Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 5 Diam-Diam Kebaikan Dan Keagungan Yang Terdapat Di Dalam Doa Qunut

Konten [Tampil]

Umat Islam tentu saja sudah tidak absurd lagi dengan bacaan doa qunut. Doa qunut merupakan salah satu bacaan dalam sholat. Doa ini biasanya dibaca pada sholat subuh maupun sholat witir. Namun ada juga yang mengamalkannya di luar sholat.


Meskipun bacaan doa ini sudah tidak absurd lagi, namun masih terdapat banyak orang yang belum memahaminya baik dalam hal tata cara, maupun manfaat dari membaca doa qunut. Berbicara wacana doa qunut, diambil dari ilmu fiqih terbagi menjadi tiga macam.


Jenis-Jenis Doa Qunut


Umat Islam tentu saja sudah tidak absurd lagi dengan bacaan doa qunut √ 5 Rahasia Kebaikan dan Keagungan yang Terdapat di Dalam Doa Qunut
dutaislam.com

Yang pertama ialah doa qunut Subuh. Yakni doa qunut yang dibaca pada rakaat kedua shalat subuh sebelum sujud. Doa qunut inilah yang paling terkenal atau banyak dikenal masyarakat. Meskipun terdapat segolongan umat yang tidak memakai doa ini ketika sholat subuh.


Doa Qunut yang kedua ialah Doa Qunut Witir, yaitu dibaca pada dikala melaksanakan sholat witir.


Sedangkan yang ketiga ialah Doa Qunut Nazilah yang dibaca dikala mengalami musibah, baik petaka ringan atau petaka besar yang sanggup berupa bencana, perang, dan sebagainya.


Dalam pelaksanaannya membaca Doa Qunut Nazilah harus dibaca pada setiap sholat fardhu, ketika terpapar peristiwa tersebut.


Sesungguhnya setiap aliran Islam kepada umatnya di muka bumi ini akan selalu terdapat belakang layar yang tersimpan. Dan Allah SWT tidak akan membuat segala sesuatu tanpa ada manfaatnya. Dimana setiap belakang layar dibalik ajaran-ajaran tersebut ialah untuk kebaikan umat itu sendiri.


Rahasia yang Terkandung di Balik Doa Qunut


Umat Islam tentu saja sudah tidak absurd lagi dengan bacaan doa qunut √ 5 Rahasia Kebaikan dan Keagungan yang Terdapat di Dalam Doa Qunut
plus.kapanlagi.com

Maka berikut ini terdapat beberapa belakang layar dari doa qunut yang penting bagi kehidupan, diantaranya yaitu:


1. Berisi permohonan mengenai petunjuk dan hidayah dari Allah SWT


Permohonan dan petunjuk ini terdapat pada awal bacaan doa qunut, yang dimaksudkan ialah semoga umat dalam membedakan antara yang haq (baik) dan yang batil (buruk) dalam menjalani kehidupan.


Sebab ketika hati sudah terbuka dan mendapat petunjuk maka menjadi awal dari segala amal kebaikan dalam diri seseorang mengalir.


2. Berisi permohonan menyebabkan Allah SWT sebagai wali kita


Sejatinya Allah SWT senantiasa menjadi wali bagi siapapun yang Ia kehendaki. Akan tetapi tidaklah semua orang sanggup diperlakukan selayaknya seorang wali. Sehingga, untuk itu kita harus senantiasa memohon kepada-Nya. Tentu saja semoga Allah SWT semakin mengasihi dan mengasihi kita.


3. Berisi permohonan terhadap keselamatan hidup


Umat Islam tentu saja sudah tidak absurd lagi dengan bacaan doa qunut √ 5 Rahasia Kebaikan dan Keagungan yang Terdapat di Dalam Doa Qunut
id.wikipedia.org

Makna keselamatan hidup yang bisa diperoleh dari doa qunut ini tidak hanya keselamatan secara jasmani. Namun juga keselamatan terhadap perilaku dan rohani yang buruk. Dengan tujuan semoga di alam abadi kelak, kita sanggup selamat dari bahaya siksa dan mendapat keberkahan serta nikmatnya.


4. Berisi wacana kebanggaan kepada Allah SWT bahwa Dia yang Maha Tinggi dan Mulia


Doa qunut juga mengandung belakang layar bahwa hanya Allah SWT merupakan dzat yang Maha Tinggi dan Mulia. Dengan kesadaran yang menyerupai itu, sudah selayaknya kita memperlihatkan kebanggaan terbaik kepada-Nya serta senantiasa untuk takut dan tunduk.


5. Berisi wacana bentuk kepasrahan semata kepada Allah SWT


Memasrahkan diri kepada Allah SWT ialah sebagai bentuk penghormatan kepada-Nya, sebagaimana kita ialah makhluk yang harus tunduk. Sehingga dalam setiap permasalahan yang harus dihadapi, maka hanya kepada Allah SWT lah kita kembali untuk mengadu dan meminta. Sebab hanya Allah SWT yang bisa memberi pertolongan.


Setelah mengetahui belakang layar yang terkandung dalam bacaan doa qunut, yang bisa menambah khazanah keilmuan kita, dan memperlihatkan pemahaman bahwa selalu ada hikmah dan manfaat yang bisa dipetik dari amalan tersebut ketika dilakukan dengan benar.


Yang menjadi salah satu faktornya ialah alasannya ialah dalam doa terdapat permohonan-permohonan kebaikan. Maka tidak ada alasan lagi untuk tidak diamalkan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com