Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran, Faktor Yang Mempengaruhi

Konten [Tampil]

Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran, Faktor Yang Mempengaruhi – Pada pembahasan kali ini kalian akan mempelajari ihwal produktivitas kerja. Yang mana pembahasan ini mencakup pengertian, pengukuran produktivitas kerja dan faktor yang mempengaruhinya. Agar lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran, Faktor Yang Mempengaruhi


Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Produktivitas Kerja Menurut Para Ahli


Sebelum mengetahui pengertian produktivita kerja yang dikemukakan oleh para ahli, alangkah baiknya kita mengetahui definisi secara umumnya.


Produktivitas kerja merupakan kemampuan pegawai dalam berproduksi daripada dengan input yang digunakan, seorang pegawai sanggup disebut produtif apabila beliau sanggup menghasilkan barang ataupun jasa yang sesuai dengan yang menjadi impian dalam waktu yang singkat atau tepat.


Pengertian lain dari produktivitas kerja yaitu perbandingan antara hasil yang diraih dengan semua sumber daya yang dimanfaatkan per satuan waktu dengan mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari sarana dan prasaran yang disediakan.


Produktivitas kerja yaitu satu dari beberapa problem yang penting yang wajib diperhatikan perusahaan atau organisasi supaya tujuan yang sudah dirancang sebelumnya bisa tercapai.


1. Payaman Simanjuntak


Pengertian produktivitas kerja berdasarkan Payaman Simanjuntak adalah, secara fisiologis mengandung pandangan hidup dan perilaku mental yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu kehidupan.


Kondisi ini harus lebih baik dari kemarin, dan mutu kehidupan besok harus lebih baik dari hari ini. Pandangan hidup dan perilaku mental yang menyerupai itu akan mendorong insan untuk tidak cepat merasa puas, akan tetapi berusaha berbagi diri untuk meningkatkan kemampuan sehingga akan dihasilkan produktivitas yang tinggi.


2. Hasibuan (1996:126)


Pengertian produktivitas kerja berdasarkan Hasibuan yaitu perbandingan antara output (hasil) dengan input (masukan). Jika produktivitas naik ini hanya dimungkinkan oleh adanya peningkatan efisiensi (waktu-bahan-tenaga) dan sistem kerja, teknik produksi dan adanya peningkatan keterampilan dari tenaga kerjanya.


3. Sondang P. Siagian


Pengertian produktivitas kerja berdasarkan Sondang P. Siagian yaitu kemampuan memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari sarana dan prasarana yang tersedia dengan menghasilkan output yang optimal, bahkan jikalau bisa semaksimal mungkin.


4. Riyanto (1986:22)


Pengertian produktivitas kerja berdasarkan Riyanto yaitu secara teknis produktivitas yaitu suatu perbandingan antara hasil yang dicapai (output) dengna keseluruhan sumber daya yang dibutuhkan (input). Produktivitas berarti perbandingan antara hasil yang dicapai dengan kiprah tenaga kerja persatuan waktu.


5. Muchdarsyah Sinungan


Pengertian produktivitas kerja berdasarkan Muchdarsyah sinungan yaitu tindakan efisiensi dalam memproduksi barang-barang atau jasa.


Pengukuran Produkvitas Kerja


Pengukuran produktivitas kerja merupakan sistem yang dipergunakan sebagai ukuran kinerja atau mengetahui kinerja dari pegawai apakah telah menjalankan pekerjaanya dengan baik sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan atau instansi.


Manfaat pengukuran produktivitas kerja yaitu untuk menjadi tahu kemampuan dan juga keterampilan setiap karyawan secara rutin setiap hari sebagai dasar pendayagunaan dan pengembangan karyawan dengan sangat optimal dan peningkatan mutu hasil kerja karyawan.


Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja


Terdapat beberapa faktor yang menjadi imbas produktivtas kerja, antara lain yakni:


Bersumber Dari Pekerjaan

Sebuah pekerjaan yang banyak memerlukan gerakan yang sanggup mengakibatkan produktivitas kerja menjadi rendah. Dengan demikian, supaya gerakan dalam menjalankan pekerjaan cepat dan sempurna maka lebih dulu diadakan “Time and Motion Study”.


Dengan studi itu sanggup dapat tercipta gerakan yang efektif dan sanggup melancarkan pekerjaan sekaligus mengurangi kesalahan pegawai.


Bersumber Dari Karyawan

Semangat dan gairah kerja para pegawai yaitu suatu unsur yang sangat penting untuk meraih suatu produktivitas yang tinggi. Dengan demikian, sebaiknya pimpinan memperhatikan unsur penting itu dengan melihat hal-hal berikut ini:



  • Gaji yang sepadan

  • Keperluan pegawai harus diperhatikan

  • Penempatan pegawai di posisi yang tepat


Pendidikan

Tingkat kecerdasan pegawai bisa dilihat dari tingkat pendidikannya. Semakin tinggi pendidikan maka semakin besar peluang untuk memperoleh tujuan pada jenjang yang lebih baik. Oleh alasannya yaitu itu, pendidikan berkaitan dengan produktivitas kerja staf dan pegawai


Kesehatan Jasmani Dan Rohani

Pimpinan perusahaan harus menjamin kesehatan pegawai dengan cara mengatur jam kerja, menghilangkan lembur sehingga sanggup tercipta acara kerja para pegawai. Pegawai yang sehat makan akan menciptakan produktivitas kerjanya meningkat.


Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja yang baik akan menghipnotis sangat besar dalam peningkatan produktivitas. Dan juga, lingkungan kerja yang higienis sanggup kuat pegawai untuk lebih semangat bekerja.


Faktor Manajerial

Tipe kepemimpinan yang efektif, memotivasi dan mengarahkan dan mengerakan bawahannya harus dijalankan supaya para pegawai bekerja dengan lebih semangat dan memiliki gairah dalam melakukan tugas.


 Pada pembahasan kali ini kalian akan mempelajari ihwal produktivitas kerja √ Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran, Faktor Yang Mempengaruhi


Motivasi

Memberikan motivasi yang asalnya dari pimpinan yang baik akan membimbing dan melatih karyawannya. Memberikan motivasi pada karyawan bukanlah perkara yang mudah, alasannya yaitu masing-masing karyawan atau pegawai memiliki latar belakang, pengalaman, impian dan keinginan yang tidak sama.


Peralatan Yang Dipakai

Peralatan yang digunakan memiliki imbas yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan produktivitas kerja. Pemakaian sumber-sumber ekonomi yang digerakkan secara efektif dan memerlukan keterangan organisator dan teknik sehingga memiliki tingkat hasil guna yang tinggi.


Demikianlah telah dijelaskan ihwal Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran, Faktor Yang Mempengaruhi, supaya sanggup menambah wawasan dan pengalaman kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artike lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id