Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Sumber Daya Alam : Pengertian Dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Konten [Tampil]

Setiap makhluk hidup tentunya memerlukan daerah tinggal atau lingkungan untuk kelangsungan hidupnya. Lingkungan yang menyediakan sumber-sumber kehidupan inilah yang dinamakan Sumber Daya Alam (SDA).


Sumber Daya Alam sanggup didefinisikan sebagai sebagai segala sesuatu yang berada di alam yang sanggup digunakan atau dimanfaatkan oleh insan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehingga sanggup mencapai kesejahteraan.


Keberadayaan Sumber Daya Alam yang besar ini tersebar diseluruh belahan bumi dengan kuantitas dan keanekaragaman yang berbeda-beda disetiap negara.


Indonesia yang merupakan negara dengan wilayah yang sangat luas baik daratan maupun lautan mengandung sumber daya alam yang melimpah dan bermacam-macam jenisnya. Indonesia sendiri populer dengan kekayaan sumber daya alamnya yang berasal dari pertanian, perkebunan, dan pertambangan.


Seiring dengan berkembangnya kebutuhan atau kepentingan insan yang semakin kompleks, mau tidak mau insan dituntut untuk sanggup memakai sumber daya alam (SDA) secara bijak.


Mengingat, kini ini banyak sekali insan yang secara sengaja mengeksploitasi sumber daya alam dengan berlebihan. Tentunya hal ini sangat bertolak belakang dengan apa yang seharusnya dilakukan insan di alam semesta yakni menjaga dan memelihara sumber daya yang tersedia.


Padahal acara pengeksploitasian SDA ini nantinya akan merugikan insan itu sendiri sehingga keberlangsungan hidupnya akan terganggu. Sumber Daya Alam (SDA) mempunyai sifat yang langka dan terbatas.


Dengan begitu kita sebagai insan sudah sepatutnya mengelolanya dengan penuh pertimbangan dan langkah-langkah yang tepat. Sumber Daya Alam yang ada di permukaan bumi ini diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu sumber daya alam menurut sumbernya dan sumber daya alam berdasarkaan sifatnya.


Berikut ini merupakan penjabaran dari masing-masing jenis sumber daya alam yang ada:




Jenis Sumber daya alam menurut sumbernya




A. Sumber daya alam hayati atau biotik


Setiap makhluk hidup tentunya memerlukan daerah tinggal atau lingkungan untuk kelangsungan √ Sumber Daya Alam : Pengertian dan Jenis-Jenisnya Lengkap
pakmono.com

Adalah sumber kekayaan alam yang berasal dari makhluk hidup ibarat hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam ini sanggup dibedakan menjadi dua jenis yakni, sumber daya alam hewani dan sumber daya alam nabati.


Sumber daya alam hewani yakni sumber daya alam yang diperoleh dari binatang atau binatang. Contohnya ibarat daging, telur, ikan dan yang lainnya. Sumber daya alam hayati ini sanggup dikelola dan dikembangkan melalui perjuangan perikanan, peternakan, dan lain sebagainya.


Sedangkan sumber daya alam nabati merupakan sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sumber daya ini sanggup dimanfaatkan menjadi banyak sekali macam oalahan. Misalnya, padi, jagung dan kedelai sanggup dimanfaatkan menjadi materi pangan.


Kemudian kayu jati, kayu mahoni sanggup dijadikan untuk materi bangunan atau konstruksi. Serta jahe, kunyit dan lengkuas yang sanggup dimanfaatkan menjadi materi obat-obatan herbal. Sumber daya alam nabati sanggup dibudidayakan dengan perjuangan perkebunan dan pertanian.


B. Sumber daya alam abiotik atau non hayati


Setiap makhluk hidup tentunya memerlukan daerah tinggal atau lingkungan untuk kelangsungan √ Sumber Daya Alam : Pengertian dan Jenis-Jenisnya Lengkap
ebiologi.net

Merupakan sumber kekayaan alam yang berasal dari benda tak hidup atau benda mati, misalnya ibarat air, tanah, minyak bumi, kerikil bara, dan masih banyak yang lainnya.




Jenis Sumber daya alam menurut sifatnya




1. Sumber Daya Alam yang sanggup Diperbaharui


Setiap makhluk hidup tentunya memerlukan daerah tinggal atau lingkungan untuk kelangsungan √ Sumber Daya Alam : Pengertian dan Jenis-Jenisnya Lengkap
youtube.com

Sumber daya alam yang sanggup diperbaharui (renewable), merupakan sumber daya alam yang sanggup digunakan secara berulang kali dan tidak akan habis meskipun digunakan terus-menurus, dan kedua yakni sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui.


