah itu pindahkan kotak kumbang tersebut pindahkan atau letakkan ke kotak yang kosong lainnya. Dan lakukan hal it uterus menerus.

4. Kemudian kotak yang sudah terisi dengan telur ulat jerman akan diberi masakan dan minuman biar ulat jerman tetap tumbuh dengan baik.

5. Setelah 3 bulan lamanya, telur kumbang tersebut bermetamorfosis ulat jerman yang sudah berakal balig cukup akal serta siap untuk dipanen dan dijual.


Estimasi Perhitungan Dalam Bisnis Ulat Jerman


Berikut ini citra bagaimana perhitungan atau estimasi laba dalam membudidayakan ulat jerman yang perlu Anda ketahui:


1. Belilah 500 ekor kumbang untuk diisikan ke dalam satu kotak khusus beternak kumbang.

2. Untuk satu kotak kumbang, rata-rata sanggup menghasilkan setidaknya atau sedikitnya 10 kilogram ulat jerman ketika saatnya panen.

3. Sudah Anda ketahui bahwa panen dilakukan setiap 15 hari sekali atau 1 bulan 2 kali panen.

4. Untuk satu kilonya dihargai 25.000 dan harga tersebut tidak pernah turun semenjak tahun 2008 dan sebaliknya malah terus naik harga perkilo ulat jerman ini.


Jadi sanggup diambil kesimpulan untuk menghitung pendapatan per bulan sebagaimana yang sudah dijelaskan berikut ini:


Jumlah Kotak x Hasil Panen (Kg) x 2 kali panen perbulan x Harga per Kilogram = Penghasilan Tiap Bulan.


Jika Anda mempunyai 10 Kotak Kumbang maka :

10 x 10 x 2 x 25.000 = 5.000.000 / Bulan

Jika Anda mempunyai 20 Kotak Kumbang maka :

10 x 10 x 2 x 25.000 = 10.000.000 / Bulan

Jika Anda mempunyai 30 Kotak Kumbang maka :

10 x 10 x 2 x 25.000 = 15.000.000 / Bulan

Jika Anda mempunyai 40 Kotak Kumbang maka :

10 x 10 x 2 x 25.000 = 20.000.000 / Bulan

Jika Anda mempunyai 50 Kotak Kumbang maka :

10 x 10 x 2 x 25.000 = 25.000.000 / Bulan


Nah ibarat itulah estimasi atau perhitungan pendapatan setiap bulan kalau Anda melakukannya dengan serius dan terus menerus serta kesabaran dalam beternak atau membudidayakan ulat jerman ini dengan baik dan benar.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com