Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Astaga, Penggunaan Kerudung Pada Pedoman Kristen Untuk Ini

Konten [Tampil]
 Penggunaan Kerudung Pada Ajaran Nasrani Ternyata Untuk Ini ASTAGA, Penggunaan Kerudung Pada Ajaran Nasrani Untuk Ini
Apakah boleh orang kristen menggunakan kerudung?Nyatanya bukan hanya umat Muslim saja yg memiliki kerudung, kerudung dalam tradisi yahudi dan kristen juga menggunakan kerudung lho, lantaran ada makna dibalik pemakaian kerudung pada agama Kristen. 

Hal ini ditegaskan pada dikala menteri dalam negeri dari Italia yg berjulukan Giulliano Amato didesak untuk melarang pemakaian kerudung bagi umat-umat Muslim perempuan di Italia. Dirinya menyampaikan bahwa mustahil baginya melarang pemakaian kerudung sementara Ibu Maria sendiri selalu menggunakan kerudung sebagai pelindung kepalanya. Ia juga memperingatkan, bagi siapa yang tidak menggunakan kerudung maka ia telah dipastikan menentang apa yg diperbuat oleh Ibunda Maria sendiri. Maka dari situlah muncul asal-usul jilbab ala kristen (kristen pakai jilbab).

Nah bagaimanakah perbedaan jilbab islam dan kristen? apa hukum orang kristen menggunakan jilbab? dan apa pandangan kristen wacana jilbab

Baca Juga : Apakah agama non muslim tidak dapat masuk sorga?


Hukum orang kristen menggunakan jilbab

Perintah berjilbab dalam kitab injil, sebelum tahun 80-an, para biarawati di Indonesia tetap mengikuti pemakaian jilbab Nasrani sebagai pakaian mereka, dimana baju mereka sendiri adalah baju panjang yg longgar & ukurannya dari leher hingga dapat menutupi kaki. Mereka juga memakai jilbab ala kristen yg dikala itu tetap menutupi leher mereka & terus hingga ke bagian dada. Pakaian misalnya ini dulu sering dilihat pada telenovela yg berasal dari Brazil.

Sesudah kala 80-an berlalu, jubah yg digunakan oleh para biarawati berubah. Panjang dari pakaian yg dikenakan terus pendek ebab hanya hingga pecahan betis saja, & kerudung Nasrani yg digunakan oleh mereka menjelma hanya tudung yg menutupi rambut mereka. Bagian leher dari kerudung gres ini juga tidak tertutup. Hal ini dinyatakan oleh beberapa pemuka agama sebagai sesuatu yg amat disayangkan lantaran sebenarnya perintah untuk berkerudung merupakan sebuan usulan Bibel yg sudah usang muncul, bahkan sebelum agama Islam munucul yang juga punya kewajiban para perempuan muslim untuk berkerudung setiap harinya.

Makna dibalik pemakaian kerudung pada anutan Nasrani sebenarnya dapat dilihat sendiri dalam Alkitab, misalnya pada I Korintus 11:5 yg kurang lebih berbunyi mengenai bagaimana perempuan yg berdoa tanpa menggunakan kerudung maka sama saja ia sedang menghina kepalanya, seperti kepalanya tidak memiliki rambut apapun. Di Korintus 11:13, berkata mengenai apakah layak seorang perempuan berdoa terhadap Tuhannya dengan kepala yg terbuka & tidak mengenakan tudung sama sekali.

Pemakaian kerudung berdasarkan kristen juga telah ditekankan oleh Paulus mengenai kerudung bagi perempuan Nasrani ada pada surat Korintus 11:3 – 10, yg kira-kira isinya adalah mengenai bagaimana seorang perempuan muda seharusnya menggunakan kerudung untuk menutup kepalanya dikala ia sedang ada di jalan & sedang ada di orang asing. Wanita-wanita Nasrani juga disarankan untuk mengenakan epilog kepala dikala mereka sedang ada di dalam gereja, & dikala ia dikelilingi laki-laki. Hal ini diberperbuat lantaran suatu kerudung untuk perempuan Nasrani sudah dianggap sebagai mahkota yg kemudian bakal melindungi kemegahan dari perempuan itu sendiri.


Pandangan kristen wacana jilbab

Kristen pakai jilbab banyak dikomentari berbagai kalangan yg beropini bahwa apa yg disampaikan oleh Paulus hanya berlaku pada masa dimana Paulus menulis surat-suratnya lantaran itu merupakan suatu tradisi orang Yahudi, bahwa tidak masuk akal seorang perempuan melepaskan tudungnya dulu & barulah berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Kalangan ini beropini bahwa hal ini sudah tidak lagi dapat diterapkan untuk situasi dikala ini.

Hal ini mereka tambahkan dengan argumen bahwa Bibel memiliki beberapa tujuan aturan yg selama ini diterapkan oleh bangsa Israel saja, & tidak dapat dengan cara umum diterapkan ke umat Nasrani masa kini, sama misalnya aturan mengenai makna dibalik pemakaian kerudung pada perempuan kristen.

Baca Juga : Inilah 5 Agama Yang Membolehkan Poligami, Tidak Hanya Islam!

Nah hukum orang kristen menggunakan jilbab menurut islam kristen dan yahudi memanglah suatu kewajiban, Islam memandang kerudung untuk menutupi aurat dan melindungi kepala, begitu juga agama Nasrani Yahudi yang memandang kerudung juga sebagai pelindung kepala dan untuk patuh pada Bunda Maria (Maryam) yang sering menggunakan kerudung.
Sumber http://www.faktakah.com