Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pakan Pelengkap Untuk Burung Pemakan Biji-Bijian

Konten [Tampil]

Setiap burung kicauan mempunyai makanan kesukaannya masing-masing, menyerupai jenis burung pemakan serangga dan juga jenis burung pemakan biji-bijian.


Dalam kebutuhkan Gizi hariannya biar tercukupi antara burung pemakan biji-bijian dan juga burung pemakan serangga, tentunya pakan yang di berikannya juga harus lebih bervareatif, sebab dengan mempunyai gizi yang cukup yang di berikan pada pakannya, maka kesehatan dari burung tersebut menjadi terjaga dan menciptakan burung menjadi rajin untuk berkicau.


Pakan perhiasan burung pemakan biji-bijian tententu selain di berikan pakan dari biji-bijan, menyerupai millet,jewawut dan pakan sejenis lainnya, maka untuk melengkapi kebutuhan gizi untuk kesehatan burung itu sendiri, maka bisa memperlihatkan pakan lainnya, dari buah dan sayur-sayuran yang bisa di berikan dan di Mix setiap hari atau setiap minggu, yang penting Gizinya lengkap terpenuhi.





  1. Oyong Atau Gambas




Setiap burung kicauan mempunyai makanan kesukaannya masing Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian


Gambas atau biasa di sebut juga oyong mempunyai kandungan Gizi yang cukup banyak, jadi dalam pinjaman pakan ini sanggup memperlihatkan gizi yang cukup lengkap, menyerupai kandungan gizi oyong dalam 100 gram :



  • 1,09 gram protein

  • Kalsium 17 gram

  • Zat Besi 1,6 mg

  • Vitamin C 7 Mg

  • Vitamin A 5,6 IU


Namun , dalam pinjaman pakan dari oyong tersebut jangan terlalu keseringan, misalkan di berikan 1 ahad cukup 1 – 2 kali dan di hari lainnya dalam waktu seminggu berikan pakan perhiasan lainnya, menyerupai pakan yang akan di jelaskan di bawah ini.


Untuk memudahkan burung dalam mengkonsumsi pakan dari oyong, maka potong-potong terlebih dahulu, sehingga potongan dalam dari oyong terlihat dan burung bisa dengan gampang untuk mengkonsumsinya. Biasanya oyong sering di konsumsi oleh burung kenari/ Finch dan burung paruh bengkok, menyerupai Lovebird dan yang lainnya.




  1. Buah Apel




Setiap burung kicauan mempunyai makanan kesukaannya masing Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian


Buah apel menjadi makanan perhiasan yang bisa di berikan para burung pemakan biji-bijian, dan kandaungan yang terdapat dari burung tersebut mempunyai Gizi yang cukup lengkap dan bermanfaat bagi burung menjadi rajin untuk berkicau.


Dalam pemberiannya, maka bisa memotong hingga beberapa bagian, untuk mempermudah dalam penyimpanan dan juga mempermudah untuk burung mengkonsumsinya.


Setelah di potong hingga beberapa bagian, maka basuh hingga higienis dengan memakai air bersih, dan buang potongan bijinya.


Adapun  kandungan yang terdapat dari buah apel, antara lain :



  • Zat besi

  • Vitamin C, B1,B2,B3,B5,B6,B9 dan Vitamin A

  • Kaya akan serat

  • Terdapat kandungan quercetin yang bermanfaat untuk meningkatkan oksidan, sehingga burung mempunyai daya tahan tubuh yang cukup dari banyak sekali penyakit dan menjadikannya lebih sehat

  • Terdapat asam tartar yang baik untuk pencernaan burung

  • Kaya akan mineral, potassium, magnesium,zat besi, kalsium




  1. Jagung Muda




Setiap burung kicauan mempunyai makanan kesukaannya masing Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian


Jagung muda merupakan pakan favorit yang biasa di konsumsi oleh burung paruh bengkok, menyerupai lovebird, parkit dan burung lainnya menyerupai Finch dan kenari.


Dalam pemberikan pakan perhiasan dari jagung, bisa di berikan sepotong jagung yang di simpan di sangkar atau sangkar dengan cara menyimpannya di bawah atau di samping kandang.


