Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Referensi Serta Keutamaan Yang Diperoleh Kalau Rajin Berdoa Sesudah Sholat

Konten [Tampil]

Sholat merupakan tiang agama. Sholat fardhu lima waktu merupakan kewajiban mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap umat muslim semasa hidup, selama masih mempunyai logika dan pikiran yang normal.


Tidak diberikan kesempatan barang sedikitpun dalam pelaksanaannya, sekalipun dalam keadaan sakit dengan kemurahan boleh dilaksanakan dengan aneka macam cara demi memenuhi kewajiban tersebut. Dan barang siapa yang lupa mengerjakan atau secara tidak sengaja tertidur maka kewajiban pula baginya untuk mengganti saat ia ingat.


Karena sholat yaitu suatu kewajiban yang harus dilakukan setiap umat muslim, sehingga jikalau dengan sengaja ditinggalkan maka ia termasuk ke dalam segolongan orang yang murtad, dan dianjurkan untuk segera bertaubat.


Cakupan Doa Setelah Sholat


 Sholat fardhu lima waktu merupakan kewajiban mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap umat  √ Contoh serta Keutamaan yang Diperoleh Jika Rajin Berdoa Setelah Sholat
alhadiibrahim.com

Jika ditilik secara bahasa, sholat berarti doa. Sedangkan secara istilah sholat yaitu ibadah yang di dalamnya terkandung ucapan dan amalan khusus, yang dimulai dengan mengagungkan nama Allah SWT (takbir) dan diakhiri dengan dua kali salam.


Maka juga tidaklah salah jikalau sholat disebut dengan doa, alasannya yaitu memang dalam pelaksanaannya terkandung doa di setiap gerakannya.


Meskipun sholat itu sendiri sudah mengandung doa, namun sehabis sholat alangkah lebih baiknya kita juga berdoa. Baik sholat fardhu maupun sholat sunnah tentunya mempunyai kekhususan doa tersendiri.


Meskipun secara umum bukanlah kesalahan jikalau ditinggalkan kekhususan doa tersebut. Namun lebih baik jikalau doa yang dipanjatkan sesuai dengan sholat dan kepentingannya.


Dzikir dan berdo’a sehabis sholat merupakan amalan yang dianjurkan. Keutamaannya akan bertambah lagi jikalau dilakukan secara berjamaah sehabis sholat sebagaimana yang sudah banyak dilakukan umat muslim. Dzikir dan do’a juga sangat baik jikalau dilakukan dalam setiap kesempatan.


Memiliki aturan sunnah, juga menjadi salah satu cara yang terbaik untuk lebih mendekatkan diri dan selalu mengingat Allah SWT.


Sedangkan dzikir dan doa yang dilakukan dalam waktu sholat fardhu, seusai sholat disunnahkan untuk membaca dzikir, sanggup berupa istighfar, tasbih, takbir, maupun tahlil, kemudian dilanjutkan dengan doa-doa lainnya.


Adapun doa sehabis sholat ini merupakan kumpulan dari doa sehari-hari. Bisa dimulai dengan mengucap hamdalah sebagai rasa syukur atas kehidupan, sholawat nabi untuk memuja dan mendoakan nabi, doa keselamatan dunia dan darul abadi dan doa penutup.


Keutamaan Dzikir Setelah Sholat


 Sholat fardhu lima waktu merupakan kewajiban mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap umat  √ Contoh serta Keutamaan yang Diperoleh Jika Rajin Berdoa Setelah Sholat
style.tribunnews.com

Secara umum, dzikir mempunyai banyak sekali keutamaan, berikut ini beberapa keutamaan dzikir.



  1. Perintah Allah SWT

  2. Mendatangkan pahala dan ampunan

  3. Senantiasa menjadi hamba yang diingat Allah SWT

  4. Mendapatkan ketenangan hati, serta dilimpahi kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup


Dan bekerjsama sudah dijelaskan dalam HR. Tirmidzi;Hasan, bahwa keutamaan dzikir dan doa sehabis sholat akan selalu didengar Allah SWT. Doa sehabis sholat fardhu merupakan salah satu bentuk dedikasi seorang hamba yang merendah dan meminta kepada Tuhannya.


Isi dari Doa Setelah Sholat


 Sholat fardhu lima waktu merupakan kewajiban mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap umat  √ Contoh serta Keutamaan yang Diperoleh Jika Rajin Berdoa Setelah Sholat
islamudina.com

Sedangkan doa sehabis sholat fardhu sendiri, merupakan kumpulan dari beberapa doa dan sanggup anda tambahkan sendiri doa secara pribadi.


Namun secara umum, biasanya berisi doa untuk kebaikan diri, kebaikan dunia dan akhirat, ketetapan akidah dan islam, serta dimatikan dalam keadaan husnul khatimah. Berikut ini doa sehabis dzikir yang sanggup diamalkan seusai melakukan sholat.


Bismillaahirohmaanirrohiim. Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin. Allaahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin wa’alaa aali sayyidina Muhammad.


1. Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa min jamii’il haajaat. Wa tuthohhirunaa bihaa min jamii’is sayyi_aat, wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad_darojaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshol ghooyaat. Min jamii’il khoirooti fil hayaati wa ba’dal mamaat.


2. Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid_diin, wa ‘aafiyatan fil jasadi. Wa ziyaadatan fil ‘ilmi. Wa barakatan fir_rizqi. Wa taubatan qoblal maut. Wa rahmatan ‘indal maut. Wa maghfirotan ba’dal maut.


3. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut. Wan_najaata minan_naari wal ‘afwa ‘indal hisaab.


4. Robbanaa laa tuzigh qulubanaa ba’da idz_hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmah. Innaka antal wahhaab.


5. Allaahummaghfirlii dzunuubi waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii soghiiroo.


6. Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wafil aakhiroti hasanah waqinaa adzaaban_naar.


Washollallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad. Walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.


Mungkin masih banyak dari kita yang sering kali khilaf atau lupa untuk mengerjakan dzikir dan doa sehabis sholat. Setelah mengetahui betapa penting dan keutamaannya, marilah kita mulai terapkan dari sekarang.


Karena bekerjsama Alllah SWT selalu menyukai hamba-Nya yang senantiasa mau bersujud dan meminta kepada-Nya. Dengan kita menyadari bahwa kita hanyalah hamba yang lemah dan tidak mempunyai apapun, sudah selayaknya kita rajin berdoa.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com