Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 3 Referensi Paragraf Rumpang Beserta Jawabannya Dalam Bahasa Indonesia

Konten [Tampil]

Salah satu diantara jenis-jenis paragraf yang ada ialah paragraf rumpang. Paragraf ini merupakan paragraf yang beberapa bagiannya ditandai dengan tanda baca elipsis (…). Tanda baca ini membuktikan adanya bab yang dirumpang atau dikosongkan dari paragraf tersebut. Paragraf ini biasanya digunakan sebagai bab dari soal mata pelajaran bahasa Indonesia. Biasanya, bab yang rumpang tersebut ialah bab yang harus diisi oleh siswa dengan tanggapan yang sempurna untuk mengisi bab tersebut.


Pada artikel kali ini, kita akan mengetahui menyerupai apa contoh-contoh paragraf rumpang yang disertai dengan jawabannya. Adapun beberapa pola yang dimaksud bisa disimak sebagaimana berikut ini!


Contoh 1:


Sapardi Djoko Damono ialah seorang (1)… kelahiran Solo, 20 Maret 1940. Beliau telah membuat sejumlah puisi, cerpen, dan juga beberapa karya non fiksi. Salah satu puisinya yang paling populer ialah puisi (2)… yang ditulisnya pada tahun 1989 yang lalu. Puisi tersebut merupakan puisi yang ada di dalam salah satu buku puisinya, yaitu (3)…. Selain alasannya puisinya yang sederhana, puisi tersebut juga dikenal masyarakat alasannya pernah dimusikalisasi oleh duo folk asal Jakarta, yaitu (4)…. Selain oleh duo tersebut, puisi karya ia itu juga sempat dimusikalisasi ulang oleh (5)… dan menjadi salah satu lagu tema untuk film “Cinta dalam Sepotong Roti” yang rilis pada tahun 1991 yang lalu.


Jawaban: (1) penyair, (2) Aku Ingin, (3) Hujan Bulan Juni, (4) Ari Reda, (5) Dwiki Darmawan.


Contoh 2:


Karangan eksposisi merupakan salah satu jenis (1)… yang ada di dalam khazanah bahasa Indonesia. Adapun pengertian dari karangan ini ialah sebuah karangan yang berisi wacana (2)… pembuatan (3)… secara (3)…. Karangan ini sendiri dibentuk guna memberi (4)… kepada pembaca tanpa mengharap (5)… dari para pembaca. Untuk membuat karangan ini, penulis harus terlebih dahulu (6)… dari suatu hal, dan kemudian penulis harus menuangkannya secara (7)… semoga pembaca memahami isi karangan tersebut.


Jawaban: (1) karangan, (2) dan (6) proses, (3) dan (7) informatif, (4) informasi, (5) tanggapan.


Contoh 3:


Kucing merupakan salah satu jenis binatang (1)… yang ada di muka bumi. Selain itu, kucing juga dikenal sebagai salah satu jenis binatang (2)… yang terkenal, selain anjing ataupun kelinci. Kucing sendiri memiliki sejumlah spesies yang tersebar di seluruh dunia. Namun, berdasarkan beberapa penelitian, spesies kucing yang paling banyak tersebar dan paling banyak dipelihara di dunia ialah kucing ras adonan atau yang dikenal dengan sebutan kucing (3)…. Jenis kucing ini memang terhitung banyak, apalagi di negara kita ini. Selain spesies kucing tersebut, terdapat pula beberapa spesies kucing ras alami yang lazim dipelihara manusia. Salah satu jenis kucing tersebut ialah kucing (4)… yang sekarang mulai menjadi primadona bagi pecinta kucing. Hal ini dikarenakan spesies (5)… memiliki ciri khas, yaitu tidak adanya (6)… di (7)… kucing tersebut.


Jawaban: (1) mamalia, (2) peliharaan, (3) kampung, (4) Sphinx, (5) kucing, (6) bulu, dan (7) kulit.


Demikianlah beberapa pola kalimat rumpang beserta jawabannya dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai paragraf rumpang pada khususnya, maupun mengenai bahan pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Mohon dimaafkan jikalau terdapat kekeliruan yang terkandung di dalam artikel kali ini. Sekian dan juga terima kasih.


JIka pembaca ingin menambah acuan soal paragraf, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut ini, yaitu: jenis-jenis paragraf berdasarkan fungsinya, jenis-jenis paragraf berdasarkan posisi kalimatnya, jenis-jenis paragraf berdasarkan pola pengembangannya, jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya, paragraf klasifikasi, paragraf ineratif, dan artikel paragraf induktif.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com