Hal tersebut terjadi dikarenakan alam sanggup memperbahatui sumber daya tersebut dengan jangka waktu yang relatif cepat.


Sumber daya alam ini tentunya harus tetap dilestarikan dan di gunakan dengan baik walaupun keberadaannya yang tidak akan habis. Sumber daya ini biasanya digunakan dalam acara sehari-sehari dan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.


Berikut ini beberapa pola dari sumber daya alam yang sanggup diperbaharui:


A. Hewan


Hewan atau binatang yang merupakan pola dari sumber daya alam yang sanggup diperbaharui mempunyai bermacam-macam manfaat yang dapaf dirasakan secara pribadi bagi kehidupan.


Seperti produk-produk yang dihasilkan dari binatang yakni telur, susu, daging dan lain sebagainya. Produk tersebut sanggup dikelola

atau dikembangkan dengan perjuangan peternakan.


Akan tetapi, jikalau kita melihat kondisi yang kini banyak binatang atau binatang yang dieksploitasi dengan berlebihan untuk dijadikan banyak sekali macam produk dalam bidang fashion.


Seperti tas dan jaket yang berasal dari kulit binatang. Dengan demikian dibutuhkan banyak sekali macam perjuangan untuk merawat dan menjaga kelangsungan hidup binatang semoga nantinya tidak punah dan sanggup melaksanakan regenerasi.


B. Tumbuhan


Sumber daya alam yang berasal dari flora mempunyai banyak produk yang sanggup dimamfaatkan. Produk -produk tersebut sanggup dikonsumsi setiap hari dan sanggup dengan gampang diperoleh dari lingkungan sekitar.


Contoh dari beberapa sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yaitu, ubi, jagung, buah-buahan, sayuran dan masih banyak yang lainnya. Keberadaan flora sendiri sanggup dipelihara dengan cara budidaya pertanian.


C. Air


Keberadaan air di alam ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan semua makhluk hidup. Air merupakan sumber kehidupan yang paling diharapkan guna memenuhi kebutuhan hidup.


Meskipun alam mempunyai kuantitas air yang melimpah, insan tetap harus memanfaatkannya dengan bijak. Mengingat keberadaan air tersebut ada yang bisa dimanfaatkan dan ada juga yang tidak bisa dikonsumsi atau dimaanfaatkan oleh makhluk hidup.


D. Tanah


Adanya tanah di alam ini juga tidak kalah penting. Di mana tanah tersebut sanggup dikelola untuk banyak sekali kepentingan atau kebutuhan manusia. Misalnya dalam kegiatan dibidang pertanian, ibarat budidaya tanaman.


Jika tanah tersebut digunakan secara terus-menerus maka unsur hara yang berada ditanah tersebut akan mengalamai penurunan atau berkurang lantaran diserap oleh tumbuhan tersebut.


Oleh alasannya itu, diharapkan suatu upaya untuk tetap memilahara kesuburan tanah yang ada dengan cara melaksanakan pengairan, pemupukan, dan upaya yang lainnya.


E. Energi matahari


Sinar matahari sanggup digunakan sebagai salah satu sumber energi yang nantinya akan bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Contohnya yakni panel surya.


Energi matahari pada panel surya sanggup diubah menjadi energi atau pembangkit listrik. Secara umum upaya peembaharuan yang dilakukan alam terhadap sumber daya alam bisa melalui dua mekanisme, yaitu reproduksi dan sirkulasi.


Jalur reproduksi terjadi pada sumber daya alam hayati atau biotik dengan tujuan semoga keberadaan sumber daya alam

tersebut tidak habis atau punah.


Seperti binatang dan flora yang bisa berkembang biak sehingga tercipta generasi selanjutnya. Sedangkan jalur sirkulasi terjadi lantaran adanya sistem siklus pada sumber daya alam ibarat tanah, air dan udara.


2. Sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui (no renewable)


Setiap makhluk hidup tentunya memerlukan daerah tinggal atau lingkungan untuk kelangsungan √ Sumber Daya Alam : Pengertian dan Jenis-Jenisnya Lengkap
satujam.com

Adalah jenis sumber daya alam sifatnya terbatas. Artinya, sumber daya alam tersebut akan habis jikalau digunakan secara berulang-ulang.


Hal ini disebabkan lantaran proses pembuatan atau pembaharuan membutuhkan waktu yang usang bisa berkisar jutaan bahkan ratusan tahun.


Sumber daya alam ini juga tidak bisa secara pribadi diperoleh keuntungannya lantaran harus melewati proses pengolahan terlebih dahulu.


Pada umumnya produk dari jenia sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui berasal dari perut bumi dan materi galian. Contohnya ibarat kerikil bara, minyak bumi dan banyak sekali jenis logam.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com