Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Komunikasi Bisnis : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Unsur Dan Bentuknya Lengkap

Konten [Tampil]

Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Unsur dan Bentuknya



Komunikasi Bisnis – Apa itu komunikasi bisnis? Komunikasi bisnis ialah sebuah kegiatan pertukaran mengenai informasi, gagasan, pendapat, dan instruksi, yang disampaikan dengan cara lebih personal atau impersional. Dengan melalui beberapa simbol atau suatu sinyal tertentu, sehingga akan diperoleh pemahaman yang sama dengan pihak yang berkomunikasi tersebut.


 Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli √ Komunikasi Bisnis : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Unsur Dan Bentuknya Lengkap


Pada sebuah kegiatan komunikasi bisnis, terjadi pertukaran warta yang terjadi secara terus menerus. Komunikasi tersebut dilakukan dengan cara verbal ataupun non verbal, yang dimana tujuannya ialah untuk membantu proses dalam mengambil keputusan di dalam bisnis.


Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli



  1. Pengertian komunikasi bisnis berdasarkan Philip Kolter ialah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia, dengan tujuan untuk memuaskan kebutuhan dan cita-cita melalui sebuah proses pertukaran.

  2. Pengertian komunikasi bisnis berdasarkan William Albig ialah sebuah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, dan intruksi yang mempunyai sasaran tertentu yang dihidangkan dengan cara personal maupun impersional melalui lambang atau sinyal tertentu.

  3. Pengertian komunikasi bisnis berdasarkan Djoko Purwanto ialah komunikasi yang dipakai di dunia bisnis, yang termasuk ke dalam bermacam-macam bentuk komunikasi, baik dengan cara verbal maupun non verbal dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

  4. Pengertian komunikasi bisnis berdasarkan Rosenbalt ialah tindakan pertukaran mengenai informasi, ide/ opini, intruksi, dan sejenisnya. Yang disampaikan dengan cara personal atau non personal melalui lambang dan juga sinyal, untuk mencapai sasaran yang dimiliki suatu perusahaan.

  5. Pengertian komunikasi bisnis berdasarkan Katz ialah kegiatan dalam hal pertukaran ide, pesan, dan juga konsep yang berkaitan dengan pencapaian sejumlah sasaran yang bersifat komersil.


Unsur Komunikasi Bisnis



  1. Ada tujuan. Artinya komunikasi tersebut mempunyai tujuannya sendiri, yang sudah ditentukan dan sudah sejalan dengan tujuan organisasi.

  2. Ada pertukaran. Artinya komunikasi tersebut melibatkan 2 orang ataupun lebih yaitu sebagai komunikator dan komunikan.

  3. Berisi informasi, gagasan, opini, dan instruksi. Yang di dalamnya terdapat pesan di dalam komunikasi, yang bentuknya pun beragam. Tergantung pada situasi, kondisi dan tujuannya.

  4. Memanfaatkan kanal yang personal dan impersional. Yaitu komunikasi itu sanggup dilakukan dengan cara bertatap muka, memanfaatkan suatu media yang khusus atau media masa. Bila ingin menjangkau banyak orang.

  5. Menggunakan simbol atau sinyal. Yaitu dengan metode atau alat yang dipakai untuk melaksanakan komunikasi yang sanggup dipahami oleh si peserta pesan.

  6. Mencapai sasaran dan tujuan dari organisasi. Yang dimana tujuan itu sudah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.


Tujuan Komunikasi Bisnis


Ada tiga tujuan utama di dalam komunikasi bisnis, yaitu Memberi Informasi (Informing), Persuasi (Persuading), dan Melakukan Kolaborasi (Collaborating) dengan konsumen atau pelanggan. Berikut penjelasannya :


1. Memberi informasi


Maksudnya ialah segala hal yang berafiliasi dengan bisnis pada banyak sekali pihak. Contohnya ketika seorang manajer marketing ingin meningkatkan suatu penjualan produk yang baru, maka ia akan memasang iklannya di banyak sekali media.


Setiap media mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing, baik dari segi biaya maupun dari segi impact yang diterima. Cara memberikan warta di setiap media, sanggup menjadi pemicu dan menjadi faktor penentu keberhasilan dari iklan tersebut.


2. Melakukan persuasi


Persuasi merupakan cara berkomunikasi yang dipakai untuk memengaruhi dan meyakinkan orang lain. Persuasi ini sering kali dipakai di dalam kegiatan pemasaran, biar orang lain terpengaruh untuk membeli suatu jenis produk. Di dalam penegasan konfirmasi mengenai pesanan konsumen biar tidak ada kesalahpahaman yang terjadi.


3. Melakukan kolaborasi


Kolaborasi ialah suatu bentuk kerja sama, interaksi dan juga kompromi pada beberapa pihak yang terlibat secara eksklusif atau tidak langsung. Yang akan mendapatkan jawaban dan manfaatnya. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka kerjasama di dalam bisnis sanggup dilakukan dengan lebih mudah. Komunikasi bisnis ini sanggup dilakukan di banyak sekali macam media. Misalnya saja melalui telepon/ Smartphone, Chatting, Email, dan lain sebagainya.


Fungsi Komunikasi Bisnis


1. Fungsi Informative


Fungsi ini biasanya dipakai oleh manajer dan karyawan dalam melaksanakan kiprah mereka secara efisien. Informasi tersebut berkaitan dengan beberapa hal ibarat berikut ini :



  • Segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan contohnya tujuan perusahaan, prosedur, peraturan, dan lain sebagainya.

  • Standar kerja dan keuntungan perusahaan.

  • Sosio emotional suatu perusahaan pada umumnya.


2. Fungsi Regulatory


Fungsi dari komunikasi ialah sebagai alat untuk mengendalikan dan mengatur jalannya sebuah organisasi. Bentuk dari komunikasi ini sanggup berupa perintah atau berupa laporan.


3. Fungsi Integrative


Integrasi yang terjadi di dalam suatu perusahaan akan menciptakan perusahaan tersebut sanggup beroperasi secara lebih terpadu dan utuh. Hal itu hanya sanggup dilakukan jikalau komunikasi dan koordinasi di suatu perusahaan sudah berjalan dengan baik.


Bentuk Komunikasi Bisnis


1. Komunikasi verbal


Yaitu bentuk komunikasi yang dilakukan dengan cara mulut atau tulisan. Bentuk komunikasi ini dibagi kembali menjadi 2 yaitu pasif dan aktif. Contoh komunikasi pasif yaitu mendengarkan dan menulis. Sedangkan teladan komunikasi aktif ialah berbicara dan menulis.


2. Komunikasi non verbal


Komunikasi non verbal juga terdapat di dalam komunikasi bisnis, yaitu jenis komunikasi yang disampaikan tanpa memakai kata-kata. Contohnya :



  • Simbol-simbol

  • Sandi

  • Warna

  • Ekspresi wajah

  • Gerakan tubuh


Itulah klarifikasi mengenai pengertian, tujuan, fungsi, unsur dan bentuknya dari komunikasi bisnis secara lebih lengkap. Semoga pembahasan ini menambah wawasan dan manfaat.


Baca Juga :



 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com