Namun , jikalau burung belum terbiasa mengkonsumsi pakan dari jagung, maka potongan terdepat dari jagung tersebut di iris terlebih dahulu, sehingga burung bisa mengkonsumi dengan mudah.


Beberapa kandungan  dan manfaat dari jagung untuk burung antara lain :



  • Kaya akan mineral

  • Mencegah anemia

  • Kaya Vitamin dan kalori

  • Menyehatkan bulu burung

  • Melancarkan pencernaan

  • Menjaga kesehatan mata




  1. Wortel




Setiap burung kicauan mempunyai makanan kesukaannya masing Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian


Wortel bisa di berikan pada burung paruh bengkok, namun memang tidak semua terbiasa mengkonsumsi makanan tersebut. Akan tetapi biar bisa memperlihatkan pakan perhiasan untuk melengkapip Gizi burung itu sendiri, maka bisa dengan membiasakan dalam memperlihatkan pakan dari wrotel ini.


Pakan sortel juga sangat baik di berikan untuk membantu dalam memenuhi dalam menghasilkan pigmen warna, sehingga baik di berikan pada burung kenari merah.


Dalam pinjaman pakan dari dari wortel ini bisa dengan cara memberihkannya terlebih dahulu, kemudian merebusnya dan memarutnya hingga halus dan berikan berupa perasan cairannya atau juga wortel matang hasil parutan tersebut.




  1. Cabai Merah




Setiap burung kicauan mempunyai makanan kesukaannya masing Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian


Cabai merah juga bisa di berikan pada burung pemakan biji-bijian, sebab mempunyai kandungan Vitamin C yang banyak dan juga bisa menghasilkan Pigmen warna menyerupai yang terdapat pada wortel.


Pakan cabai juga bisa dikonsumsi oleh burung dan tidak akan menciptakan burung menjadi merasa pedas dan panas saat mengkonsumsinya, sebab burung tidak mempunyai reseptor rasa.


Jika burung membutuhkan asupan Vimtain C, maka bsia memperlihatkan cabai yang di berikan dengan dalam bentuk utuh atau juga dengan membuang bijinya dan memperlihatkan kulit cabenya saja.




  1. Mentimun




Setiap burung kicauan mempunyai makanan kesukaannya masing Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian


Mentimun mempunyai kandungan air yang tinggi, sehingga baik di gunakan untuk menjaga suhunya saat cuaca panas dan juga diberikan untuk di perjalanan.


Selain itu mentimun juga mempunyai manfaat yang baik untuk menjaga berat tubuh ideal pada burung dan mempunyai manfaat yang sanggup mengatasi terjadinya Over birahi pada burung.


Dalam penyajian pakan dari mentimun bisa berupa meberikan biji keringnya saja atau memperlihatkan mentimun secara utuh yang di belah 2 dan di simpan di samping kandang.


Namun , bagi anda yang ingin memperlihatkan mentimun untuk menjaga suhu tubuh dalam kondisi lingkungan panas, maka bisa memperlihatkan dalam bentuk utuh.




  1. Sawi




Setiap burung kicauan mempunyai makanan kesukaannya masing Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian


Sawi merupakan makanan yang cukup di gemari oleh burung pemakan biji-bijian, menyerupai pakan lainnya pada klarifikasi di atas, sayuran sawi juga mempunyai kandungan yang tidak kalah penting untuk kesehatan burung, menyerupai :



  • Vitamin A dan C

  • antioksidan flavonoid

  • zeaxanthin

  • lutein

  • sulforaphane

  • indoles


selain itu, sayuran sawi mempunyai manfaat untuk melancarkan pencernaan burung.Berikan sayur sawi segar secara utuh dan simpan di samping sangkar burung.


Dalam pinjaman pakan pengganti dari biji-bijian yang telah di sampaikan diatas, maka bisa di berikan secara acak atau berkala, misalkan dalam 7 hari tersebut berikan 7 pakan perhiasan tersebut yang berbeda-beda, sebab setiap pakan tersebut mempunyai kandungan Gizi yang berbeda, meskipun untuk beberapa Gizi ada yang sama dan mempunyai manfaat berbeda pula tentunya.



Sumber https://kicaumania.net