Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Unduh Buku Evaluasi Berorientasi Higher Order Thinking Skills

Konten [Tampil]

Unduh Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills

Tujuan Buku pegangan ini dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
1. Memberikan teladan kepada guru dalam menyebarkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi; 
2. Memberikan teladan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru dalam melaksanakan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi; 
3. Memberikan teladan pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial terhadap pelaksanaan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.
Penilaian ialah proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu penerima didik. Penilaian mencar ilmu penerima didik dilakukan oleh pendidik yang mencakup aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh gosip deskriptif mengenai sikap penerima didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan penerima didik, sedangkan penilaian keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan penerima didik menerapkan pengetahuan dalam melaksanakan kiprah tertentu. Penilaian hasil mencar ilmu oleh pendidik i n i bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil mencar ilmu penerima didik secara berkesinambungan.

Unduh Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills

Penyempurnaan kurikulum 2013 antara lain pada standar isi diperkaya dengan kebutuhan penerima didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional, sedangkan pada standar penilaian memberi ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Penilaian hasil mencar ilmu diperlukan sanggup membantu penerima didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), sebab berpikir tingkat tinggi sanggup mendorong penerima didik untuk berpikir secara luas dan mendalam perihal bahan pelajaran. 

Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang gres bagi guru dalam melaksanakan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melaksanakan penilaian. Guru dalam penilaian ini harus menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan penerima didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS. 

Untuk lebih lengkapny, eksklusif saja Unduh Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills dengan klik Link di bawah ini.


Semoga file Unduh Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills ini bermanfaat untuk guru, kepala sekolah serta pengawah dalam melaksanakan penilaian terhadap kemajuan akademik warga sekolah pada umumnya.


Sumber http://filegurunow.blogspot.com