Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ternak Lovebird Supaya Cepat Bertelur Untuk Pemula Yang Benar

Konten [Tampil]

Cara ternak Lovebird – mempunyai lovebird yang berkualitas tentunya menjadi hal yang paling banyak orang inginkan, namun untuk mendapat hasil kicauan yang manis dari lovebird itu sendiri membutuhkan perawatan yang rutin setiap harinya, biar bisa tumbuh menjadi lebih sehat dan aktif.


Tidak semua pemilik burung peliharaan tau dan bisa melakukannya dengan cara yang sempurna yang sanggup menciptakan lovebird menjadi sehat dan juga aktif.


Jika kicaumnia belum melaksanakan perawatan yang rutin dari lovebird yang sedang dipelihara, maka bisa dengan melaksanakan tips pada klarifikasi di bawah ini dengan lengkap.


Cara ternak lovebird merupakan langkah yang sempurna bagi seseorang yang ingin mengembangbiakan menjadi lebih banyak sehingga dengan cepat bertelur dan memproduksi anakan yang baik pula.


Beberapa temen-temen kicaumania yang mempunyai lovebird yang berkualitas dengan bunyi kicaun yang indah tentunya sanggup menyebabkan anakan dari burung tersebut sanggup meningkat harganya. Dari pada menjual indukan berkualitas alasannya ialah kicauannya manis dengan harga mahal, maka sebagian orang lebih menentukan mengembangbiakannya menjadi lebih banyak dan lebih banyak menjual harga tinggi dari turunannya tersebut.



Cara Ternak Lovebird koloni Yang Benar


 mempunyai lovebird yang berkualitas tentunya menjadi hal yang paling banyak orang inginkan Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Untuk Pemula Yang Benar


Untuk melaksanakan ternak lovebird secara koloni, maka bisa dengan cara menyiapkan beberapa pasangan , misalkan 4 pasang lovebird atau lebih. Menyiapkan beberapa jodoh yang pas, dimaksudkan untuk menghindari perkelahian, kalau salah satu tidak mendapat jodoh, alasannya ialah merebut pasangan lainnya.


Ukuran sangkar tentunya harus lebih besar untuk ternak lovebird secara koloni, biar burung labet bisa leluasa untuk bergerak dan terlebih bisa terbang-terbang pendek.


Selain itu siapkan beberapa gelodok untuk disiapkan, sehingga ketika sewaktu-waktu lovebird mau bertelur.


Siapkan 4 buah glodok kalau didalam sangkar koloni ada 4 jodoh lovebird atau lebih juga tidak apa-apa, asalkan jangan kurang dari jumnlah tersebut.


Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Kawin


 mempunyai lovebird yang berkualitas tentunya menjadi hal yang paling banyak orang inginkan Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Untuk Pemula Yang Benar


Setelah disiapkan sangkar koloni lovebird, maka selanjutnya ialah dengan cara biar lovebird bisa kawin dan tentunya hal yang awal dilakukan ialah dengan cara menjodohkannya.


Untuk lengkap cara menjodohkan lovebird, maka bisa membaca pembahasan lainnya, terkait cara menjodohkan lovebird dan  juga cara membedakan lovebird jantan dan betina.


Ada hal yang bisa temen-temen perhatikan dari klarifikasi arikel lainnya di link di atas perihal :



  • Cara menentukan indukan

  • Membedakan jenis kelamin lovebird

  • Menjodohkan lovebird dari sangkar hingga koloni

  • Memilih pakan yang berkualitas


Jika Sudah membacanya, mari kita lanjutkan pembahasannya biar lovebird sanggup produksi anakan yang berkualitas.


 mempunyai lovebird yang berkualitas tentunya menjadi hal yang paling banyak orang inginkan Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Untuk Pemula Yang Benar


Ketika persyaratan sudah tercukupi, maka penting sekali pada dikala sebelum dan pada dikala mengeram memberi asupan pakan yang berkualitas dan juga Vitamin.


Adapun makan yang bisa di pilih antara lain ;



  • Jagung manis muda

  • Millet putih dan merah

  • Buah apel

  • Jewawut

  • Kenari

  • Tauge

  • Voer

  • Kangkung

  • Dan lainnya


Cek, kuliner lovebird lainnya dihalaman ini DISINI .


Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur


 mempunyai lovebird yang berkualitas tentunya menjadi hal yang paling banyak orang inginkan Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Untuk Pemula Yang Benar




  1. Kandang Ternak Lovebird




Untuk menentukan sangkar lovebird untuk ternak, maka bisa menyesuaikan saja dan bisa membelinya di kios burung. Dan bagi kalian yang ingin beternak lovebird untuk satu pasang maka, bisa dengan memakai sangkar yang berukuran 60 x 44 x 40 Cm saja. Namun , kalau lebih dari 1 jodoh, maka bisa dengan memakai ukuran yang lebih dari itu.




  1. Proses Pengeraman




Setelah proses bertelur sudah selesai, maka seanjutnya ialah ketahap pengeraman, waktu yang diharapkan dalam mengeram telur Lovebird bisa mencapai 22 hingga 25 hari, dengan jumah telur ideal yang biasa di hasilkan Lovebird 8 buah telur. Akan tetapi ,jika telur Lovebird tidak menetas hingga ke hari 27, maka bisa dengan membuangnya alasannya ialah tidak akan menetas, atau kalo masih kurang yakin, maka bisa denganmengeceknya telrebih dahulu sebelum membuangnya.


Agar indukan bisa mengeram dengan baik, maka kondisikan sangkar dalam keadaan higienis dari kotoran atau juga sisa pakan yang jatuh, selain itu dengan sangkar yang higienis akan tehindar penyakit yang mungkin menyerang pada burung indukan atau anakannya ketika sudah menetas telurnya.


Untuk menghindari gagal menetas telur lovebird, maka bisa dengan memakai lampu spectrum, alasannya ialah mengingat, tidak semua peternak lovebird sangkar dari glodok atau kandangnya terkena sinar matahari. Namun , kalau sangkar dari lovebird tidak terkena sinar matahari, maka bisa dengan memakai lampu spectrum untuk menjaga suhu sangkar tidak cuek dan juga tidak teralu panas tentunya.


Untuk setting suhu panas cukup di berikan 20 celsius (5500 Kelvin) saja, namun jangan terlalu sering digunakan, gunakan secukupnya saja,karena kalau terlalu sering malah menciptakan sangkar jadi terlalu hangat. Makara sesuaikan saja dengan lingkungan anda sekalian, alasannya ialah setiap lokasi mempunyai suhu lingkungan yang berbeda-beda.


Dalam masa proses pengeraman, sebaiknya menghindari untuk sering membuka glodok, alasannya ialah ingin tau dengan jumah telur, atau ingin mengetahui apakah sudah menetas atau belum dan lain sebagainya, biar indukannya menjadi tidak terganggu.


Pada proses pengeraman berlangsung, maka tugas indukan lovebird sangat penting untuk di perhatikan, dan biasanya sesekali, lovebird jantan akan masuk ke glodok untuk meloloh indukan betinanya untuk menunjukkan makanan.




  1. Pakan Lovebird Anakan




Makanan menjadi hal yang harus di perhatikan ketika anakan lovebird sudah menetas dari telurnya, alasannya ialah pakan dari lovebird remaja dan anakan berbeda dan tentunya yang di sesuaikan dengan kebutuhan dari Nutrisi, kemampuan pencernaannya.


Para kicau mania biasanya menunjukkan pakan berupa bubur khusus untuk lovebird atau pakan yang di beli di warung, ibarat bubur untuk bayi dan diberikan pakan tersebut ketika umur 10 hingga 15 hari dengan melolohnya.


Namun , untuk memudahkan dalam mengkonsumsi pakan tersebut, maka bisa dengan menciptakan buburnya di bikin encer, sesudah mulai besar ,maka bisa di buat kental bubur yang di berikannya secara bertahap.


Selain pakan yang di perhatikan untuk anakan lovebird, maka pada dikala pengeraman, maka indukan lovebird tercukupi kebutuhan pakannya, dengan menyediakan pakan yang tersedia di dalam sangkar untuk memudahkan burung makan ketika lapar.


Nah, kini sudah taukan perihal cara ternak lovebird biar cepat produksi dan bertelur untuk mendapat kualitas terbaiknya dari lovebird tersebut.


Salam kicau mania .



Sumber https://kicaumania.net